Langsung ke konten utama

KGTSM (KMP goes to Surabaya & Malang)

Tahun lalu KMP ke Undip Semarang, tahun ini KMP kunjungan ke Surabaya dan Malang. Acara ini diadakan pada tanggal 21-24 September 2017. Waktu itu tanggal 21 libur tahun baru hijriyah. Gue bisa ikut acara ini gegara gue masih punya uang saku yang dikasih waktu PIMNAS, Alhamdulillah gue ga minta uang ke ortu buat bayar acara ini. Gue ikut acara ini gegara gue pengen banget ke Jawa Timur, satu provinsi yang belum pernah gue singgahi di pulau Jawa ini.

UNAIR
        Kami berangkat Kamis jam 4 pagi kumpul di kampus. Sebelumnya gue baru packing malem harinya sampe jam 22.00 terus gue tidur, gue kebangun jam 1.30 terus gue bilang di grup “kalo jam 3 gue belum nongol di grup tolong telpon” gue tidur lagi, terus kebangun lagi jam 2.30, terus gue tidur lagi, dan kebangun lagi jam 3.20an, gue panik, langsung cek hp, ternyata udah ada 13X missed call -_- oemji, parah banget gue. Gue langsung bangun, mandi, qiyamul lail bentar, dan siap-siap berangkat. Gue berangkat bareng Hasna. Sebelum berangkat, gue minum obat antimo dulu, biar ga mabok di jalan.
    Nyampe kampus, kami sholat subuh berjamaah di musholla fakultas terus siap-siap berangkat. Gue duduk bareng kk Ahda lagi (sama kaya waktu ke Undip tahun lalu). Gue agak tegang pas baru masuk bus. Butuh penyesuaian yang agak lama buat bisa PW di bus. Padahal busnya bagus bangeeeeet. Singkat cerita, kami pun berangkat.
      Sekitar jam 3 sore kami sampai di UNAIR. Alhamdulillah gua ga mabok, tapi tidur mulu sepanjang perjalanan. Haha. Efek obat yang bikin mata ngantuk berat. Di UNAIR, nama organisasinya SKIPSI (Sie Kerohanian Islam Psikologi). Gue kenalan sama bagian kaderisasinya ada mba Hani dan mba Silvi.

diskusi bareng mba Hani dan mba Silvi
Selama perjalanan ini, gue ga berani makan nasi di bus. Takut muntah. Jadi pas hari Kamis ini gue putuskan untuk puasa, sekalian puasa qadha gue masih ada. Malemnya kami nyampe di villa Inez. Villa ini ada 2 lantai plus ada kolam renangnya. Tadinya yang cewek dilantai 2, cowok dilantai 1, tapi melihat jumlah cewek yang banyak dan lantai 1 yang lebih luas dari lantai 2, kami tukeran lagi. Jadi yang cewek di lantai 1 dan cowok di lantai 2. Gue baru makan nasi pas di villa itu, jam 22.00, Alhamdulillah seengganya gue bisa menikmati makan gue tanpa khawatir bakal muntah apa ngga soalnya udah di villa dan agenda malem itu Cuma tidur aja. Di villa, gue tidur di ruang tengah, di depan TV. Alhamdulillah ada karpet di sana, jadi ga terlalu dingin. Gue tidur pules banget sampe ga kerasa hawa dinginnya Kota Batu.
Besok paginya setelah siap, udah mandi dan lain-lain, kami siap-siap di bus lagi. Sebelum naik bus, gue sempet beli sarapan di seorang bapak yang jual jajanan keliling. Gue beli gorengan pisang, risol, dan lemper. Ga lupa gue minum obat lagi biar ga mabok perjalanan. Jam 6 kami berangkat menuju UIN Malang. Pas nyampe UIN Malang gue sama Ripun dan kk Ahda nyari Indomaret terdekat, gue lagi pengen banget minum hydrococo ga tau kenapa sedari tadi malem di bus ngidam itu. Akhirnya dapet juga. Abis itu gue sempet sholat dhuha di masjid putranya. Di lantai 2. Sambil nunggu sarapan. Pas sarapan dateng gue pun makan, tapi karena saat itu gue ga terlalu berselera buat makan, gue Cuma abis setengah porsi, setengahnya lagi gue kasih ke Ali, padahal dia juga baru ngabisin makanan Ripun, haha makasih yo Li. Abis makan kami diajak jalan ke Fakultas Psikologi UIN Malang. Kami berkumpul di ruang auditorium di lantai 3, kursinya kaya kursi di ruang mini teater SMA gue, kaya di ruang auditorium FTI UMI juga waktu PIMNAS.

UIN Malang
Para mahasiswa UIN Malang ini menjelaskan divisi kajian keislaman yang posisinya berada di bawa DEMA. Pas udah selesai, karena hari Jum’at, yang cowok sholat Jum’at dulu di masjid putra tadi. Yang cewek sholat dzuhur di masjid putri yang warna catnya didominasi putih. Setelah selesa sholat kami balik ke bus lagi, waktunya makan siang sambil perjalanan, tapi ya.. gue ga makan karena gue takut muntah.
Tujuan selanjutnya adalah kunjungan ke Psikologi Universitas Negeri Malang (UM). Di UM adanya Fakultas Pendidikan Psikologi yang letaknya deket banget sama gerbang UM. Nyampe sana kami langsung dibawa ke ruangan yang sudah disiapkan. Acara diawali dengan sambutan kemudian break sholat ashar. Gue, kk Ahda, Ripun, Nisa, dan Manda keliling kampus buat liat masjidnya UM. Kami udah sholat ashar dijama’ takdim waktu itu. Kami juga liat taman bermain SLB di UM yang lokasinya di samping Psikologi. Gedung Fakultas Pendidikan Psikologi di UM Cuma satu lantai jadi kami ga usah capek-capek naik turun tangga. Pas udah selesai waktu break, kami masuk kelas lagi dan kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian kuliah “hakikat psikologi islam” oleh salah satu dosen psikologi UM. Di UM, LDFnya berbentuk divisi, nama divisinya Ifap (Islamic Family of Psychology) kalo dibahasa Indonesiakan mah ya sama aja kaya KMP (Keluarga Muslim Psikologi). Ketua divisi ifap ini cewek loh, namanya mba Indah. KMP dan ifap pun diskusi dan kami sempat melakukan tanya jawab. Ada beberapa hal mengenai kaderisasi yang ifap tanyakan ke KMP yang membuat gue harus menjawab itu heu. Setelah selesai, kami pun foto-foto. Kami foto ditiap kampus kok.
UM
Kami melanjutkan perjalanan yakni ke alun-alun Batu, di sana kami sholat magrib dan isya dulu, dijama’. Abis itu gue Ripun dan kk Ahda langsung cuss ke alun-alun Batu. Di sana kami langsung berburu kuliner. Kami makan bakso Malang, ketan susu, dan sempol. Abis makan kami jalan-jalan menikmati keindahan alun-alun Kota Batu. Tadinya gue udah janjian sama salah satu temen SMA gue yang tinggal di Malang, Atik, tapi karena ada suatu hal mendadak, Atik jadi ga bisa nemuin gue di alun-alun, dia bilang bisanya besok di Jatim park. Sampe jam 21.30 kami balik ke bus. Tadinya gue pas balik ke bus sekalian mau beli oleh-oleh, tapi ternyata tokonya udah tutup, hiks, ga jadi beli deh. Kami balik ke villa lagi untuk beristirahat. Sampe villa jam 22.30 gue langsung istirahat, sudah terlalu lelah.

Pagi jam 3, gue kebangun dan shock liat lantai villa yang udah tergenang air karena kran air yang kebuka sampe bak meluap dan saluran pembuangan yang mampet, so banjir dari kamar mandi sampe lantai kamar dan ruang tengah deh. Gue langsung mindahin tas gue ke atas karpet yang masih kering dan kemudian gue tidur lagi, wkwkwk parah banget. Temen gue banyak yang tasnya kerendem air gegara banjir ini jadi baju-bajunya banyak yang kebasahan.

Abis subuh, gue dan kk Ahda jalan-jalan ke area Songgoriti. Gue diajakin kk Ahda yang udah sering nginep di Songgoriti ini buat beli oleh-oleh di pasar Songgoriti ini. Awalnya gue diajak kk Ahda buat beli srabi Songgoriti yang berkuah, tapi waktu itu penjualnya lagi ga buka, so ga jadi deh. Kami pun balik lagi ke villa. Si Ripun yang tadi malem nginep di kos temennya balik ke villa sambil bawa tahu telor, enaaaaak banget >o< sukaaa. Terus gue minum obat lagi, biasa, biar ga mabok, haha. Abis itu kami foto-foto dan main ayunan di sekitar villa.
pemandangan di depan villa
Kami melanjutkan perjalanan, hari ini agendanya main, yeay. Kami ke jatim park 1. Tadinya Atik janjian mau nemuin gue di sini, tapi karena ada suatu hal lagi, kami ga jadi bisa ketemu deh, maybe next time ya tik. Waktu kami sampe jatim park, mereka belum buka. Jadi kami foto-foto dulu di depannya. Kami masuk ke museum tubuh terlebih dahulu. Di sana kami dijelakan mengenai bagian-bagian tubuh dengan melihat beberapa ilustrasi dan bentuk-bentuknya. Gue sempet cek mata di sana, dan ternyata minus gue nambah banyak masa, mata kanan: -2,25+silinder, mata kiri: -2. Ngeri euy. Ada satu permainan yang cukup menarik perhatian kami di museum tubuh ini, gue lupa namanya apa, tapi permainan ini menilai kekuatan kami, kami memukul area yang disediakan di depan angka dengan menggunakan palu raksasa. Ada skala 0-30, gue coba berkali-kali tetep aja kekuatan gue Cuma sampe angka 2. Letoy nih.
Next kami masuk ke Jatim park. Dibagian awal kami disuguhkan banyak wahana edukasi selanjutnya kami naik wahana-wahana JP1 ini, gue naik kora-kora mini, 360o pendulum, keratin hantu (di sini gue Ripun dan kk Ahda sering dijailin Afwan sama Ali, sampe gue sering teriak gegara parno, nyebelin hiiih), naik tornado, bombom car, nonton video paddle pop sampe kerudung basah kesemprot air di depan, naik superman coaster, ontang-anting, dan rumah misteri. Sebenernya masih belum puas di sini karena belum semua wahana gue naikin, haha, gue seneng banget gue ga muntah selama naik wahana-wahana ekstrim di sini, padahal naik bus aja gue udah langsung mabokan. Pas udah keluar JP, kami sholat dan kemudian kami pulang ke Jogja. Seperti biasa, pas masuk bus lagi gue harus adaptasi lagi sama atmosfer bus. Gue tegang dulu. Pas magrib kami mampir di sebuah masjid, saat itu kondisi gue udah lemes banget gegara ga makan dari pagi, soalnya gue khawatir muntah kalo makan. Gue juga saat itu ga berani makan malem karena abis sholat bakal naik bus lagi sampe Jogja. Gue sering minta safecarenya Rohmad sepanjang perjalanan ini. Gue ngerasa lebih baik pas meluk boneka pisang pemberian temen SD gue, gue ngerasa lebih baik selama masa-masa tegang gue di bus.
       Jam 1 dini hari kami nyampe kampus. Gue pulang nebeng mobil Afwan bareng Ripun Ali dan Afwan. Pas nyampe kontrakan, gue langsung tepar tanpa beresin tas dulu. Hoaaa benar-benar keseruan yang berharga mengunjungi daerah baru, kampus baru, dapet temen baru, dan main di wahana baru. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersusah payah menjalankan acara ini, kalian luar biasa.

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu