Langsung ke konten utama

Jadi peserta doang mah udah biasa, coba jadi panitianya ah..

Setelah gue merasakan menjadi peserta ospek, gue memberanikan diri untuk mencoba mendaftar jadi panitia ospek PPSMB fakultas gue. Tapi, setelah melihat-lihat divisi yang ada, gue kok ngerasa bingung ya mau pilih yang mana, akhirnya gue pilih divisi CARE (check and re-check) dan divisi pemandu. Waktu gue jadi peserta, ada salah satu divisi yang lumayan ditakuti, namanya MD (Mitra Disiplin). Kerjaannya ngatur kedisiplinan dari jam kehadiran peserta, atribut dan penugasan, moving peserta, sampe evaluasi. Tapi adanya divisi ini tentu mendapat beberapa kritik bagi pihak terkait seperti peserta dan dosen. Nah, divisi CARE itu merupakan inovasi dari divisi MD yang juga mengemban tugas kedisiplinan peserta dan panitia ospek namun dengan cara yang sedikit lebih ramah, kami tidak diperbolehkan menggunakan tensi tinggi saat berbicara di depan peserta. Kami juga mengevaluasi peserta dengan cara yang lebih ramah, dengan duduk bersama dan ditanyakan kesadarannya mengenai pelanggaran yang diperbuat.
CARE 2016
                 Gue akhirnya diterima di divisi CARE ini. Persiapannya lumayan panjang dan banyak hal yang harus dilakukan. Kami sering kumpul rapat bahkan hingga seharian full, udah gitu lagi bulan puasa pula, tenaga terbatas, haha. Tapi kami ga menyerah, justru dengan seringnya kami berkumpul, ikatan kami jadi terjalin semakin kuat, jadi sering becanda bareng juga, sampe tau bopeng satu sama lain gegara diawal kami sempat deep intro. Kami bersepuluh, 6 cewek dan 4 cowok. Gue banyak banget belajar dari mereka, mulai dari tepat waktu, belajar berbicara dengan baik dan benar, belajar fokus, dan belajar menjadi teladan baik.
                Di tahun selanjutnya, gue coba daftar kepanitiaan ini lagi. Saat itu gue coba daftar jadi ketua OC karena gue ngerasa cukup dengan pengalaman gue di kepanitiaan ini setahun lalu. Tapi, setelah diseleksi, gue ga jadi cuy, yang jadi temen gue. Ga apa lah ya, namanya juga coba-coba. Yang penting gue masih tetep bisa berkontribusi di sini meskipun ga jadi ketuanya.
MP 2017
                Gue pun daftar lagi jadi anggota divisi MP (Mitra Pengembangan). Divisi ini sama juga tugasnya kaya divisi CARE yang merupakan bentuk inovasi (lagi) dari CARE. Bedanya, divisi MP ini bener-bener ramah banget, kami harus pasang wajah senyum ke peserta, ga boleh galak-galak, ga boleh ngungkit-ngungkit kesalahan pelanggaran peserta lagi pas evaluasinya, pokoknya baik banget dah. Pas sore hari tugasnya refleksi ke peserta sambil ngasih quote yang bisa memotivasi mereka. Jadi wajarlah ya kalo peserta kali ini ga ngerasa ada tekanan atau apapun selama acara ospek berlangsung beda sama gue dulu yang tegang banget pas ada MD masuk ruangan atau sekedar lewat. MP isinya ada 10 orang juga, tapi kali ini cowonya lebih sedikit, cuma 2.
MP 2017
                Sebenernya gue pengen banget nyoba kepanitiaan ospek yang tingkat universitas. Gue pengen coba daftar cofas, tapi apa mau dikata, gue lupa tanggal pendaftarannya, gue baru sadar pas udah tutup. Parah banget emang. Haha, tapi ga apalah, mungkin ini udah takdir gue. Perjuangan di kepanitiaan ini, pas hari H berangkat sebelum jam 4. Apalagi gue bagian penegak kedisiplinan, harus ontime, atribut sesuai aturan, meriksa atribut panitia lain dan peserta, dan lain-lain. Tiap kali rapat, kalo ada yang telat, besok harus neraktir makanan ke temen-temen sedivisi.
                Kenapa gue pilih divisi yang kaya gini sih? Pertama, gue ngerasa belum punya skill di divisi lain, kaya acara, konsumsi, desain dan dokumentasi, dan perkap jadi gue ga mau trial error kalo belum punya pengalaman di bidang itu. Kedua, gue udah punya pengalaman dibidang kedisiplinan semasa SMA, jadi seenggaknya pengetahuan gue ga kosong banget mengenai ini. Ketiga, tampang gue udah sangat mendukung gue untuk menjalankan peran ini. Gue diem aja udeh keliatan serem kan? Hahaha, true.
                Tapi gua di sini juga dapet banyak hal, dapet pengalaman berharga yang mungkin ga gue dapetin di tempat lain, jadi lebih kenal sama anak-anak lain, temen angkatan maupun lintas angkatan, dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu