Langsung ke konten utama

Suka duka gue dibalik perjuangan PIMNAS 30

Pada suatu hari, gue lagi nginep di kos temen gue soalnya waktu itu masih waktu libur semester tapi gue harus cepet balik ke Jogja karena ada rapat kepanitiaan ospek. Gue nginep di kos temen gue karena kontrakan gue belum ada orang, dan di kos temen gue juga baru dia doang. Waktu itu pagi-pagi gue cek HP dan… gue shock pas liat pengumuman kalo tim gue berhasil masuk PIMNAS 30 di Makassar. Pertama kali yang gue pikirin adalah “yeay, naik pesawat” haha bopung banget yak.
                Awal gue ikut PKM itu karena diajak temen gue, Akmal. Satu tim kami empat orang. Dua cewek dan dua cowok. Isinya Akmal, Fika, dan Ka Lathif. Akmal ini temen SMA gue. Fika temen ospeknya Akmal dan Ka Lathif temen asramanya Akmal. Jadi, gue Fika dan Ka Lathif ini sebelumnya ga pernah kenal. Kami dipertemukan oleh Allah melalui Akmal ini. Waktu itu kami pilih PKM bidang Penelitian sosial humaniora. Temanya tentang identitas diri dan makna hidup suatu komunitas di Purwokerto, namanya RKWK (Rumah Kreatif Wadas Kelir). Awalnya gue ga paham banget waktu bikin proposal ini sebenernya tim gue nih mau ngapain, gimana, dan lain-lain. Yang punya ide ini Ka Lathif. Jadi gue Cuma bisa ngikut aja, apa yang bisa gue kerjain ya gue kerjain, kebanyakan sih dibagian teori karena tema PKM kami tentang psikologi, dan yang dari psikologi Cuma gue sama Akmal. Pas proposal udah beres, kami kumpulkan. Kami ikutin prosedur yang ada.


lagi dibasecamp siap-siap menuju tempat presentasi
                Selain tim Akmal, gue juga diajak ikut PKM bidang Pengabdian. Rencananya PKM ini bakalan fokus ke anak-anak pondok pesantren di Jogja. Gue pun ngikut semampu gue. Waktu pengumuman proposal yang lolos didanai pun tiba. Tim gue yang bareng Akmal Alhamdulillah lolos didanai. Sedangkan tim satunya (PKM Pengabdian) gue ga lolos. Jadi gue fokus ke PKM yang didanai.
                Kami mendapatkan dana 10juta, dana maksimal. Kami buat rencana penelitian, menghubungi pihak-pihak terkait, dosen pembimbing, dan lain-lain. Setelah mendapat izin, konsultasi dengan dosen pembimbing, dan sudah memiliki waktu penelitian, kami pun berangkat ke lokasi penelitian, yup, Purwokerto. Ini kali pertama gue mengunjungi kota ini. Kami ke sana naik bus. Gue sempet muntah sekali apa dua kali gitu soalnya gue emang mabok perjalanan parah banget. Ga kuat naik bus lama-lama. Sampe purwokerto pas tengah malem. Kami dijemput para relawan RKWK. Relawan RKWK ini para mahasiswa S1 & S2 yang kuliah di kampus-kampus Purwokerto.
monev berapa ya? gue lupa
                Satu pelajaran berharga yang paling terasa saat gue main di RKWK adalah tulus dalam berbuat kebaikan. Sedari kami datang, menginap, dan berdinamika bersama orang-orang di RKWK, mereka selalu tulus dalam berbuat baik, seperti mengajarkan anak-anak untuk bermimpi tanpa mengharapkan imbalan sepeser pun. Hal ini nampaknya sudah tertanam pada seluruh relawan RKWK sehingga ketulusan mereka sangat terasa. Pak guru sangat menanamkan hal ini pada para relawan. Beliau tidak menginginkan imbalan apapun atas jasa yang dilakukannya. Yang beliau inginkan adalah menyiapkan generasi penerus bangsa yang jauh lebih baik. Beliau ingin menolong anak-anak sekitar tempat tinggalnya agar berani bermimpi, punya cita-cita besar, sehingga tidak mudah untuk putus sekolah. Terima kasih banyak, RKWK. Kami belajar banyak hal darimu. Tetaplah Berjaya. Blog tentang RKWK insyaallah gue tulis lagi secara detailnya di blog selanjutnya.
                Setelah selesai selama tiga hari kami melakukan penelitian, kami pun kembali ke Jogja. Berat rasanya meninggalkan orang-orang baik di RKWK :’). Setelah itu, kami membuat hasil penelitian, membuat video documenter RKWK, dan menulis buku dari perjalanan kami selama di RKWK. Nanti kalo udah jadi bukunya insyaallah gue publish di sini gengs, biar kalian bisa pada beli hehehe.
         Tiba saatnya pengumuman peserta lolos PIMNAS. Gue ga nyangka banget kalo tim gue masuk PIMNAS. Sampe pada suatu waktu Ka Lathif bilang “mungkin kita bukan yang terbaik, tapi kitalah yang dipantaskan oleh Allah untuk mendapatkan ini”. Terharu banget gue :’) oemji. Emang bener sih, gue ngerasa gue belum maksimal mengerjakan ini, jadi gue ngerasa belum layak untuk disebut sebagai yang terbaik, tapi Allah Maha Baik sampe kita yang belum terbaik ini dipantaskan oleh Allah untuk mendapatkan kesempatan ini. Awalnya gue ngerjain PKM ini sebatas buat ngelunasin tanggung jawab gue di sini. Ketika gue dapet tugas ya gue kerjain sesempet gue, bahkan sampe gue sering diomelin Akmal gegara gue sering molor ngerjainnya. Saat itu gue mikirnya “yang penting selesai, gek ndang MONEV (monitoring dan evauasi), biar abis itu gue lega” tanpa ada rasa khawatir liat hasilnya. MONEV dilakukan beberapa kali gengs sebelum pada akhirnya MONEV Eksternal yang menentukan kami masuk PIMNAS apa ngga.
         Waktu MONEV, gue sering banget ga pas momennya. Pas MONEV pertama kami dibantai sama dosen yang menilai kami. Rasanya gue pengen marah-marah saat itu juga. Tapi gue sadar, kami digituin biar kami bangkit dan memperbaiki PKM kami, karena PKM ini ga main-main, jadi butuh usaha lebih keras.
Pernah waktu itu baru pulang acara dua hari semalem, yang diacara itu pun gue ga maksimal jalaninnya padahal jadi divisi acara tapi gue diribetin sama salah satu tugas PKM, yup, input logbook online dari logbook yang tulisannya bejibun itu baru gue ketik malam sebelum MONEV. Pas nunggu giliran maju MONEV saking capeknya gue pun tidur di kelas. Di saat Akmal, Fika dan Ka Lathif konsultasi sama dosen pembimbing gue malah tidur, abis ngantuk banget.
MONEV selanjutnya, gue lagi ada acara di luar kampus selama tiga hari. Acara ini nge-camp bareng anak SD yang mana gue jadi pemandunya. Saat itu gue agak ga tega ninggalin adek-adek pandu gue tapi ya udah konsekuensi gue pun berangkat ke kampus yang lokasinya cukup jauh dari lokasi acara gue sekitar belasan kilometer. Gue pake motor temen gue sendirian padahal spasial gue jelek banget, tapi nekat aja. Pas udah ke kampus, ikut MONEV, terus gue balik ke kontrakan gue, naruh laptop, dan mandi sebelum gue balik lagi ke lokasi acara tadi. Pas udah pulang acara ini, gue ke kontrakan, dan gue dapet hal yang ga diduga. Temen-temen kontrakan gue udah pada pulang kampong, saat itu lagi bulan puasa, libur semester genap. Gue bego banget, ninggalin kunci di dalem kontrakan, padahal itu udah jam 9 malem, temen-temen sekitar tempat tinggal gue udah pada pulang kampong, gue ga bisa masuk kontrakan, Alhamdulillah pertolongan Allah itu dekat. Ada satu temen gue, Annisa NPS yang rela jauh-jauh dari asramanya yang berjarak sektar 4km dari kontrakan gue bela-belain jemput gue yang udah ngantuk berat terlantar di depan kontakan. Malem itu gue nginep di asrama dia karena banyak katingnya yang lagi KKN jadi asramanya agak kosong. Paginya gue balik dianterin dia sambil ngajak tukang kunci ke kontrakan gue. Dan.. konyolnya, pas nyampe kontrakan, gue buka kunci gue, dan, tada.. kebuka. Ada salah satu temen kontrakan gue yang dari Sleman itu tetiba mampir ke kontrakan tanpa bilang di grup kontrakan. Gue ga enak banget sama bapak tukang kunci itu, ga jadi :’( hiks. Maap ya pak. Gue langsung masuk ke kamar gue yang ada di lantai 2. Gue lagi nyari dompet gue  yang isinya kas kontrakan. Pas gue buka, kok ga ada uangnya ya? Cuma sisa recehan doang, gue pun inget satu hal “laptop!” gua cek tas gua yang kemaren gua pake di MONEV dan…… tada!!! Hilang bro, Cuma sisa chargernya doang. Astaghfirullah, kok bisa ya. Berarti pas malem itu gue nginep di asrama temen gue ada maling masuk ke kontrakan gue. Dan kebetulan banget barang-barang yang masih di kontrakan itu tinggal barang-barang gue, barang temen gue udah pada dipindah di kontrakan baru karena saat itu kami emang mau pindah kontrakan. Ya Allah, kok bisa ya? Kebetulan banget gitu, gue lagi lengah ga ngunci kamar gue yang biasanya gue kunci. Kalo udah takdir mah ya.. ya udah mau gimana? Gue ga terlalu diambil pusing sih saat itu gue udah ikhlas gitu aja kalo laptop gue ilang, soalnya laptop gue juga udah hampir 5 tahun, udah ada beberapa cacatnya. Tapi ada yang gue sayangin di laptop gue, yup, foto-foto dokumentasi gue dari SMP sampe kuliah, gue sayang banget sama foto-foto itu :’(. Yaudah lah ya, mungkin saat itu malingnya lagi butuh banget jadi terpaksa harus nyuri laptop gue dan uang kas kontrakan gue, semoga malingnya abis itu dapet hidayah jadi langsung tobat dang a nyuri lagi. Of course gue ganti uang kas kontrakan gue yang ilang saat itu, Alhamdulillah ga banyak, ga nyampe cepe kok. Ortu gue juga ikhlas aja pas tau laptop gue ilang. Tapi ya gue harus bersabar karena keluarga gue bukan orang yang berada jadi gue harus nabung sendiri kalo mau beli laptop baru.
Tiba saatnya MONEV Eksternal, MONEV yang menentukan apakah tim kami lolos apa ngga. Saat itu waktunya pas sama waktu KKN angkatan Ka Lathif, jadi Ka Lathif yang lagi KKN di Boyolali bela-belain hadir waktu MONEV ini. MONEVnya diadain di UGM. Berbagai kampus lain yang di Jogja hadir di UGM buat MONEV ini.
acara pelepasan kontingen PIMNAS UGM
Beberapa hari sebelum berangkat PIMNAS, kontingen UGM dibekali training selama 3 hari di Cangkringan resort. Gue tulis di blog selanjutnya kisah selama training ini.
Tim UGM, UB, dan IPB merupakan tim terbanyak yang lolos PIMNAS. Gue bersyukur banget PIMNAS kali ini diadain di Makassar. Impian gue buat keluar pulau Jawa pun terwujud. Dan gue bisa ngerasain naik pesawat, gratis pula, Alhamdulillah.
pesawat garuda tipe bombardier
first flight
Tim UGM berangkat dibagi jadi 2 kloter. Gue masuk kloter 2 pas tanggal 23 Agustus. Pagi-pagi jam 5.45 gue sama temen kontrakan gue berangkat ke bandara pake taksi online. Sampe bandara kami dikasih boarding pass dan dikasih sarapan gudeg. Waktu itu gue udah check in, tapi kami ga tau kalo urusan bagasi ga kami datengin haha jadi kami check in ulang. Sebelum naik pesawat, gue sama temen-temen dan dosen foto dulu, ihiy, rada bopung emang. Pas berangkat, pesawat yang kami tumpangi itu garuda tipe bombardier, jadi agak kecil, sisi kiri 2 orang dan sisi kanan juga 2 orang. Gue waktu itu duduk dibaris kedua bareng Eva. Gue seneng banget bisa duduk samping jendela, soalnya ini fisrt flight dan gue bisa liat pemandangan dari atas awan. Ternyata di pesawat dikasih makan, ada 2 menu, ikan atau ayam, waktu itu gue pilih ayam. Gils padahal pagi tadi baru makan gudeg, di pesawat dikasih makan lagi, makmur tenan. Sampe bandara sultan hasanuddin, maros, kami udah dijemput LO dari UMI (Universitas Muslim Indonesia). Kami naik bus ke UMI. Di sana kami langsung ke markas UGM, di ruang auditorim FTI lantai 2. Kursi di ruangan ini sama kaya kursi di bioskop, kaya kursi di ruan mini teater SMA gue. Tapi ga cukup buat semua peserta dan dosen, jadi ada beberapa yang ga kedapetan tempat duduk. Kami dikasih beberapa pengarahan dan motivasi. Siangnya sebagian dari kami ada yang menyiapkan pemasangan poster dan ada yang ikut Technical Meeting. Gue ikut TM. Di TM ini gue ngerasa manajemen waktunya kurang pas. Soalnya jam mulai TM pun ngaret dari jadwal, selain itu dibagian awal waktunya malah banyak diabisin buat promosi UMI, ya emang ga salah sih kalo mau promosi kampus tapi dikira-kira dulu waktunya. Jadi waktu buat Tanya jawabnya kan sedikit padahal banyak banget hal yang masih belum jelas dari pemaparan yang ada jadi ya.. begitulah, Cuma bisa sabar. Pas malemnya ada opening di sana. Tapi tim gue ga ikutan. Kami langsung stay di hotel amaris, gue udah cape banget pengen cepet-cepet tidur. Fika pengen latian presentasi.
Akmal jaga poster
wajah tegang sebelum presentasi
Besoknya kami siap-siap berangkat ke UMI. Kontingen UGM pake seragam putih-hitam dengan warna kerudung yang disesuaikan dengan kesepakatan kelompok masing-masing dan jas almamater dilengkapi sepatu pantofel. Oh ya kami juga dikasih dasi merah bermotif lambang UGM kecil-kecil dan banyak, jadi kaya motif bunga-bunga gitu, wkwk. Gue sama Fika sepakat pake kerudung merah marun. Ka lathif yang awalnya berambut panjang sepunggung, punya nazar “kalo tim kami masuk PIMNAS, bakal potong rambut” eh dia beneran potong rambut, jadinya kaya anak SMP didukung badan Ka Lathif yang mungil itu, wkwk.
Sebelum ke ruang presentasi masing-masing, kami kumpul di basecamp dulu. Yang cewek-cewek di make-up sama ibu-ibu dosen, yang cowok dirapihin dasi dan rambutnya sama bapak-bapak dosen. Gue di make up -_- heu. Pagi-pagi itu waktunya presentasi poster. Tim kami yang presentasi poster si Akmal. Abis dzuhur kami menuju ke tempat presentasi masing-masing. Sebelum itu, kami kumpul di basecamp dulu buat dikasih motiavasi, yel-yel bareng, dan doa bersama setelah itu kami menyalimi satu-persatu bapak/ibu dosen pendamping sambil dikasih semangat. Sistem maju presentasi diacak, pake kocokan, jadi kami ga tau kapan giliran kami tampil, semuanya harus stay di ruangan. Waktu presentasi dibagi jadi 2 hari. Kami maju di hari pertama. Waktu itu dosen yang damping kami Cuma Pak Dian. Bu Lulu selaku dosen pembimbing saat itu lagi ga bisa nemenin kami karena harus nemenin anaknya di hotel. Kami maju, presentasi selama hampir 10 menit kemudian juri bertanya banyak hal. Dari yang gue perhatiin juri ga banyak menyangkal presentasi kami, justru malah memberi saran agar penelitian kami ini diberikan pada pihak yang berkaitan dengan hal semacam ini agar menjadi masukan. Gue ngerasa seneng banget karena lancar meskipun mic yang dipake Fika waktu presentasi ngadat, jadi Fika ga pake mic deh sampe akhir. Ya meskipun waktu jawab pertanyaan dosen kami sering barengan jawabnya, karena ga diatur siapa dulu yang jawab, tapi gue tetep seneng. Sampe pas keluar ruangan untuk sholat ashar di masjid kami papas an sama dosen-dosen pun kami jawab dengan penuh senyuman, “Alhamdulillah lancar Bu, Pak”. Akhirnya kami lega, setelah sekian lama berjuang untuk ini, it’s time for tawakkal. Malemnya kami bersantai di hotel dengan makanan-makanan yang kami pesan lewat go food. Fika yang pesan go food sempet kesulitan ngobrol sama abang go food yang pake logat Makassar wkwkwk. Tapi Alhamdulillah bisa dianter. Ceritanya lagi nge-hedon nih, wkwk. Soalnya uang dana penelitian PKM kami sisa banyak. Selain itu, UGM ngasih uang saku yang lumayan banyak dan Fakultas gue yang super duper baik itu juga ngasih uang saku yang masyaallah banyak banget :’) waktu itu makmur banget emang.
alhamdulillah kelarrrrr
masjid apung
Besoknya kami tetap stay di ruang presentasi untuk melihat perform dari peserta lain. PKM PSH dari UGM ada 2 tim dan kami ada di 2 ruangan yang berbeda. Tim satunya tampil di hari kedua. Setelah semua peserta selesai presentasi, kontingen UGM yel-yel bareng-bareng sambil meluapkan energi yang masih tersisa hari itu, wkwkwk, tapi emang jadinya merinding gitu dengerin sekontingen yel-yel bareng dari hati terdalam dengan penuh semangat meskipun energinya sisaan. Bahkan ada satu dosen yang terobsesi bikin formasi huruf U, G, dan M, meskipun jadinya pas-pasan tapi ya begitulah, haha. Malamnya kami tim kontingen UGM diajak ke UNM (Universitas Negeri Makassar) untuk berkumpul bersama KAGAMA Sulsel. Rector UNM alumni UGM, dekan Fakultas Hukum Unhas juga alumni UGM yang sekarang jadi ketua KAGAMA Sulsel, dekan Fakultas Psikologi UNM juga alumni UGM yang pada saat itu memberikan MoU ke salah satu Wakil Dekan Fakultas Psikologi UGM. Di sana kami makan palubasa salah satu makanan khas setempat. Terus ada bincang-bincang juga, pemberian motivasi, karaoke dan nyanyi bersama, dan diakhiri doa bersama. Keesokan harinya kami diajak jalan-jalan bersama dengan kontingen dari kampus lain, naik bus dikawal polisi, kerennya. Kami jalan ke Bantimurung, Benteng Rotterdam, dan Masjid Apung. Alhamdulillah ya, meskipun ga ke pantai losari tapi udah seneng kok.
Bantimurung
Bantimurung
pas maju medali perak poster
foto tim PSH bareng LO
Malem 26 Agustus 2017 adalah waktu pengumuman dan penutupan. Kontingen UGM yang buanyak ini pake kostum yang penuh dengan warna merah, ada jaket merah, kaos merah, dan topi merah. Kontingen lain pun memiliki kostum masing-masing dengan bendera kampus yang dikibarkan. Masing-masing kontingen punya yel-yel dan dilantunkan dengan penuh semangat sedari awal pengumuman. Tim UGM banyak mendapatkan juara favorit. Sebenarnya target kontingen UGM itu “emas..emas..emas” tapi mungkin Allah sudah menyiapkan scenario terbaikNya. Waktu pengumuman PKM PSH, gue sempet deg-degan. Alhamdulillah poster tim kami jadi juara 2. Seneng banget, masyaallah. Presentasi kami dapet juara favorit. Alhamdulillah 2 juara kami dapatkan dari jerih payah kami selama ini. Meskipun Fika sempet sedih karena ngerasa kurang puas dengan apa yang didapatkan. Menurut gue Fika udah bagus banget saat presentasi, keren banget. Harusnya gue yang ngerasa bersalah karena juara presentasi ini banyak dipengaruhi sama Laporan Akhir dan Artikel Ilmiah yang mana kedua hal ini banyak pengaruhnya dari gue. Tapi ga apalah ini udah keren banget. Gue nyadar diri juga sih, kalo perjuangan gue selama ini masih sangat minim, jadi belum pantes kalo dihadiahkan emas, yang ada malah takabbur ntar, wallahua’lam. Acara penutupan ini selesai sekitar jam 1 malem, sampe suara pada abis itu gegara teriak-teriak yel-yel tapi belum pada ngantuk saking semangatnya.
Kontingen UGM di PIMNASI 30 ini dapet juara kedua (lagi). Alhamdulillah, masih bisa mempertahankan posisi sebelumnya. Meskipun para dosen pasti pengennya UGM jadi yang pertama. It’s not bad, guys, apapun yang terjadi tetap harus disyukuri, at least peraiahan juara UGM bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya.
tim gue
Keesokan harinya kloter 1 udah balik ke Jogja dari pagi buta. Karena gue kloter 2, gue jadi bisa keliling kota Makassar dulu buat beli oleh-oleh. Saat itu gue banyak beli baklave Makassar, oleh-oleh punya artis yang lagi kekinian. Akmal dan Ka Lathif jadi nitip ke gue gegara mereka udah pada balik duluan. Kasian ya yang kloter 1, mereka Cuma bisa tidur beberapa jam dari selesai closing sampe sebelum jam 4 harus udah ke bandara buat pulang. Kloter 2 balik ke Jogja sorenya. Oh ya, biar lebih kegambar suasana PIMNAS kaya gimana, bisa liat di youtube loh ini salah satu linknya https://www.youtube.com/watch?v=OxCq2XYnfZs

bandara Sultan Hasanuddin sebelum balik ke Jogja

Gue senenggggg banget bisa jadi salah satu diantara mereka yang berjuang di PIMNAS 30 ini. Pengalaman ini bener-bener ga ternilai harganya, dan ga bakal gue dapetin di tempat manapun. Meskipun gue taun selanjutnya daftar PKM lagi tapi belum tentu masuk PIMNAS dan belum tentu bisa dapet pengalaman yang persis kaya gini. Sayangnya gue taun ini ga ikut PKM lagi, hehe, soalnya ga punya ide dan ga ada yang ngajak juga. Tentunya ada suka duka dibalik manisnya foto-foto PIMNAS ini. Ada air mata yang menetes karena haru, sedih, ada jam tidur yang terkurang karena mengerjakan tugas-tugas PIMNAS ini, ada pihak lain yang harus diturunkan prioritasnya demi PIMNAS ini, ada yang baru bisa dateng di tempat PIMNAS nyusul setelah wisuda, ada yang merasa bersalah karena ga dapet juara, dan lain sebagainya. Hal ini bisa dijadikan sebagai pelajaran berharga untuk perjuangan kita ke depan, gengs. Semua keberhasilan harus dibayar dengan jerih payah yang ga gampang. Dan tentunya harus diiringi dengan doa dan restu dari orang-orang terdekat kita, terutama orang tua.

kontingen UGM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu