Langsung ke konten utama

Masa SMA, Masa yang Paling Bahagia, Katanya (Part 2)

Bismillah..
Wah lama banget ya gue udah ga nulis. Mumpung sekarang libur panjang, gue mau nulis banyak hal yang gue tunda selama ini, kali ini gue nulis masa SMA gue, dari kelas X sampe lulus, siap-siap bakal baca panjang lebar, haha. Tapi sebenernya apa yang tertulis di sini itu belum menggambarkan seberapa dari banyak hal yang terjadi semasa SMA. Karena keterbatasan ingatan gue dan kemampuan gue buat berkata-kata, jadilah segini, selamat membaca gengs.

Matrikulasi & Kelas X

                Awal mulai menjalani sekolah di SMA ini kami dimasukkan ke kelas matrikulasi. Gue masuk kelas matrikulasi 1 yang kata orang kelas gue itu isinya anak-anak yang jago bahasa Arab padahal menurut gue sih ngga juga, gue aja pas-pasan. Tapi selain terkenal jago bahasa Arab, kelas gue juga ada bopengnya, yup, jelek di pelajaran matematika. Haha, lucu aja sih inget dulu waktu matrikulasi nilainya hancur-hancuran banget. Ada pre test dan post test. Kelas gue di ruang lab bahasa yang cukup eksklusif soalnya tiap anak ada komputernya satu-satu (meskipun ga dipake juga sih, haha). Kelas matrikulasi gue ini terkenal cukup akrab, sampe punya nama kelas “Neo Maxis” gue lupa artinya, tapi yang jelas kelas kami sering kumpul sampe mau lulus. Agenda favoritnya sih makan-makan pas kalo lagi ada yang ultah padahal kelas matrikulasi cuma ada beberapa pekan doang. Sampe yel-yel yang biasa disebutin diacara koki cilik (eh ya ngga ya?) juga kami pake “neo maxis, makan sehat pasti pintar”. Kami juga punya jaket sendiri, warna putih, ada tulisan namanya masing-masing, tapi jaketnya pada kekecilan (jaket tanpa lengan).
                Lanjut, dari matrikulasi, kami dipencar ke kelas yang berbeda-beda. Gue masuk ke kelas X-5, namanya Unpentium Betelgeuse. Un: 1; penta: 5; jadi unpentium: 1-5 (tiap tahun anak kelas X-5 nama depannya “enpentium” nama belakangnya aja yang beda-beda), Betelgeuse itu nama bintang terbesar. Namanya bisa disingkat jadi “unigue” atau “unbeegue” (baca: ambigu). Tiap kelas X punya kaos kelas masing-masing. Kelas gue kaosnya warna ijo (aslinya sih tosca, cuma gegara salah cetak jadilah warna ijo).
                Di sekolah gue ini ada tradisi unik, namanya “kakak-adek absen”. Tiap anak pasti punya nomor absen, iyalah. Nah nomor absen kelas X itu yang bakal dijadiin patokan buat kakak-adek absenan. Gue dapet nomor absen 18 di kelas X-5, jadi gue punya kakak-kakak absen yang dulunya kelas X-5 di nomor absen 18 juga. Saat itu ada hal lucu yang gue temuin dari absen ini, kakak-kakak absen gue, sampe beberapa yang udah alumninya itu cowok-cowok, pas gue masuk, eh adek-adek absen gue jadinya cewek-cewek, pemecah telor nih gue, haha. Dan lagi, dulu kakak absen gue namanya mirip gue (nama panggilan) dan tanggal lahir kami sama (beda tahunnya aja). Sebuah kebetulan yang lucu. Tiap tahun ada acara tiga angkatan kelas X yang disebut “unpentium family” untuk mempertemukan kakak-adek absen ini, biasanya ada acara ngobrol-ngobrol, ngasih kado, makan-makan, foto-foto, ya begitulah. Selain itu, pas bulan Ramadhan juga ada acara “bupalas” (buka puasa bareng temen kelas) dan bupatitan (buka puasa bareng tiga angkatan kelas X-nya) jadi makin solid deh hubungan antar-teman sekelas dan kakak-adek absen.
foto kelas X-5 pelajaran bahasa Inggris
bareng Ms. Putri & Ms. Katie
                Kelas X-5 punya wali kelas, namanya Pak Abdul Jalil, biasa dipanggil Pak Jalil. Pak Jalil ini guru mata pelajaran qurdits (Qur’an dan Hadits). Beliau punya istri yang bekerja di sekolah ini juga, dibagian klinik. Pas kelas X, gue ngerasa ancur-ancuran banget pas tau nilai gue jelek-jelek, matematika aja pernah dapet nilai 30an dari skala 100. Maklum lah, gue dari sekolah yang sangat biasa ke sekolah yang luar biasa ini jadi ada culture shock sama banyak hal di sini. Gue sering banget ngerasa minder sama temen-temen gue, sering banget ngerasa paling bodoh diantara mereka, bahkan seinget gue, gue itu jadi ranking terakhir di kelas (24/24). Gue sering banget nangis pas nelpon ke orang tua gue gegara nilai gue yang jelek-jelek. Sampe-sampe pas bagi rapot UTS, bapa gue dateng jengukin gue di asrama terus gue cerita sambil nangis-nangis gegara gue ngerasa paling bodoh sendiri di sini. Sampe-sampe bapa gue nawarnin gue buat pindah sekolah, gue tolak sih, karena sebenernya gue betah di sini, suka sama temen-temen angkatan gue yang baik-baik, cuma belajarnya aja yang susah, gue juga ga mau ngecewain orang tua gue yang udah bangga gue sekolah di sini. So, gue putuskan untuk bertahan. Jadilah gue tetap bertahan di sini, meskipun dengan perjuangan yang sangat melelahkan. Orang tua gue selalu men-support dan mendoakan gue, guru-guru di sini juga selalu siap mendengarkan keluh kesah gue dan temen-temen serta memberikan saran ke kami.
studi kolaboratif foto kelas X-5 bareng Pak Jalil
 pake kaos kelas dan jaket angkatan
                Divisi Olahraga OSIS ngasih tugas buat tiap kelas mimpin senam (atau biasa disebut krida) di depan anak-anak tiap Sabtu pagi. Waktu itu kelas X-5 dapet giliran pekan terakhir (sebelum UAS). Kami pake kaos angkatan yang baru rilis dan kaos kelas yang baru jadi (tapi kami lilitin di kepala, haha). Waktu itu tiap angkatan ngadain studi kolaboratif (stukol) ke berbagai tempat dan angkatan gue paling telat, hingga akhirnya pas kelas gue mimpin senam itu sambil “demo” buat nagih stukol, haha, alay banget sih, soalnya angkatan lain udah pada stukol, angkatan gue doang yang belom. Jadilah kami gerak-gerak senam sambil nyebut-nyebut “stukol..stukol..stukol..”. Akhirnya stukol pun dilaksanakan setelah UAS selama tiga hari (eh, iya kan ya?) di Bogor. Waktu itu kami dapet jaket angkatan pertama kali (soalnya kami punya jaket lagi) warna abu-abu dan hitam.
gue lupa ini foto pas kapan dan ngapain, haha
ini foto angkatan di monas bareng Sir Imam

astonah roket, basket angkatan
                Pas kelas X ini, gue coba-coba daftar OSIS. Saat itu gue bingung mau daftar OSIS divisi apa, tapi ga tau kenapa waktu itu ada salah seorang teman yang iseng ngajak gue buat daftar divisi kedisiplinan, jadilah gue coba daftar ke sana dan diwawancara. Gue juga coba daftar paskibra (karena gue seneng sama kerapihan dan baris berbaris), gue daftar PMR (karena di SMP gue masuk PMR), gue coba join basket juga karena emang suka dari SMP, dan gue sempat coba daftar choir (paduan suara) gegara diajak temen kamar gue. Gue pun lolos masuk OSIS divisi kedisiplinan yang kerjaannya bikin aturan, nyatet pelanggaran, dan ngasih hukuman ke anak-anak asrama. Gue juga lolos seleksi masuk choir, padahal temen gue yang ngajak gue daftar choir ga lolos :’( hiks. Gue masuk ke sopran, aslinya suara gue mezzo, tinggi nggak, rendah juga ngga, tapi karena ga ada mezzo jadi gue dimasukin ke sopran. Gue pernah ikut lomba paduan suara di IPB. Tapi kami belum berkesempatan jadi pemenang.
                Di asrama gue satu kamar berempat. Kamar pertama gue ini cukup unik, kami berasal dari provinsi yang berbeda-beda. Kami sering banget bepergian kemana-mana barengan. Kami juga sempat ngadain evaluasi selama kami barengan sekamar. Karena gue baru pertama kali hidup berasrama, gue masih belum bisa beradaptasi dan menghargai perbedaan orang lain, gue sering banget ngomel-ngomel ngeliat hal-hal yang kurang pas di kamar, sampe-sampe anak-anak kamar gue manggil gue “mama” gegara sering banget gue omelin, haha. Pas semester dua, kami berpisah karena kamarnya diacak lagi, tapi kami ngadain kumpul untuk tuker kado. Lucu-lucu kadonya.

Kelas XI

                Setelah sekian lama berjuang dikelas X yang cukup sengsara sampe khawatir kena DO gegara nilai gue yang pas-pasan, dan dilemma yang terjadi untuk menentukan gue mau masuk jurusan IPA atau IPS sampe tanya psikolog, guru BK, wali asrama, orang tua, dll. Alhamdulillah, gue tetap lanjut di sekolah ini meskipun jadinya masuk jurusan IPS yang berbeda dari harapan gue (dulu gue pengen masuk IPA biar bisa jadi dokter atau tenaga medis lainnya) tapi dengan gue bertahan di sekolah ini aja sudah sangat luar biasa bangga, pasti ada jalan lain menuju kesuksesan, ga dari jurusan IPA doang.
                Gue masuk kelas XI IPS 2, punya nama kelas juga, namanya Serdadu Semut. Isinya cuma belasan orang. Kelas IPA ada 4, kelas IPS ada 2. Di sini gue mulai bisa beradaptasi sama pelajaran-pelajaran di sekolah meskipun gue masih belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kelas IPS punya kaos samaan, IPS “Ikatan Pelajar Sukses” (aamiin). Karena gue masuk IPS, otomatis gue harus mencoba bersahabat dengan pelajaran-pelajaran IPS, geografi, ekonomi dan akutansi, dan sosiologi, eh sama sejarah yang lebih banyak dibandingkan kelas IPA.
Divisi Kedisiplinan OS-Cendekia 13/14
                Tahun kedua itu jadi tahun yang sibuk sama organisasi dan kepanitiaan. Gue di OSIS jadi koordinator akhwat divisi kedisiplinan. Ga nyangka banget, seorang gue yang awal masuk divisi ini aja karena iseng daftar diajak temen tapi lama-lama jadi koordinatornya. Ga gampang jadi koor divisi satu ini yang menyangkut hajat hidup orang banyak seasrama, ketika ada aturan baru yang ditetapkan dan diumumkan, pasti banyak yang memprotes, mencibir, mengomentari, dan lain-lainnya yang sangat menguji kesabaran, keikhlasan, dan kekuatan anak-anak divisi ini untuk bertahan di sini. FYI, ketika aku mengeluarkan pengumuman berupa hukuman-hukuman atau konsekuensi bagi anak-anak yang melanggar aturan, selalu ada konflik batin dalam diri gue, karena mereka adalah temen-temen gue, masa iya gue tega ngehukum mereka dengan nyuruh mereka lari, dengan mencabut izin mereka keluar asrama, dengan memberikan gelar “mr/miss universe” buat anak yang paling banyak poin pelanggarannya, gue sebenernya ga tega. Tapi mau gimana lagi, ini emang udah aturannya, udah dikasih tau juga dari awal, dan harapannya bisa jadi pelajaran buat temen-temen lainnya biar ga pada ngelanggar.
                Dulu waktu kelas X, gue udah disuruh ortu buat keluar dari OSIS melihat akademik gue yang sangat hancur. Tapi ga tau kenapa, gue sangat menyayangkan kalo gue keluar dari OSIS, karena pengalaman gue nanti berkurang dibanding temen-temen lain yang masih stay di OSIS.
kado dari Astonic-Kedis dikasiin pas kondangan ke Bu Mira
                Di kedisiplinan, kami dapet tugas buat bangunin anak-anak seasrama buat pada sholat subuh di masjid, nyatet nama anak-anak yang telat apel sebelum sekolah dan telat berangkat ke masjid, ngitungin rakaat anak lain kalo ada yang masbuk, ngerekap poin pelanggaran, ngumumin, jagain anak-anak yang pada jalanin hukumannya, nyetorin nama-nama anak yang ngelanggar ke wali asrama, ngingetin anak-anak yang kurang sesuai sama aturan, dan satu lagi yang paling gue suka, acara IC Award. Selain ngasih hukuman, kami juga ngasih apresiasi ke anak-anak yang berdedikasi di masing-masing bidangnya melalui acara IC Award ini. Waktu itu gue pernah dapet 2 award, Ter-darling (sadar lingkungan) dan ter-lapangan.
                Jadi anak kedisiplinan itu punya power tersendiri, ketika kami mendatangi seseorang, mereka bakalan keliatan gelagatnya yang membuktikan bahwa mereka itu punya pelanggaran. Jadi anak kedisiplnan itu lebih dikenal banyak orang karena kerjaannya yang emang berkaitan langsung sama mereka. Tapi tuntutannya banyak, kita harus jadi teladan yang baik bagi anak-anak lainnya. Jadi anak kedisiplinan itu intinya susah-susah gampang deh, asalkan ada kemauan dan niat ikhlas, insyaallah semua akan bisa dilewati dengan baik.
                Pas kelas XI gue juga diamanahi sebuah kepanitiaan bakti sosial untuk menjadi koordinatornya. Skill kepemimpinan gue diuji lagi nih dengan dijadikan koordinator. Susah-susah gampang, karena berkaitan langsung dengan orang banyak, bagaimana cara meng-handle anggota agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
foto angkatan pas LDK
                Pas kelas XI ini, kami stukol lagi, ke Banten. Kami dapet jaket angkatan lagi warna merah maroon. Selain stukol, kami juga ada LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang dipandu kakak-kakak beewhite. Seru banget pas LDK, kami nge-camp gitu di tenda. Kami dikasih games yang seru-seru yang bisa menguji kekompakan satu angkatan terutama game terakhir yang bener-bener bikin terharu. Game ini awalnya memisahkan kami jadi dua kelompok yang membuat kami berlomba untuk mencapai garis finish dengan waktu yang sangat minimal, tapi akhirnya kami bersatu dan bisa mencapai garis finish semuanya. Bener-bener terharu karena bisa membantu angkatan kami menjadi lebih solid. Waktu itu gue masuk tim ratu lebah yang punya yel-yel lucu. Lagu yel-yelnya banyak gue ambil dari lagu waktu pramuka dulu di SD dan SMP.
foto LDK kelompok ratu lebah
                Selain itu, waktu kelas XI juga kami ngadain homestay di Sukabumi. Di sana kami banyak diajarkan kebudayaan setempat, kami tinggal dengan warga setempat berkelompok dan dibagi-bagi menjadi beberapa RT.
                Gue ikut lomba paduan suara lagi, kali ini di SMA Al Azhar. Tapi kami belum berkesempatan jadi pemenang. Gue juga ikut lomba MTQ, tapi ya belum berkesempatan jadi pemenang juga, haha.
Gue jadi ga terlalu kebawa stress mikirin nilai gue yang pas-pasan di sini, karena gue ngerasa ada kebahagiaan lain yang gue dapet di sini, yaitu kebersamaan dengan teman-teman seperjuangan gue di sini. Ya tentunya gue ga bisa lepas tangan gitu aja sama akademik gue, gue harus memastikan kalo gue masih bisa dapet nilai aman, minimal ya sama dengan KKM mata pelajaran tersebut.


Kelas XII

Alhamdulillah, sekali lagi gue harus bersyukur karena masih dikasih kesempatan buat stay di sekolah ini meskipun akademik gue minimal banget. Karena emang sekolah ini sangat menuntut akademik kami sebagai syarat bertahan di sini. Gue masuk kelas XII IPS 1, kelas yang isinya cewek semua karena waktu itu gedung sekolah lagi direnovasi jadi kami sekolahnya diasrama cowok yang dialihfungsikan menjadi kelas-kelas dan perpustakaan. Nama kelas kami GGS (karena lagi musim sinetron GGS, haha). Kalo ga salah kepanjangannya itu “Gadis Gaul Shalihah” ihiy.
Tahun ketiga itu jadi tahun yang cukup melelahkan untuk fokus menjalani akademik karena harus mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir. Pas kelas 3 ini jadi makin banyak waktu untuk belajar, pas sore selalu ada intensif bahas pelajaran untuk UN dan UAMBN, malem juga. Angkatan gue jadi angkatan pertaman yang UN pake komputer di sekolah gue yup, namanya UN-CBT. Dulu pas awal-awal sempet khawatir pas UN nanti komputernya mati, dan sebagainya. Waktu itu sampe ada Pak Rano Karno sebagai wakil wali kota (atau wakil gubernur ya?) dateng ke sekolah gue buat ngasih support. Waktu UN itu kami dibagi jadi dua sesi, ada sesi pagi ada sesi siang.
Selama ujian itu makmur banget dah para orang tua jadi rajin ngasih suplemen, makanan (yang biasa disebut potluck?), dan lain-lain. Kami juga jadi rajin sholat hajat seangkatan. Kalo apel pagi jadi semangat banget buat yel-yel. Tiap malem abis wirid isya selalu didoain anak-anak se-masjid. Pokoknya seru, pas pekan ulangan atau ujian di sekolah ini tuh udah kaya pesta siswa.
Selain sibuk belajar, kelas 3 juga sibuk foto-foto buat buku angkatan. Waktu itu tema buku angkatannya film. Gue dapet yang action, kok bisa ya? Padahal gue mikirnya gue bakal dapet yang alim-alim nih, kaya religi, atau yang lainnya, haha, tapi tampang ga bisa boong sih, udah terlanjur sangar. Tim kami foto di TMII ambil spot di museum transportasi dibagian lokomotif kereta jaman dulu.
studi lapangan
Kami juga ngadain stukol lagi. Waktu kelas XII kami stukol di Yogyakarta. Tapi ternyata kelas X dan XI juga sama-sama stukol di Jogja, cuma destinasinya aja yang beda-beda. Kali ini angkatan gue dapetnya kaos warna tosca.
Gunung Papandayan
Pas udah selesai UN, beberapa anak angkatan gue ngadain naik gunung bareng ke Papandayan, Garut. Gue beserta sekitar 30an anak lain dan guru pendamping ikut naik ke sana. Pengalaman pertama gue naik gunung. Tingginya sekitar 2700 mdpl. Keren banget pemandangannya, di bawah ada pemandangan belerang, bagian tengah ada hutan mati yang sangat memukau, dan bagian atas ada pemandangan tanaman dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata.
foto wisuda
Akhir bulan Mei 2015 kami mengadakan wisuda atau perpisahan angkatan di Gedung Serba Guna sekolah kami. Yang cewek pake gaun warna pink dengan jilbab abu-abu dan wajib memakai sepatu dengan tinggi minimal 7cm. Yang cowok pake setelan jas dan celana warna abu-abu dengan pantofel hitam. Ga gampang pake sepatu tinggi buat orang kaya gue yang jalannya ga ada cantik-cantiknya sama sekali, sampe sering keselo beberapa kali, haha. Acara wisuda ini dihadiri para keluarga wisudawan/wati. Termasuk keluarga gue. Di sini, disebutkan banyak penghargaan mulai dari nilai UN terbaik, ranking atas, imam terbaik, hapalan terbanyak, dan lain-lain. Gue dapet satu penghargaan, yakni penulis al quran 30 juz. Ga cuma gue yang dapet penghargaan ini, beberapa anak lain juga ada yang dapet. Orang tua kami dipanggil dan maju ke atas panggung buat nerima al quran tulis tangan kami yang udah kami tulis selama 3 tahun. Kalo gue sih bapa gue yang maju. Alhamdulillah seenggaknya ada 1 prestasi yang gue dapet di sini yang bisa gue kasih ke orang tua gue.
foto bareng adek-adek absen waktu gue wisuda
Sekolah ini telah mengajarkan gue banyak hal, mulai dari susahnya berjuang sendirian demi bisa bertahan di sini, belajar mandiri hidup jauh dari orang tua dengan komunikasi yang terbatas bahkan pernah sampe beberapa kali kirim surat ke orang tua, belajar mengatur keuangan meskipun belum terlalu pandai ngaturnya, bisa mengenal dan memahami perbedaan tiap orang, belajar berani menghadapi kenyataan, berani mengambil resiko dari keputusan yang sudah diambil, mendapatkan banyak ilmu dari sekolah maupun ilmu kehidupan, banyak mendapat wawasan mengenai tempat tinggal teman-teman yang berbeda-beda, belajar memiliki mimpi besar dan berusaha untuk mewujudkannya, dan masih banyak lagi. Gue ga kebayang dah gimana jadinya kalo gue ga ambil kesempatan untuk bersekolah di sini, mungkin sampe sekarang gue masih jadi udik, mungkin gue masih menetap di kota gue dan ga tau apa-apa tentang dunia luar, mungkin gue sekarang ga berani keluar kota, mungkin, mungkin, dan mungkin yang lain-lainnya. Gue harus banyak-banyak bersyukur sama Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. Terima kasih kawan-kawan seperjuanganku di tempat ini. Kalian semua terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu