Langsung ke konten utama

Sekolah Agama yang Biasa disebut 'Madrasah'

Hai gais, sorry gue baru nulis lagi. Kali ini gue mau cerita masih tentang jaman sekolah. Dulu pas gue masih SD, tiap siang gue ikut sekolah agama, biasanya disebut 'Madrasah'. Madrasah ini gedungnya ada di satu area bareng sama gedung SD & masjid desa. Biasanya madrasah diadakan dari jam 13.30 sampai jam 17.00. Mata pelajaran yang diajarkan seputar pengetahuan agama, seperti fiqih, akidah akhlak, bahasa Arab, Al quran & hadits, sejarah kebudayaan Islam, khat & imla, dan BTQ (baca & tulis Quran). Madrasah ini punya beberapa jenjang diantaranya dari TKA (Taman kanak-kanak Alquran), TPA (Taman pendidikan al quran), dan MDA (Madrasah Diniyah awaliyah). Untuk TKA & TPA masing-masing 1 tahun, untuk MDA lama pendidikannya 3 tahun (ada dari kelas 2, 3, hingga 4). Setelah itu lulus. Madrasah ini kalender akademiknya mengikuti kalender Hijriyah jadi beda sama kalender akademik di SD. Madrasah diadakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Biasanya tiap siang selalu pelajaran, kemudian istirahat & shalat ashar, dilanjut ngaji (bagi yg masih iqra membaca iqra, bagi yang sudah bisa membaca Al quran membaca Al quran dengan disimak oleh guru). Tiap Sabtu sore agendanya adalah senam bersama di lapangan depan masjid.

Foto waktu lulus TPA


Beberapa kenangan waktu madrasah, hmm ga banyak sih. Dulu waktu SD kan gue ga naik kelas tuh, di madrasah gue naik kelas, jadi temen-temen SD gue jadi adek kelas gue di madrasah, gue lulus duluan,  Selain itu, di madrasah prestasi akademik gue cukup baik tapi ga selalu ranking 1, pernah gue dapet total nilainya persis sama kaya temen gue yang tertinggi tapi gue ga dapet ranking 1. Kayanya dulu waktu madrasah sering banget ranking itu lebih dari orang, contohnya ranking 2 ada 2 orang, ranking 3 ada 3 orang, soalnya nyesuaiin jumlah nilai rapot.

Dulu di madrasah kalo naik kelas pasti ada pengajian, dan selalu ada pengumuman penghargaan bagi anak-anak berprestasi dari ranking hingga perlombaan yang diikuti.

Oh iya, dulu gue pernah jadi perwakilan dari madrasah gue buat ikut pesantren kilat sekecamatan. Gue berdua sama temen gue. Di sana gabung sama temen-temen baru. Tidur di sebuah asrama yang di dalamnya ada ranjang tidur yang tingkat, itu pertama kalinya gue lihat langsung ranjang tidur tingkat, wkwk. Pas sahur gue dijenguk sama emak, aa & adek gue, dan dibawain banyak banget makanan, sampe dibawain blewah yang udah dikupasin, padahal gue udah dapet jatah makan dari pihak penyelenggara, jadi jatah makan gue dibuang deh, hiks. Selain pesantren kilat, gue juga pernah jadi perwakilan madrasah sekaligus perwakilan untuk kecamatan gue buat ikut lomba murottal di Hari Amal Bakti (HAB) departemen agama, Alhamdulillah gue  tingkat kabupaten 1. Lucu banget waktu itu 3 hari nginep di tenda gitu, bareng temen-temen perwakilan kecamatan. Waktu itu akhir tahun 2007, pas gue masih kelas 5 SD. Yang dapet juara 1 selain gue ada dari cabang hapalan juz amma, dia temen se madrasah gue, sama lomba cerdas cermat juga juara 1, temen gue juga, tetangga, tapi ga semadrasah. Sebelum lomba, gue les murottal dulu di guru gue, lumayan jauh sih, tapi waktu itu ga lama lesnya, dan gue ngerasa kemampuan gue bertambah. Beliau qari' gitu, dan sering jadi juri perlombaan murattal.

Dulu bapa gue jadi guru di madrasah. Tapi sebelum gue lulus, beliau udah pensiun. Aa juga dulu kerja di madrasah gue. Gue lupa posisinya di mana, kayanya sih dibagian administrasi. Tapi ga lama, kurang lebih cuma setahun.

Foto ijasah MDA
Hmm, gue ga punya banyak dokumentasi waktu madrasah juga nih. Di madrasah kalo udah selesai TPA pasti pake toga dan pawai keliling desa bareng semua murid madrasah, untuk kelas 4 (yang udah mau lulus madrasah) ceweknya pake baju kebaya. Sayang banget gue ga punya dokumentasi itu semua, hiks. Oh iya, semua cerita tentang madrasah ini merupakan kisah yang terjadi waktu gue jadi murid di madrasah, mungkin kalo sekarang udah banyak banget perubahan. Gue ngerasa pengetahuan seputar agama yang gue miliki, dasarnya dari belajar di madrasah ini, yang selanjutnya gue belajar agama lagi di SMP dan SMA. Dulu gue beberapa kali ngerasa males buat berangkat madrasah, iya lah, udah siang hari, capek dari pulang SD, dll. Tapi itu jadi kekhilafan gue sih, sekarang gue udah ga boleh males lagi, karena sekarang udah paham pentingnya ilmu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu