Langsung ke konten utama

Power Rangers PSDI

Semester 1 kuliah, gue ga kepikiran buat masuk organisasi apapun di tempat kuliah ini karena gue ngerasa udah kecapean ikut organisasi waktu SMA. Seminggu setelah pekan ospek, fakultas gue ngadain expo organisasi tingkat fakultas. Di sana gue liat kaka kelas gue pada ikut KMP (Keluarga Muslim Psikologi), organisasi keislaman semacam rohis, katanya (waktu SMP & SMA, gue ga mengenal rohis sama sekali, soalnya di sekolah gue ga ada rohis) jadi gue daftar KMP juga. Di KMP ada beberapa bagian/departemen. Gue waktu isi formulir pendaftaran masih belum tau mau pilih bagian apa. Gue pun iseng tanya-tanya temen gue, waktu itu gue inget banget lagi di musholla fakultas, gue tanya Sabila “Sab, kamu daftar departemen apa?” dia bilang dia mau daftar PSDI. Hmm boleh juga tuh, gue akhirnya ikut daftar  PSDI juga, padahal saat itu gue belum paham PSDI itu ngapain. Singkat cerita gue ikut pendaftaran, diwawancara, ikut alur kaderisasinya dan lain-lain sampe pengumuman placement, gue ditempatin di PSDI.
         Waktu itu kepala departemen (kadep) PSDI kami namanya Ka Ojan. Gue di PSDI bareng Ka Pras, Ka Anza, Ka Muthi, Ka Mondew, Mufid, Rohmad, Opha, dan Sabila. Ga tau sejarahnya gimana, tapi nama grupnya itu “Power Rangers PSDI” di line sampe sekarang. Ka Ojan ini orangnya jago masak. Tiap kami kumpul rapat, kami sering dibawain masakan Ka Ojan, bahkan kami pun sering request masakan. Ka Ojan sampe apal banget kalo anggotanya ada yang ga suka jenis makanan tertentu, jadi masaknya disesuaiin, keren banget dah. Ka Ojan juga suka baca buku atau artikel, jadi wawasannya luas banget. Sampe sering nyaranin orang lain buat baca buku X, Y, atau Z. Oh ya, Ka Ojan juga yang ngajarin ke anak-anak PSDI kalo ukhuwah tertinggi adalah mem-bully, artinya ketika kita udah berani nge-bully orang lain kita dikatakan udah deket sama orang itu. Gue ikut di kepengurusan KMP waktu kadepnya Ka Ojan cuma pas akhir-akhir tahun 2015.
       Tahun baru, kepengurusan baru. Kadep PSDI selanjutnya adalah Ka Pras. Ka Anza naik di sekretaris jenderal, Ka Muthi dan Ka Mondew sibuk di tempat lain. Jadi PSDI isinya tinggal bocah-bocah seangkatan gue plus Ka Pras sebagai kadep. Hal yang paling gue suka waktu awal-awal di PSDI itu bikin KMP Award. Gue semangat banget bikin hadiah buat KMP Award tahun 2015. Saat itu gue Opha Rohmad dan Mufid bikin hadiah kalung dari permen yang ada bandul bentuk bintang bertuliskan award yang didapat. Waktu itu kami bikin hadiahnya sore hari di tangga gedung D. Selain hadiah, gue juga bantu bikin ppt buat KMP Award ini. Gue cari foto para peraih nominasi di akun facebook mereka. Gue sampe nge-stalk mereka semaleman demi nyari foto-foto mereka. Gue dapet award Ter-Spam gegara sering nge-spam di grup KMP. Tahun 2016, kami juga bikin KMP award kaya sebelumnya. Tapi seinget gue yang bikin hadiah tahun ini Opha. Gue dapet 2 award di tahun ini, ter-spam (lagi) dan ter-gak penting banget, hadeuh award gue ga guna banget ya. Tapi emang award waktu itu kocak-kocak sih kategorinya.

PSDI kepengurusan tahun 2017
       Tahun pun berganti. Di tahun 2017, gue yang jadi kadep PSDI, oemji. PSDI tahun 2017 isinya ada gue, Mufid, Opha, Nung, Panji, dan Destra. Diakhir tahun, kami ketambahan angkatan baru ada Puti, Zilfa, Zaki, dan Kholis. KMP Award tahun 2017 hadiahnya keren nih, pake sertifikat dan gantungan kunci. Soalnya ada salah satu anggota yang jago desain, jadi ada peningkatan standar hadiah nih, wkwk. Makasih Zaki. Tapi tahun ini gue ga menang kategori apapun, cuma dapet nominasi.
    Gue sebenernya agak ga percaya jadi kadep. Gue ga siap apapun. Gue ngerasa ga lebih kompeten dari anak PSDI lainnya. Tapi untungnya gue punya anggota yang keren-keren, yang bisa nurut sama gue, yang mau datang rapat tanpa fafifu. Jujur, gue ga bisa jadi kadep se-keren ka ojan, yang selalu bisa bawain masakan tiap rapat dan sharing pengetahuan ke anak-anaknya. Gue juga ga bisa jadi kadep yang kerjanya serapih Ka Pras yang sistematis dan selalu nemu solusi. Gue masih banyak kekurangan, bahkan sampe gue selesai megang amanah ini pun gue masih ngerasa belum bener jadi kadep PSDI, maapin gue temen-temen.
angkatan 2017
       Selama gue jadi kadep, gue ngerasa bingung membawa anggota gue. Gue ngajak anggota gue buat jalan tapi gue sendiri masih bingung ngajak mereka jalan ke mana, gue jalan tanpa tujuan yang jelas. Gue sekedar menjalankan program kerja yang udah ditetapkan diawal tanpa gue paham urgensinya secara mendalam jadi gue ga bisa bantu memahamkan anggota gue mengenai urgensi kami melakukan semua ini. Untungnya anggota gue mau diajak jalan, mau diajak ngerjain ini dan itu, mau direpotin, mau ngorbanin tenaga, waktu, dan lain-lain. Gue salut banget sama anggota gue. Meskipun PSDI rapatnya keseringan (tiap pekan selalu ada kumpul), tapi mereka ga ada yang keberatan. Mereka selalu mau hadir, sekalipun ga bisa, mereka bilang ke gue, ya meskipun ada yang pernah lupa kalo waktu itu jadwal rapat.
      Gue sebenernya ga enak banget sama anggota gue. Gue ga bisa kaya kadep lain yang seru, asik diajak ngobrol, ngajak main bareng, ngasih hadiah, dan lain-lain. Gue terlalu proker oriented, kurang memahami kesejahteraan anggota gue. Bahkan meskipun gue udah proker oriented, masih banyak kerjaan PSDI yang ga terlaksana sampe akhir. Ya Allah, kadep macam apa gue?
main ke UNAIR
        Gue ngerasa tugas kaderisasi ini berat banget buat dilakuin, apalagi kalo sendirian. Tapi gue belum bisa memahamkan ini ke anggota-anggota gue. Jadi kebanyakan gue kerjain sendiri. Ditambah kelemahan gue yang susah percaya sama orang lain dan sungkan minta bantuan orang lain karena takut ngerepotin, jadi ga beres deh tugasnya soalnya cuma gue pikirin sendirian dan ga pernah gue keluarin dari kepala gue. Jadilah membusuk dipikiran gue tuh tugas sampe lupa dan ga terlaksana. Gue ngerasa terlalu dominan di mana-mana, terlalu banyak mengintervensi kerjaan anggota-anggota gue sampe kekhawatiran gue pun kebawa dan jadinya bikin anggota gue bingung buat ambil keputusan karena sifat gue yang gegabah. Tiap rapat, catatan cuma ada di gue, bahasan hari itu juga cuma gue yang tau, jadi gue semua yang nge-handle saking susahnya gue ngasih kepercayaan dan minta bantuan orang lain, bahkan anggota gue sendiri. Gue sering sedih sama kekhilafan-kekhilafan gue yang gue buat selama memimpin mereka.
         Tapi gue seneng kalo lagi kumpul sama Power Rangers PSDI karena mereka jadi pengingat gue kalo gue lagi patah semangat, kalo lagi turun iman, kalo lagi khilaf, dll. Dengan ngeliat semangat mereka, gue diingetin bahwa gue harus tetep semangat, harus selalu memperbaiki diri, harus selalu stabil imannya, karena tugas gue buat jagain mereka, ngingetin mereka juga. PSDI itu kan tugasnya menjaga seluruh pengurus, jadi anak-anak PSDI sendiri harus dijaga lebih dulu dan lebih ekstra dibanding lainnya. Harus lebih inget untuk selalu melakukan kebaikan karena PSDI ada untuk mengingatkan juga. Harus lebih maju satu langkah dari pengurus lain. Ibaratnya PSDI itu seperti pelayan buat pengurus lain. Dan gue di sini harus menjadi pelayannya pelayan. Gue harus mastiin anggota gue dalam keadaan baik-baik aja, kesehatannya, keuangannya, keluarga, akademiknya, apapun deh. Jadi kalo rapat, sesekali gue minta anak-anak PSDI buat sharing kabarnya, apapun itu, kalo ada masalah diceritain aja. Tapi ternyata ga gampang ya jadi kadep yang bisa kaya gitu, butuh keterampilan khusus. Dan gue jadi kadep mereka tanpa didukung keterampilan apapun, ilmu yang gue miliki juga sangat minim, dan semangat yang sering naik turun.
ucapan waktu pertama kali masuk PSDI (1/11/2015)
        Ranger Opha punya semangatnya serta cara kerja yang rapih dan sistematis juga wawasan luas yang dimiliki sampe sering sharing ke kami. Ranger Mufid dengan ke-selo-annya jadi paling sering gue maintain tolong dan selalu mau gue ribetin meskipun beberapa kali pernah lupa rapat. Ranger Destra yang diem-diem pekerja keras dan mau dimintai tolong juga, Ranger Destra juga mau dengerin kata-kata gue.  Ranger Panji si cowok yang stay cool tapi bagus dalam bekerja dan punya semangat yang tinggi dalam mempelajari hal-hal baru. Ranger Nung yang selalu ceria, pecinta drakor, dan gigih dalam menjalani tanggung jawabnya. Ranger Zilfa dan ranger Puti si duo minang yang memberikan warna baru di PSDI dengan keceriaannya. Ranger Zaki si jago desain dan mau gue ribetin buat bikin ini itu. Ranger Kholis yang keliatannya ogah-ogahan tapi tetep semangat kalo disuruh kumpul. Kalian semua udah mewarnai hari-hari gue selama setahun kemarin.
PSDI jaman baheula (2015)

Wisuda papa PSDI

       Dengan melihat anggota gue tersenyum aja, gue udah ngerasa seneng banget ngeliatnya. Seengganya mereka melupakan sedikit beban beratnya di PSDI ini walau hanya sesaat. Kini, PSDI udah berganti dengan struktur lain untuk memperbaiki kaderisasi KMP. Gue sebenernya sedih Power Rangers PSDI bubar. Tapi meskipun kalian udah ga ada dalam struktur, kalian tetap ada, dalam jiwaku :’) love you so much, PSDI. Kalian harus tetap berjiwa power rangers PSDI kapanpun dan di manapun berada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu