Langsung ke konten utama

Masa Remaja Tanggung

Alhamdulillah, gue tamat SD. Setelah 7 tahun bertahan di satu sekolah yang telah membawa gue jadi orang yang lebih tinggi derajatnya dibanding orang-orang seusia gue yang ga beruntung mengenyam bangku sekolah. Gue tamat SD dengan total nilai UN 26,80 dari nilai maksimal 30, lumayan lah.

handmade by my bro "cilik" dari pelepah pisang
Selesai SD pasti langsung ngincer SMP yang diidamkan kan? Nah cerita gue di sini berbelit-belit. Sebelum tamat SD, gue sama satu orang temen gue diminta sama sekolah untuk daftar ke SMP favorit yang punya program SBI (Sekolah Berstandar Internasional) & SSN (Sekolah Standar Nasional). Di sana ada beberapa tahap seleksi, ada tes tulis, ada praktek komputer juga. Nah waktu praktek komputer ini kocak banget, gue udah lumayan tau beberapa mengenai pengoperasian word, rata kiri, rata kanan, rata tengah, bisa tuh, tapi waktu disuruh 'save' gue lupa mesti klik yang mana, hahaha. Alhamdulillah lumayan lah, nah temen gue nih kasian banget, dia kayanya belum pernah pake komputer, sampe-sampe tombol spasi aja ga tau, wkwk, emang cupu banget sih kita dulu, ga diajarin komputer waktu di SD. Dulu pernah belajar komputer cuma sekali di warnet punya sodara bareng sama temen-temen gue, pas pertemuan kedua udah distop gegara gue bawa temen kebanyakan, susah diajarinnya.
Nah udah kan tesnya, terus nunggu pengumuman tuh, dan ternyata Alhamdulillah gue sama temen gue diterima di SMP itu. Gue ranking 160 dan temen gue ranking 204 (kalo ga salah) total yang diterima ada 210 siswa. Ada seorang siswa cowok nangis gegara ga diterima di sekolah itu. Ya ampun kesian amat tuh cowok. Dan selanjutnya keputusan gue dan temen gue sama, kami ga ambil kesempatan masuk sekolah itu. Orang tua gue agak keberatan kalo gue harus sekolah di sana, SPPnya mahal, gais, yang SBI sebulan 250 ribu, yang SSN sebulan sekitar 100 ribu. Akhirnya gue lepas tuh sekolah favorit.

Next, gue mikir lagi mau sekolah ke mana ya..
Akhirnya gue dan orang tua gue sepakat mau coba daftar ke SMP 1, SMP langganan anak-anak SD gue. Di sana ada program SSN. Orang tua gue berharap gue bisa masuk ke program SSN itu. Tapi, ga tau kenapa, gue lupa alasannya, gue ga jadi daftar ke sana. So, mikir lagi deh mau lanjut ke mana. Sempat ada pikiran mau masuk pesantren aja. Dulu Aa juga di pesantren waktu SMP. Rencananya sih ke Cirebon aja. Tapi ga tau kenapa (gue lupa) ga jadi juga daftar ke pesantren.
Terus setelah berpikir lagi, gue akhirnya diminta daftar ke MTs negeri. Di sana ada guru yang kenal sama bapa gue. Masih ada hubungan sodara. Selain itu, gue juga try out di sini dapet ranking 1. Gue udah punya prestasi awal. Akhirnya gue daftar ke sini, seinget gue seleksi masuknya ada tes baca Al quran. Gue sih pede aja, kan udah bisa baca. Setelah selesai seleksi, kita dibagi hasilnya kan, dan ternyata gue dapet nilai tertinggi dari semua peserta seleksi masuk. Gue waktu itu ga terlalu kaget sih soalnya gue dengar-dengar sekolah ini semacam sekolah 'buangan' jadi banyak siswa yang udah ga keterima di mana-mana akhirnya daftar di sekolah ini dan pasti diterima.

Perjalanan masa SMP gue pun dimulai. Gue masuk di kelas B. Gue ga sendirian dari SD gue, ada 2 temen gue yang lain dan kami sekelas. Dulu waktu hari pertama masuk, gue sendirian, gue diem aja, tampang gue kan agak serem, judes, jutek, jadi temen-temen gue pada ga berani ngajak gue kenalan. Oh ya, waktu MOS (masa orientasi siswa) kami diminta buat bawa beberapa barang yang nama-namanya disamarkan, kaya telor asin disebutnya 'batu biru', gerr* chocol**** jadi 'coklat dililit tepung', e*tra Jo** jadi 'tangan dilaminating' dll. Di leher gue dikalungin permen-permen, e*tra Jo**, dan telor asin, di pinggang gue di pajang chocol****, roti, dll, terus kita diminta bikin topi toga (buat cewek), yang cowok kalo ga salah pake topi dari bola plastik. Terus ada pawai pake sepeda hias, kami juga diminta bawa dot (tanpa botol) dan waktu naik sepeda hias itu kami diminta buat pake dotnya, ih benar-benar perpeloncoan banget tuh, kok gue mau ya? Cupu banget emang, wkwk.
ini kelas berapa yak?
Setelah gue jalani jadi siswa di sekolah ini, gue ngerasa bahagia. Gue punya temen-temen yang baik banget, mereka kebanyakan dari 1 SD yang sama jadi mereka udah kenal akrab. Gue punya beberapa cerita pengalaman konyol di sini. Waktu awal-awal gue sering di-bully anak-anak cowok gegara cara jalan gue yang ga kaya cewek pada umumnya, kalo gue lewat gue sering dikatain "minggir ada robot mau lewat" atau "minggir ada orang sunat mau lewat". Dulu gue masih ga sadar kalo cara jalan gue itu aneh banget, beda sama cewek-cewek biasanya, gue jalannya ngangkang, kaki gue ngadepnya melebar gitu, ya pokoknya gitu lah, gue kaya gini mungkin karena gue kaya Mama gue. Mama gue juga jalannya gitu kok, rada maco emang, Haha. Dulu gue juga sering dikatain galak. Sering banget gue kejar-kejaran ama cowok urusan bully doang.
Ngomong-ngomong soal prestasi akademik, di sini gue lumayan beruntung. Gue dapet ranking 1 terus selama sekolah di sini. Dulu gue jarang kena remed, tapi temen-temen gue sering banget, sampe guru sering minta tolong ke gue buat ngoordinir temen-temen yang remed.

Gue dari kelas 7 sampe 9 dapet kelas yang sama, kelas B. Dengan temen-temen yang mayoritas sama, paling cuma sebagian kecil yang pindahan dari kelas lain. Kelas gue kalo jam istirahat sering nongkrong di warung langganan, nama pemilik warungnya biasa dipanggil Bi Fat. Sampe udah perpisahan kami masih sering nongkrong di situ. Sekarang sih udah ngga.

Gue tiap sekolah selalu naik sepeda. Sekitar 15-20 menit lah dari rumah. Bareng temen SD gue. Paling kalo ujan aja sesekali naik angkot, tapi jalan dari tempat angkot berhenti ke sekolah gue juga cukup jauh, soalnya masuk gang.

Gue di sini lumayan aktif. Gue ikut ekstrakurikuler Pramuka dan gue masuk anggota paskhas (pasukan khas) atau dulunya disebut pasus (pasukan khusus) ditahun pertama. Tahun kedua otomatis lanjut jadi dewan kerja, dewan kerja di sini ada 2, Pramuka dan PMR. Gue masuk ke dewan kerja PMR. Kerjanya dewan kerja jadi tukang ngajarin adik kelas. Dulu ngajarin sih, tapi cuma nulisin ke papan tulis dari buku pedoman. Di ekskul ini mental gue diuji banget. Pelantikannya aja malem-malem ada hiking malem, diiket tangannya berdua, cewek & cowok, gue waktu itu bareng sama partner gue, saingan gue di kelas. Kami bawa lilin dan korek sebagai penerangan. Harus lewat rute yang telah ditentukan, dan diakhir, kami dikumpulkan di kuburan. Tiap orang menghadap ke sebuah kuburan yang ada badge atau lencana yang sudah dinamai, setelah itu diminta untuk mendoakan kuburan itu. Di sini kami ditakut-takuti sama kaka-kaka kelas yang menyamar berdandan kaya hantu-hantu gitu. Banyak yang nyebut-nyebut kalimat Allah gegara pada takut dan kaget ngeliat mereka. Kocak banget deh pokoknya, kami nginep di sekolah, di ruang-ruang kelas. Besoknya pas mau dilantik, kami dimarah-marahin dulu sama kaka-kaka kelas, dewan kehormatan, pelatih, dll. Emang udah tradisi kaya gini, tapi menurut gue ini lebay soalnya ada yang pura-pura pingsan juga dari mereka, kan lucu. Abis itu ya.. udah dilantik, ketawa-ketawa, dll. Anak dewan kerja jadi anak-anak yang aktif banget kalo ditugasi jadi petugas upacara, lomba baris berbaris, sama acara kemah. Oh iya, pas gue jadi dewan kerja, sekolah gue tiba-tiba ngadain ekskul paskibra, ah.. gue ga bisa pindah ke sana. Padahal salah satu impian gue adalah jadi seorang paskibraka yang bisa ngibarin bendera di istana negara, gue kecewa banget tuh. Tapi ya udah gue jalanin aja. Di dewan kerja juga ga rugi kok. Di sekolah ini OSIS nya ga terlalu jalan, ada sih strukturnya, tapi isinya orang-orang dari dewan kerja juga, struktur cuma sekedar struktur. Gue masuk struktur jadi bendaha 2 kalo ga salah. Tapi gue ga ngerasa kerja apa-apa.

bareng Yuni (sayu)
Lanjut, gue pernah jadi perwakilan sekolah gue buat presentasi tentang suatu program belajar dari DBE (Decentralized Basic Education) 3, gue sama kepala sekolah gue ke Bandung naik Travel, di hotel grand Aquila, Pasteur Bandung. Di sana perwakilan dari kota gue ada 2, gue sama anak SMP 1. Kami presentasi mengenai program belajar ini. Kami juga kenalan sama siswa-siswi dari kota lain, ada yang dari Garut, Bogor, Sukabumi, dll. Acaranya cuma 2-3 hari. Gue baru pertama kali nginep di hotel nih. Maklum, bocah kampung. Pas pulang kami dikasih amplop nih, ternyata isinya uang yang lumayan banyak. Alhamdulillah rejeki anak shalih.



Pas kelas 3 gue bikin geng ceritanya sahabatan, berempat, gue sama 3 cowok. Kami sempat main ke tempat rental alat musik, gue sih ga main apa-apa di sana Haha, kami juga main ke rumah salah satu diantara kami, bergiliran. Kadang gue ngebatin, kenapa baru pas akhir-akhir gue deket ama mereka. Pas gue SMA di luar kota, saat liburan, mereka masih sempet main ke rumah gue, atau kita main ke sport Center, dll.

Kami bikin grup kelas di FB, sampe sekarang masih cukup aktif, terutama pas libur lebaran, rencanain bukber. Di BBM juga ada grup, tapi gue udah ga pake BBM lagi jadi ga tau keadaan grupnya. Tiap-tiap tahun kami menyempatkan agenda berkumpul bersama entah itu bukber atau liburan biasa terus main ke sekolah. Untuk tahun 2017, agak beda nih, bukbernya dibuat untuk satu angkatan, tapi yang dateng ga banyak, sedih gue, tapi ga apa sih, yang penting acaranya jadi. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan kumpul. Banyak temen yang kerja di luar kota, luar negeri, ada yang udah berkeluarga, fokus kuliah, dll. Jadi agak sulit mengumpulkan mereka dengan lengkap. Semoga ke depan bisa lebih banyak lagi yang hadir.

Dewan kerja sedang upacara


Dewan kerja 
Berhubung laptop gue ilang, banyak foto-foto masa SMP yang gue simpen di sana, jadi ikut ilang semua, jadi gue cuma bisa ngepost foto dikit doang.

Foto untuk buku tahunan kelas 9B


2014 main ke sekolah, nongkrong di warung langganan 

Kondangan di salah satu temen kelas 


Bukber 2017 seangkatan tapi yang dateng segini
Bukber 2018 seangkatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu