Langsung ke konten utama

Ciye Mau Kuliah

Lulus SMA, perjuangan masih belum berakhir, gue masih harus berjuang untuk mendapatkan tempat kuliah soalnya gue ga dapet jalur undangan kaya temen-temen gue yang lain. Sebelumnya, gue masih bingung banget mau kuliah di mana, jurusan apa, dan lain-lain sampe akhirnya waktu kelas XII sekolah gue ngadain tes minat dan bakat, dari sanalah gue dapet pencerahan. Saran dari psikolog, gue ambil jurusan kuliah psikologi, kesehatan masyarakat, dan kesejahteraan sosial (kalo ga salah). Sebenernya gue belum paham sama psikologi, itu apaan, mash sangat asing ditelinga gue, tapi akhirnya gue coba aja ikutin kata psikolognya. Jadilah gue daftar jurusan psikologi dan bahasa Arab. Kenapa bahasa Arab? Karena gue ngerasa suka sama pelajaran satu ini sedari gue masih SD.
                Gue juga masih belum punya banyak pengetahuan tentang berbagai kampus. Waktu SMA gue cuma kebayang UGM aja. Ga tau kenapa, padahal belum pernah cari tau tentang infonya maupun info kampus lain, mungkin kalo di UI gue udah bosen sama kehidupan jabodetabek yang metropolitan kali ya, gue sering stress kalo pulang pergi dari rumah ke sekolah gue waktu SMA. Gue mikirnya UGM itu kan di Jogja, dan dari segi lingkungan masyarakat dan biaya hidupnya Jogja itu lebih bersahabat dibandingkan jabodetabek, menurut gue. Jadilah gue pilih UGM.
saksi bisu perjuangan
                Gue akhirnya coba tes SBMPTN pilihan 1 psikologi UGM, pilihan 2 & 3nya gue lupa, oemji, maklum sudah 2,5 tahun yang lalu. Gue ambil lokasi di Bandung, padahal ada tempat yang lebih dekat, di Cirebon, karena keterbatasan pengetahuan gue jadi gue pilih di Bandung, gue dapetnya di sebuah SD, diantah barantah, suatu lokasi yang belum pernah gue kunjungi (emang gue udah berapa kali ke Bandung dah? Haha sok-sokan). Perjuangan gue di SBMPTN ini kerasa banget. Kalo dari persiapan belajarnya sih udah dari SMA dulu abis UN tetep ada kelas intensif buat anak-anak yang belum dapet kampus (ga keterima jalur undangan).
                Gue berangkat SBMPTN dari rumah, karena waktu itu udah pada pulang dari asrama, udah berpisah. Gue naik travel, berangkat sendirian dengan bermodalkan nekat dan google maps di HP. Sesampainya gue di Bandung, gue cari-cari tuh SD yang belum pernah gue tau lokasinya, gue jalan sekitar 2 jam sampe akhirnya ketemu juga itu SD. Gue bermalam di kos temen SD gue yang saat itu lagi sekolah pramugari di Bandung. Waktu ketemu temen gue, gue naik angkot menuju C-walk. Ga tau kenapa itu sopir angkotnya lupa apa gimana, gue udah minta diturunin di C-walk tetep aja dibablasin ampe bolak-balik, hahaha, cupu banget sih gue waktu itu. Di C-walk, gue beneran kaya orang ilang yang bingung nyari orang dengan keadaan HP yang low-bat. Gue akhirnya bela-belain masuk ke pos satpam buat minta ijin numpang ngecas HP, ga tau malu banget ya, haha, bodo amatlah, yang penting gue bisa hubungin temen gue lagi, karena kalo gue ga ketemu temen gue, gue ga tau bakal nginep di mana malem itu. Alhamdulillah gue bisa hubungin temen gue lagi dan akhirnya ketemu di Hokben C-walk. Gue jadi bisa nebeng tidur di kos dia deh. Paginya gue langsung berangkat ke lokasi SBMPTN. Alhamdulillah, ga macet, dan angkot yang harus gue naikin ga ribet kaya sebelumnya. Gue pun ngerjain soal tes dengan sebisa gue.  Gue di sana kenalan sama beberapa temen-temen yang berjuang SBMPTN juga, tapi gue lupa nama-namanya, ya ampun parah banget ya. Setelah gue selesai ngerjain tes, gue pun mencoba ngebolang sendirian ke Masjid Agung Kota Bandung yang waktu itu lagi baru-barunya nge-tren. Di sana ada area outdoor yang cukup luas dengan alas yang dipenuhi rumput sintetis. Banyak banget orang-orang yang sore itu berkunjung ke sana. Di saat orang lain pada foto-foto bareng temen, keluarga, sahabat, lah gue? Sendirian aja, sedih amat ya. Tapi gue bangga banget bisa ke sana dengan modal google maps, gue cuma jalan kaki doang dari lokasi tes ke Masjid itu. Abis itu, gue udah hubungin temen SMP gue buat ketemu. Temen SMP gue waktu itu tinggal di rumah tantenya dan dia emang SMAnya di Bandung. Gue main ke rumah tantenya dan ketemu dia sambil nunggu travel yang udah gue pesen. Gue pun pulang naik travel lagi, sampe rumah sekitar jam 1 malem.

rumput di masjid Bandung waktu ngebolang SBMPTN
                Gue ga berpasrah gitu aja sama satu perjuangan gue di tes SBMPTN ini. Gue masih mau coba lagi berjuang di tes UTUL UGM. Gue belum pernah ke UGM sama sekali kan, jadi gue coba aja tes ini, gue ambil yang lokasinya di UGM biar gue bisa liat UGM. Jadilah gue pergi ke Jogja sendirian naik kereta. Sampe stasiun Lempuyangan, gue dijemput keluarga temen gue. Gue juga udah janjian sama beberapa temen gue yang ikut tes ini juga buat nginep di rumah temen yang ada di Jogja. Jadi kami bisa berangkat bareng. Anak-anak IPA pada berangkat duluan pagi-pagi ke lokasi tes, anak IPS waktu itu masih pada antri mandi, masih pada mager, haha, tapi abis itu pas udah agak siangan kami udah siap berangkat kok.
                Gue dapet lokasi tes di Fakultas Hukum di Gedung V lantai 3. Setelah sekian lama muter-muter cari ruangan buat tes akhirnya nemu juga, maklum gue belum survei lokasi kemaren. Gue akhirnya ngerjain sebisa gue, gue juga kenalan sama temen baru yang sekarang kuliah di UNS. Setelah selesai tes kami kumpul sama alumni SMA kami yang pada kuliah di Jogja, kami kumpul di rumah makan Pondok Cabe. Setelah itu, pas malemnya kami diajak jalan-jalan ke Amplaz. Besoknya gue sama temen gue ke toko buku Togamas sebelum gue pulang lagi ke rumah.
waktu UTUL, nginep di rumah Ratu
                Pas gue di kereta selama perjalanan pulang, di depan gue ada seorang bapak yang lumayan enak diajak ngobrol ngalor ngidul. Sampe pada suatu titik di mana bapak itu mengingatkan gue buat lebih hati-hati lagi saat melakukan perjalanan jauh dan sendirian karena kita ga tau mana orang baik mana orang yang ga baik yang kita temui selama perjalanan, bisa jadi bapak yang lagi ngobrol sama gue ini juga bukan orang baik yang mungkin bisa menghipnotis gue, itu bapaknya sendiri loh yang ngomong kaya gitu ke gue. Ga tau kenapa, selama ini gue udah sering bolak-balik ke luar kota sendirian, udah sering berinteraksi sama orang baru sepanjang perjalanan di kereta, gue ga ngerasa khawatir sama sekali dengan kejahatan dunia luar. Gue ngerasa selalu aman karena ditemenin sama Allah. Tapi meskipun ada Allah, bukan berarti gue bisa lengah kapan saja dan di mana saja. Bener juga kata bapak itu, gue harus tetep waspada kapanpun dan di manapun. Ini juga berlaku buat kalian para cewek yang biasa bepergian jauh sendiri.
                Waktu pengumuman hasil tes pun tiba, Ramadhan tahun 2015, gue coba buka akun SBMPTN gue. Setelah bersusah payah karena sering error (iyalah, se-Indonesia pada buka laman itu) gue pun bisa buka. Waktu itu menjelang buka puasa. Pas liat, alhamdulillah, warna biru, gue diterima dipilihan pertama gue. Ga nyangka banget, alhamdulillahirabbil’alamin. Ternyata ini jawaban dari Allah. Padahal gue waktu itu mikirnya paling juga keterima di jurusan bahasa Arab. Gue masang psikologi di urutan pilihan pertama karena gue liat passing grade psikologi UGM yang tinggi banget, jadi gue taruh di paling atas, eh ternyata gue dapet. Ga nyangka banget.
                Karena gue udah keterima di UGM lewat jalur SBMPTN, otomatis UTUL gue hangus. Ga apa sih, toh ini juga jurusan yang bagus. Fix nih, gue bakal menetap di Jogja. Setelah 3 tahun bolak-balik ujung barat pulau Jawa, akhirnya gue bisa pindah haluan, ke bagain tengah pulau Jawa. It’s awesome. Bakalan jadi pengalaman baru dalam hidup gue.
                Next, setelah gue beres melakukan daftar ulang, gue tinggal mikirin mau ngekos di mana. Gue akhirnya minta tolong temen SMA gue buat cari kos. Dapetlah kos di utara Fakultas Kehutanan UGM. Di sana kosnya kosongan, jadi gue mendadak beli kasur dan lemari dulu. Finally gue ngerasain kehidupan sebagai anak kos. Pas awal-awal masih boros banget, karena gue orangnya suka ngemil, jadi gue sering banget jajan, sampe dompet sering tipis gegara duitnya abis.
foto angkatan
          Sebelum masuk dunia perkuliahan, ada satu acara yang ga boleh dilewatin, yup, ospek. Di UGM namanya waktu itu PPSMB. Ada beberapa tugas dari PPSMB tingkat universitas dan tingkat fakultas. Gue sempet nyicil beberapa di rumah. Yang tugas fakultas salah satunya ada foto seangkatan. For the first time gue ketemu temen-temen angkatan gue di Psikologi. Kami janjian di tangga GSP yang luas itu. Pake almamater UGM.
         Waktu PPSMB Palapa, gue dapet gugus Wreksodiningrat 21, lokasinya di Fakultas Teknik dengan sekitar 40 anak di salah satu ruang di Teknik Kimia. Suka banget sama gedungnya karena toiletnya yang bagus, haha. Koplak sih ini gugus, ditemenin cofas yang cantik-cantik, ada mba ayu dari pertanian 14 dan mba uut dari kehutanan 13. Meskipun cuma 4 hari bersama, tapi kebersamaan di grup masih ada, meskipun lambat laun semakin berkurang keramaiannya. Waktu itu kami bikin formasi ASEAN dengan caping kami yang warna-warni dan bikin bendera merah putih dengan pompom kami. Gue waktu itu ga bikin pompom, tapi beli, haha males banget ya. Dari GSP ke lokasi gugus gue jalannya jauh cuy. Jadi cukup melelahkan, tapi ga kerasa lelahnya gegara barenga temen-temen yang asik dan koplak ini. Kebetulan di gugus gue yang dari psikologi cuma gue.
Wreksodiningrat 21
                Waktu PPSMB tingkat fakultas, gue ada di kelompok Natsir dengan anak-anak yang ga kalah koplak juga. Ada Dika, Zaza, Prima, Cici, Salsa, Zahwa, Dila, Wiku, dan Bima ditemenin pemandu yang cantik, Ka Niken. Salah satu tugas di PPSMB fakultas ini ada senam bareng yang gerakannya udah ditentuin sama panitia. Kami diminta untuk latihan biar kompak waktu hari H. Kami beberapa kali latian di asrama BSR. Di sana jadi sekalian kenalan sama temen-temen baru dan sekalian tanya-tanya tugas yang belum selesai juga, oh ya, ada tugas kenalan dan minta tanda tangan sama temen-temen baru yang dari kelompok lain juga. Jadi waktu itu sekalian pada minta tanda tangan.
Angkatan gue punya grup di line. Waktu awal-awal gue join, gue disangka cowok. Karena cowok di psikologi itu makhluk langka, jadi pas gue masuk grup itu bikin rame anak-anak karena disangka cowonya nambah, helaw, padahal gue cewek. Mereka ngira gue cowok dari nama gue “Oom”. Emang rada ambigu sih kalo orang tau nama gue. Pas awal-awal masuk grup itu, gue sering banget nongol di grup, sering nge-spam juga, hampir tiap waktu. Tapi lama-kelamaan seiring berjalannya waktu, gue tenggelem juga, jadi jarang nge-spam di grup bahkan buka grup pun jarang-jarang.
                Satu angkatan di psikologi sekitar 200an orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Terlebih lagi di psikologi ada yang namanya individual difference jadi setiap anak dipandang berbeda sehingga kita tidak bisa men-judge orang lain dengan mudah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu