Langsung ke konten utama

Coba ikut lomba debat || Debat PAI di UNJ

Pada suatu hari, gue diajak salah satu temen gue waktu di GMMQ, Imad namanya. Dia ngajak gue buat ikut lomba debat islami di UNJ. Gue pun ga langsung nolak, melainkan pikir-pikir dulu soalnya gue sempet punya obsesi buat ikut lomba debat. Lama-lama gue terima juga tawaran Imad. Karena satu tim bertiga, kami pun nyari satu anggota lagi. Rencananya kami ajak anak GMMQ juga. Kami udah coba ajak Farhan si hafiz 30 juz ini, tapi dia sibuk banget jadi ga bisa ikutan. Imad juga coba ajak Rofi’i, dia ragu tapi sempet mengiyakan. Gue pun ajak Dhiya dan langsung mengiyakan, kok malah jadi berempat gini ya? So, gue bilang ke Rofi’i kalo dia masih ragu mending ga usah, soalnya udah ada Dhiya juga. Gue ajak Dhiya mengingat kemampuan Dhiya dalam berorasi yang sudah tidak bisa diragukan lagi, haha. Jadi lah kami trio koplak.

best team trio koplak
        Kami pun mendaftarkan diri dengan nama tim “GMMQ”. Di lomba ini, maksimal peserta debat 16 tim. Kami pun coba nyusun jadwal latian tapi berhubung isinya orang-orang sibuk semua cuma bisa pas malem abis magrib tapi itupun ga lama karena Imad ada kegiatan asrama. Jadi seringnya yang latian gue sama Dhiya doang. Bahkan gegara Dhiya yang sering kelelahan tiap kali kami latian, Dhiya sering tidur, gue ditinggal sendiri deh L jaga barang. Heu. Pernah suatu malem kami latian di kampus sampe jam 11 malem gegara nemenin Arum, adek tingkat gue, yang saat itu lagi nunggu jemputan ayahnya. Padahal pak satpam udah nyuruh kami pulang, eh si Dhiya malah kesenengan streaming nonton drakor gegara wifinya super kenceng, iyalah se gedung itu isinya cuma bertiga. Pokoknya kami ga produktif banget deh latiannya. Bahkan kami belum pernah praktek debat sama sekali dengan kondisi gue dan Dhiya yang belum pernah ikut lomba debat dan Imad yang baru sekali ikut lomba debat. Gue baru minta tips-tips debat aja ke temen-temen gue yang biasa ikut lomba debat.
        Gue bagian nyiapin tiket. Suatu malem gue ke indomaret buat pesen tiket kereta pulang-pergi ke lokasi lomba di Jakarta. Pas mau pesen tiket itu, komputer di Indomaret tiba-tiba bermasalah, padahal itu udah malem banget, jam 10an apa ya, dan gue sendirian. Selain itu, Imad yang lagi sibuk agenda dan Dhiya yang ga punya HP gegara ilang jadi gue ga bisa hubungin siapapun. Gue tunggu komputernya sampe nyala lagi biar bisa pesen tiket. Selama gue nunggu di depan indomaret itu, ada seorang bapak yang nawarin dagangannya ke gue tapi dengan cara yang agak memaksa, gue kan takut ya, soalnya gue cewek dan sendirian jadi gue ga mau begitu aja percaya sama bapak ini. Gue nolak aja si bapaknya masih kekeuh maksa nawarin dagangannya. Akhirnya setelah gue sekian kali nolak, bapaknya pergi cari mangsa lain. Gue pun langsung beres-beres tas gue dan bergegas masuk ke indomaret lagi. Finally komputernya udah nyala dan tada.. udah bisa pesen tiket deh, Alhamdulillah.
Karena lombanya hari Selasa, 14 November 2017, kami berangkat Senin malem. Senin sore kami kumpul di fakultas gue. Ada Dhiya yang pake sarung dan jaket gegara bajunya kebasahan waktu ujan, Dhiya pake sandal jepit waktu itu dan udah bawa tas berisi baju dan laptop buat lomba nanti. Keadaan Dhiya mengenaskan banget dah soalnya kemaren baru ikut porseni cabang silat, Dhiya dapet perak. Ada Imad juga dateng tapi cuma bentar doang gegara ada agenda lain. Karena liat kondisi Dhiya yang kedinginan di selasar, gue pun ngajak Dhiya ke sekre. Gue tinggalin Dhiya di kampus soalnya gue belum packing, rencananya abis packing gue ke kampus lagi biar bareng sama Dhiya ke stasiunnya. Tapi ternyata gue packingnya lama soalnya harus nyiapin banyak hal mulai dari ngeprint mosi, fotocopy, beli makan, mandi, dll sampe udah mepet jam berangkat gue belum ke kampus, jadi kami berangkat ke kampus sendiri-sendiri.
Gue ke stasiun bareng Uun, temen kontrakan gue. Kami berkumpul di stasiun Tugu/Yogyakarta. Pas hampir nyampe stasiun, gue yang saat itu nyetir motor pun jatuh gegara ban depannya masuk ke area lubang samping rel kereta. Jadi gue dan uun jatoh deh. Di belakang kami ada mobil, pengendaranya langsung berhenti dan langsung nolongin kami berdiri. Gue ga sempet nanyain siapa namanya dan gimana-gimana, soalnya gue udah panik duluan khawatir ketinggalan kereta, gue Cuma sempet ngucapin “makasih mas” gitu doang ke orang yang nolongin kami.
Pas udah sampe stasiun, di sana udah ada Imad. Kami dibagian pintu masuk yang sebelah utara, yang Cuma bisa buat ngedrop penumpang doang. Si Dhiya yang waktu itu dianterin Said malah nunggu di pintu selatan, halah, ada ada aja tingkah bocah satu ini. Gue bingung dan panic sampe maksa si Said buat cari Dhiya dan suruh Dhiya masuk lewat pintu utara. Tapi rasanya ga mungkin banget soalnya udah mepet jam berangkat. Akhirnya gue memutuskan untuk masuk sama Imad. Gue minta Imad stay jaga barang sementara gue lari nyari Dhiya di pintu selatan. Di sana gue kebingungan nyari orang sendirian sambil bilang ke security “pak maap saya boleh ijin keluar dulu ga? Saya mau cari teman saya, soalnya tiket dia di saya” terus bapaknya malah balik tanya “mba siapa namanya? Temen mba siapa namanya? Yang pake sarung bukan?” dalem ati gue “loh kok bapanya bisa tau temen gue” terus gue mengiyakan dan akhirnya si bapak ini ngajak gue ke ruang pusat informasi dan gue nyari Dhiya di sana ga ada, gue akhirnya nyari ke kereta dan tada.. ada Dhiya, akhirnya lu ketemu juga Dhi. Udah panic setengah mati, ya kali masa kami berangkat berdua doang padahal satu tim bertiga. Gue pun langsung manggil Imad dan ngajak Imad untuk masuk ke kereta. Dhiya cerita kalo waktu masuk dia bilang ke security kalo tiketnya dibawa gue, KTPnya juga dipegang sama gue, mana dia ga ada HP pula pas banget ya, haha, terus security-nya langsung bawa Dhiya ke pusat informasi, ditanyain keretanya apa, nama temennya siapa, untung Dhiya waktu itu inget nama kereta kami, jadi langsung nemu deh, Dhiya disuruh nyatet kereta dan tempat duduknya. Makanya waktu itu gue nemuin Dhiya pas dia lagi jalan menuju kereta. Alhamdulillah kami bisa duduk dengan keadaan lengkap sebelum kereta berangkat. Gue baru kali itu naik kereta yang ekonomi premium, tempat duduknya lucu, wkwk mirip eksekutif gitu tapi rada sempit. Kocak banget ya kisahnya, padahal baru mau berangkat loh ini.
Di perjalanan, kami berencana latian di kereta resto. Rencancanya mau latian tengah malem, jadi si Imad mau tidur dulu. Dhiya baru makan malem pas di kereta soalnya tadi nitip makan di gue. Di kereta, si Dhiya kedinginan, gue pinjemin jaket, terus dia minta pinjem kaos kaki, kebetulan waktu itu gue bawa kaos kaki punya gue yang warna pink, dan berjempol, wkwk jadi Dhiya pake kaos kaki pink gue dah. Baru 1,5 jam perjalanan, si Imad udah ngantuk, jadi dia tidur deh, minta dibangunin jam 23.30. Karena gue ngantuk, gue ikutan tidur juga. Jam 1 gue kebangun dan langsung bangunin Imad. Tapi si Imad malah ga bangun-bangun L sekalinya bangun Cuma buat matiin alarm hpnya doang, terus lanjut tidur lagi, hih. Gitu terus sampe stasiun pasar senen jam 6. Kami ga jadi latian deh. Ngeliat kondisi Dhiya yang kedinginan juga ga tega.
opening
Sampe stasiun pasar senen, kami langsung cari toilet dan musholla. Sayangnya toilet di sana ga bisa dipake buat mandi, jadi kami ga mandi deh L cuma ganti baju aja sama cuci muka dan sikat gigi. Gue kasian banget liat Dhiya yang lemessss banget kaya ga kuat ngapa-ngapain. Pas kami udah siap, kami langsung pesen gocar. Si Dhiya karena kedinginan, dia pake jaket plus almamater. Kami udah nungguin gocar di luar stasiun, ternyata abang gocarnya ada di dalem stasiun, jalan lagi deh kite. Pas udah sampe kampus UNJ, kami langsung cari ruangan opening, abis itu kami nyimak acara opening. Pas acara opening ini, si Imad malah ngantuk, si Dhiya karena sakit juga Cuma bisa tidur doang di ruangan, kami duduk dibarisan paling belakang. Gue udah kaya emak-emak jagain dua anaknya yang pada tepar ini. Pas pembukaan ini kami harus mengumpulkan fotocopy KTP & KTM masing-masing, si Imad belum nge-fotocopy itu sama sekali jadi dia mendadak cari tempat fotocopy-an di sana dengan tenangnya, padahal gue udah panic itu. Heu dasar Imad.

ruang debat
Pas lomba, kami pindah ke gedung yang lain dari gedung pembukaan tadi. Mekanisme urutan majunya dikocok. Tiap perwakilan kelompok ambil kertas urutan maju. Kelompok kami Imad yang maju ambil kertas kocokan dan pas dibuka, eng ing eng.. kami dapat nomor 2, itu artinya kami maju urutan pertama, hiuh, bisa-bisanya ya orang yang belum punya pengalaman lomba debat macam kitorang maju diurutan pertama, ini sih beneran bunuh diri ditambah lagi dengan persiapan yang sangat minim gegara mosi bejibun yang baru dikasih H-5. Kami dapet tim kontra dengan mosi “semua agama dipelajari dalam 1 mata pelajaran di tingkat SMA”. Mosi yang dibahas juga hasil kocokan. Mosi yang kami dapat itu tentang pendidikan, yang mana ini bagian gue. Gue ga nyiapin banyak buat mosi ini, apalagi yang kontra. Kami dikasih waktu 10 menit buat case building di luar ruangan. Pas case building ini si Imad malah sibuk beresin tasnya. Dia keliatan tenang banget padahal gue panic gegara ga tau mau ngomong apa nanti. Urutan pembicaranya pun belum ditentukan. Gue dijadiin pembicara pertama, Imad kedua, dan Dhiya ketiga. Gue cuap-cuap semau gue, waktu itu gue Cuma ngomong dikit, ngasih definisi dan salah satu analogi. Abis itu disusul Imad yang berbicara dengan gayanya yang sok-sokan kece dengan kata-kata yang dia gunakan, setelah itu Dhiya sebagai pembicara ketiga dengan gayanya yang kaya orang lagi orasi sampe lupa waktu jadinya lewat beberapa detik deh, dan terakhir disimpulkan oleh Imad. Waktu itu kami lawan tim dari IPB. Mereka dua cewek dan 1 cowok, kebalikan kami. Dan mereka jago-jago ngomongnya, ga kaya kite, haha. Masih udik ini.
Dhiya tepar
Pas udah selesai tampil, Dhiya minta dianter ke klinik. Gue minta panitia buat anterin Dhiya ke klinik. Di sana Dhiya diperiksa dan dikasih obat. Karena obatnya itu mengandung obat tidur, jadi si Dhiya tidurrrr terus di ruangan debat itu. Gue kasian banget sebenernya liat dia yang super duper lemes. Untungnyat tadi pas dia maju baik-baik aja. Alhamdulillah. Dhiya minta dicariin tempat buat rebahan, tapi gue ga nemu. Jadi Dhiya cuma bisa tidur di kursi aja sambil selonjoran. Abis dzuhur ada pengumuman peserta lolos babak selanjutnya. Yup, udah bisa ditebak, kelompok kami ga bakal lolos dengan persiapan yang minim ini. Sekalipun lolos juga gue agak ga tega liat kondisi Dhiya yang lagi sakit ini. Jadi setelah mendengar pengumuman itu, kami langsung keluar ruangan buat ke kantin, mau makan siang. Gue sama Dhiya beli gado-gado, si Imad beli nasi & ayam. Kami ke ruang debat lagi buat ambil sertifikat. Abis itu kami foto-foto di area tulisan Universitas Negeri Jakarta bareng LO kami dan kami juga sempat diajak foto bareng sama peserta dari univ lain.

diajak foto sama peserta lain

Waktu ashar pun tiba. Kami ke masjid. Sebenernya sambil nyari colokan juga, tapi gue ga nemu. Abis sholat ashar, si Imad jalan ke luar sambil nyari colokan buat ngecas HP. Akhirnya dia nemu di bagian taman. Gue pun ke sana. Si Dhiya lagi tidur di masjid. Saat itu Dhiya ga ada Hp, HP gue juga lagi diservis tapi gue dipinjemin Hp temen gue yang masih bisa gue pake buat WA, jadi HP imad sering ditebengin gue sama Dhiya. Dhiya lagi sibuk sama pencalonannya jadi ketua bem  fakultasnya. FYI kami dari fakultas yang berbeda, Imad dari Filsafat, Dhiya dari Teknologi Pertanian. Temen Dhiya menghubungi Imad terus-terusan buat minta Dhiya nyelesaiin esainya yang harus dikumpulkan hari itu sebagai salah satu syarat pendaftaran ketua bem. Imad diminta bangunin Dhiya. Jarak taman tempat kami ngecas HP dan masjid cukup jauh, ya ga jauh-jauh banget sih, sekitar 5 menit jalan kaki. Imad udah coba bangunin Dhiya, tapi Dhiya masih pengen istirahat dulu, lagi ga mau diganggu. Tapi temen Dhiya terus-terusan maksa minta Dhiya cepet nyelesaiin esainya. Gue sama Imad agak ga tega liat kondisi Dhiya yang saat itu lagi lemes banget. Akhirnya Dhiya bangun dan bahas itu sama temennya. Kami di taman itu sampe magrib. Pas udah beres, kami pun pesen taksi online lagi buat balik ke stasiun. Taksi online yang kami dapet saat itu plat nomornya ganjil, padahal hari itu tanggal genap. Jadi pak supirnya agak hati-hati milih jalur biar ga ditilang. Akhirnya kami sampai stasiun dengan selamat.
muka lelah tapi tetep sumringah
Gue ajak Imad dan Dhiya ke indomaret buat beli makanan yang biasa gue makan kalo lagi di stasiun pas pulang pergi liburan waktu SMA. Yup, makanan yang tinggal diangetin 2 menit doang. Kami langsung cari tempat buat makan, gue ajak mereka ke ruangan antri loket. Di sana ada lumayan banyak kursi berjejer jadi kami bisa makan di sana. Abis makan kami sempet itung-itungan biaya yang kami keluarkan selama lomba ini. Abis itu gue nyetak tiket duluan soalnya gue balik duluan ke rumah. Kereta Imad dan Dhiya masih jam 10an. Jadi gue ninggalin mereka berdua di stasiun. Sebelum gue pulang, gue ajak mereka buat beli oleh-oleh lapis Jakarta di stasiun. Kereta yang gue naikin selama perjalanan pulang ini banyak yang kosong loh, jadi enak. Tapi gue kepikiran si duo yang gue tinggal ini gimana ya nasibnya terlantar di stasiun, udah mana si Dhiya yang ngantuk mulu gegara efek obat, si Imad yang emang ngantukan, haha, bakal ketinggalan kereta ga ya mereka. Alhamdulillah mereka bisa pulang dengan selamat.
bareng LO
Sungguh konyol banget perjalanan gue kali ini bareng mereka berdua. Mekipun singkat tapi banyak hal yang didapat. Sampe sampe si Dhiya bilang “gue baru kali ini ngelakuin perjalan sejauh dan sesingkat ini”. Wkwk iya loh kami ga sampe 24 jam ada di Jakarta. Kalo gue kan sebelumnya pernah kaya gini juga di Depok. Tapi kalian keren bro, meskipun kita ga juara di sana tapi kita tetep juara di hati kok J wkwk sekedar hiburan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu