Langsung ke konten utama

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo?

pake baju mirip warnanya tanpa janjian

Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gua cewek. Tapi kok orang ini baru sadar sekarang ya? Jadi selama ini gua PMan sama dia, gua disangka cowok dong. Padahal gua udah pake foto profil diri gua loh, tapi dia nyangka foto gua yang dijadiin foto profil itu foto pacar gue. Alamak, gua sampe sebegitunya kah?

Ok, setelah itu dia menerima kalo gua cewek, haha. Gua baru sadar kalo dia angkatan atas gua (SMAnya) gegara gua satu gugus sama anak SMA yang sama kaya dia. Jadi, gua panggil Ahda ini “kaka” (kk), biar dituakan, wkwk. Tapi pada kenyataannya gua jarang panggil nama dia. Kian hari gua sama kk Ahda ini kian akrab. Dimulai sejak gua pertama kali masuk KMP. Gua ga tau sih persisnya moment awal yang bikin kami deket tuh apa. Tapi gua sering banget ngerasa klop sama dia. Sering sepemikiran. Gua seneng deket sama dia gegara gua sering dikasih tau banyak hal, ya kan yang lebih tua biasanya lebih banyak taunya kan? Wkwk. Apalagi dia anak Jogja yak an, jadi sangat bermanfaat buat menambah wawasan gue selama adaptasi di kota yang baru gue tinggali.

pas kuliah duduk sering sebelahan

Dibalik ke-klop-an kami, ga jarang ditemukan perbedaan-perbedaan juga. Salah satunya dari kepribadian kami yang sangat bertolak belakang (menurut gue). Bisa dilihat, kk Ahda yang orangnya sangat feminim, rapi, girly, shalihah “ukhti”, pinter, perfeksionis, berambisi untuk mencapai prestasi terbaik, penolong, ramah, jujur, dewasa, kadang cengeng (upsss), dan banyak hal positif lainnya. Sementara kalian bisa liat gue yang yaaaah.. begitulah, style ala kadarnya, ga terlalu suka hal yang feminim (meskipun gua pake rok), malesan, deadliner, cuek, jutek, urakan, gegabah, ga rapi-rapi amat, jarang nolongin orang, dan banyak deh hal yang jelek-jelek di gua. Gua sama dia berasa bumi & langit kayanya, wkwk, but it’s true, guys.

Karena dia lebih dewasa ketimbang gua, jadi gua sering dikasih tau banyak hal, sering dikasih masukan juga, dan lain-lain jadi gua ngerasa terbantu kalo ngobrol sama dia. Dia juga sering banget nolongin gua, apapun itu, mulai dari nganterin ke berbagai tempat, minjemin barang, minjemin duit :’), bantuin ini, itu, banyak deh pokoknya. Gue malah banyak ngerepotin dia bahkan sampe ngasih pengaruh yang ga baek ke dia. Parah banget ga sih? Wkwk. Dia yang awalnya anak rajin, pinter, punya obsesi yang gede buat berprestasi, malah jadi turun semangatnya gegara gue? Malah ikut-ikutan jadi deadliner gegara kebanyakan maen sama gua? Haish, ini sih simbiosisnya… (apa hayooo?) untung di gue hahaha.

Kepanitiaan MuBe

Kalo di kampus, gua sering bareng sama dia, kemana-mana. Kami juga sering sekelas. Kalo duduk, sering saling nge-tag tempat pas dateng duluan biar dapet duduk sebelahan. Sering makan bareng, bahkan dia tau banget kebiasaan gua kalo makan gua lebih suka jajan daripada beli makan berat jadinya gua sering diomelin karena jatohnya jadi lebih boros. Pas gua bawa bekal masak sendiri, dikatain tumben, tapi gua tetep jajan sih, wkwk.

Banyak banget hal yang gua pelajari dari dia mulai dari pengelolaan emosi, kerapihan, pengambilan keputusan, belajar lebih rajin buat ulangan, belajar buat lebih banyak nolong orang, dan masih banyak lagi. Kk Ahda nih bisa jadi support system tersendiri buat gua.

Alun-alun Batu

Pernah pada suatu matkul, nilai UTS bagian pilihan ganda yg tertinggi di kelas itu kami berdua, dengan perolehan nilai yang sama, woah daebak! Tapi kami ga contekan loh ya, duduknya aja jauhan kok karena absen kami jauhan. Gua ngerasa lebih semangat belajar deh. Tapi gua pernah bikin dia jadi deadliner akut gegara kami berdua pernah satu kelompok dalam suatu mata kuliah, kami ngerjainnya bener-bener mepet banget pas mau maju. Haha. Parah banget emang. Gua sih udah biasa deadliner kaya gitu, jadi ngerasa tenang aja meskipun sampe deadline masih belom kelar, lah dia, udah panik setengah mati, wkwk. Secara, dia yang biasanya serba well prepared alias siap sedari jauh-jauh hari entah itu nugas, belajar buat ulangan, dan macem-macem, gua ajak jadi deadliner, ya berabe.

Ada sebuah cerita lucu nih mengenai kk Ahda ini. Di suatu mata kuliah, kami satu kelompok bareng temen lainnya, saat itu kami maju presentasi. Bu dosen ini tiba-tiba batuk dan kk Ahda inisiatif buat ambil minum di meja dosen terus langsung nyerahin ke beliau. Gegara kk Ahda ini udah baik, bu dosen ini bilang “tak pek mantu, ya” (baca: saya tag jadi menantu saya ya) satu kelas langsung rame, gils, saking baiknya dia nih, wkwkwk. Udah di tag jadi mantu orang aja ya, dosen pula yang nge-tag. Tapi beberapa pekan abis kuliah hari itu, bu dosen ini dipanggil oleh Allah :’) mohon doa untuk almarhumah ya, gengs agar ditempatkan disisi terbaikNya.

KMP goes to Surabaya & Malang
Disemester agak-agak akhir, kami bahkan pernah mulai bisnis kecil-kecilan yaitu jualan handsock atau manset tangan wanita (yang biasa dipake ukhti-ukhti). Manset bolak-balik dua warna. Gue bagian desain dan publikasi. Dia bagian stock atau "kulakan" di online shop sesuai pre-order. Tapi bisnis ini ga berjalan lama. Modal ilmu bisnis kami emang minim banget, desain juga biasa aja (gue baru bisa ngedit pake Canva doang ya ampun wkwk) dan produk yang kami dapat dari online shopnya juga kadang ga sesuai pesanan. Alhamdulillah lah ya kami jadi bisa belajar ilmu baru dari praktek dagang sederhana ini.

Kami sering sepemikiran dalam memandang suatu hal. Sampe-sampe tanpa kami omongin secara eksplisit pun kami udah paham apa yang dipikikan antara kami berdua itu mesti sama. Biasa lah yaa kalo pertemanan udah deket dan cukup lama bisa kaya gitu, berasa kemistrinya udeh otomatis nyambung aja haha. Tapi pepatah bilang bahwa di mana ada pertemuan, disitu ada perpisahan. Sejak covid-19 melanda negeri ini, gue udah pulang kampun dan ga main-main lagi ke Jogja sampe 7 bulan sedangkan dia stay di Jogja terus sama keluarganya. Sejauh ini komunikasi kami hanya via chat WhatsApp. Sebagaimana pertemanan-pertemanan lainnya yang udah lama deket, meskipun jarak memisahkan, kesibukan udah beda, dan komunikasi berkurang, tapi kerasa masih deket aja masih kaya biasanya, kaya baru ketemu kemaren sore. Semoga selamanya bakal tetep merasa dekat, aamiin. Tulisan ini gue post bertepatan dengan hari sidangnya dia (yang meskipun dia ga mau bilang ke gue tepatnya jam berapa, haha). Baarakallahu fi ‘ilmik, cuy! Terima kasih sudah menjadi teman terbaik sedari awal-awal gue adaptasi di Jogja. Terima kasih untuk segala hal yang udah lu beri bahkan hingga disaat-saat tersulit gue pun lu masih setia membantu dan menemani. Ayo makan-makan lagi kapan di mana sambil jalan-jalan dan nongki-nongki cantik nih hihi.

sayonara dia berangkat KKN ke Lombok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus