Langsung ke konten utama

Masa SMA, Masa yang Paling Bahagia, Katanya (part 1)

Orang bilang, masa SMA merupakan masa yang paling indah, paling bahagia, paling berkesan, dsb. Gue lumayan setuju sama pendapat ini, tapi bahagia di sini bukan mengenai kisah kasih di sekolah atau apalah, melainkan bahagia berjuang bersama keluarga baru yang bikin haru :').

Ok, biar ga bingung, gue jelasin dari awal perjalanan gue nyari SMA dulu. Gue awalnya belom ada bayangan atau target mau sekolah di SMA mana, sampe suatu saat guru SMP gue ngasih info kalo ada sekolah berasrama yang beasiswa. Gue ga kepikiran mau sekolah asrama, tapi akhirnya gue coba daftar aja. Gue sama 2 temen SMP gue bersedia daftar. Pendaftaran dilakukan secara online, semua berkas diurus sama guru gue yang nawarin itu. Gue tinggal nunggu hasilnya aja. Dan.. gue sama 2 temen gue dinyatakan lulus seleksi berkas. Gue beruntung tuh, disaat anak lain susah-susah daftar dan ga lulus seleksi berkas jadi ga bisa ikut tes, gue cuma didaftarin, tinggal duduk manis, nunggu hasil, dan tau-tau lulus, bisa ikut tes tulis deh. Tesnya diadakan dibeberapa kota tertentu aja. Waktu itu ada 2 pilihan sekolah yang sama-sama beasiswa itu, satu di Serpong, Banten, dan satu di Gorontalo. Guru gue nyaranin gue buat daftar di Serpong aja, ya gue pun nurut. Gue didaftarin buat ikut tes yang berlokasi di Bandung. Tepatnya di MAN Cijeurah (kalo ga salah). Beberapa waktu sebelum tes, 2 temen gue ngundurin diri. Jadilah gue seorang diri yang lanjut tes. Gue ditemenin pak guru gue yang ngurusin pendaftaran itu. Kami nginep di kontrakan muridnya pak guru yang lagi kuliah di UIN Bandung. Berangkat naik bus, pulang juga naik bus.

Waktu tes dilakukan seharian, dari pagi sampe jam 5 sore. Pelajaran yang dites banyak, dan susah-susah. Gue lupa sih soalnya kaya gimana. Mungkin gegara saking susahnya sampe gue asal jawab aja, jadi gue ga ingat-ingat soalnya kaya gimana. Yang gue inget pelajaran terakhir yang dites adalah bahasa Arab. Sekolahnya Madrasah sih, jadi ada bahasa Arabnya juga. Ya seperti biasa, gue jawab sembarangan aja, yang gue paham gue jawab duluan, yang ga paham ya gue jawab belakangan dan ngasal aja. Kepala udah pusing, penat, udah banyak mikir dari pagi. Setelah selesai tes, karena kesorean, akhirnya kami nginep lagi di tempat semalem. Besoknya kami pulang.

Setelah itu, ya gue tinggal nunggu hasil. Gue ga ada rasa berharap yang berlebihan. Itu kan sekolah beasiswa, bagus banget, dan udah terkenal se-Indonesia, seleksinya juga lumayan ketat, cuma siswa yang ranking atas-atas diparalelnya yang boleh ikut daftar. Hadeuh, mesti gue cuma butiran debu diantara para pendaftar lainnya. Tapi meskipun gue ga berharap di sekolah itu, gue juga ga ada semangat buat daftar SMA lain. Pilihannya paling ya kalo mau SMA di kota gue lagi ya di MAN aja. Gue nyari SPP yang murah, hehe.

Pengumuman pun tiba. Gue nyari-nyari pengumuman bingung sendiri, soalnya kan guru gue yang daftarin, jadi beliau yang tau akun gue buat log in liat pengumuman. Akhirnya gue nyari info dari link lain. Ada tuh, di blog seseorang, pas gue liat, yang diterima di Serpong ada 120, dan gue masuk salah satu diantara mereka. Dulu gue pas ditanya temen gue 'Om kalo lu diterima di sana, bakal diambil ga?' gue jawab 'ya liat rankingnya dulu, kalo gue masuk ranking atas, gue ambil, tapi kalo gue masuk ranking bawah, ga gue ambil' (wkwk gaya beut gue), dan ternyata di pengumuman di blog itu ga diurutkan berdasarkan ranking hasil tes, tapi urut abjad aja. So, gue ga tau gue ada di ranking berapa. Gue lupa ceritanya kenapa gue ambil. Padahal gue sama sekali belom tau segimana bagusnya sekolah ini. Dan gue udah punya 2 kali kesempatan bersekolah di tempat yang bagus tapi ga gue ambil.

Gue fix ambil sekolah ini. Gue cari-cari info mengenai sekolah ini. Berhubung gue sering buka Facebook, gue pun cari-cari akun murid sekolah ini buat gue tanyain. Dapetlah tuh, terus gue chat, gue tanya-tanya, dan dijawab dengan antusias dan jawaban yang bikin makin termotivasi buat cepetan masuk ke sekolah itu. Gue nyiapin banyak banget, mulai dari mental, fisik, barang-barang yang harus dibawa, dll. Banyak banget bawaannya, mulai dari baju, kerudung yang diatur lah, ga boleh tipis, sepatu hitam, ember, bantal, setrika, sapu, dan banyak lainnya. Kalo ada yang bawa uang jajan berlebihan, bawa barang-barang yang ga perlu, bawa makanan, bakalan disita sama panitia MOS (kakak-kakak kelas). Orang tua gue ngasih makanan setelah penyitaan barang-barang selesai. Jadi, gue lolos bawa makanan ringan, Haha, gue makan di kamar bareng temen-temen kamar gue.


Oh ya, waktu itu pertama kali masuk sebelum Ramadhan, gue dianterin keluarga dan tetangga gue. Naik Travel sewaan. Setelah selesai pengecekan barang-barang, para siswa baru dibarisin dilapangan berdasarkan kamar. Gue masuk kamar 312J. Woah, lantai 3, mantap tuh angkut-angkut barangnya. Setelah urusan orang tua selesai, kami berpisah. Udah tuh, orang tua gue pamit pulang. Setelah mereka pulang, gue sempet sedih, ada temen gue juga yang nangis pas pamitan, tapi yang lain banyak yang ga nangis, biasa aja.

Setelah itu, para siswa baru memindahkan barang-barangnya ke kamar masing-masing. Gue sekamar sama orang-orang yang beda provinsi semua, ada yang dari Serpong, Banten, dari Kebumen, Jateng, dan dari Kediri, Jatim. Satu kamar berisi 4 orang. Angkatan gue ceweknya ada 64 orang dan cowok 56 orang, jadi pas semua kamar berisi 4 orang.

Seminggu pertama kami mengikuti kegiatan MOS yang disebut PTS (pekan ta'aruf siswa). Nama acaranya PTS Al buruuj (gugusan bintang). Para siswa baru memakai seragam kemeja putih, bawahan hitam panjang, kerudung putih (persegi), sepatu hitam full, dan kaos kaki putih, selain itu kami membawa 'nyawa' berupa topi, gelas plastik, buku, dan tas kresek. Di acara ini, ada salah satu divisi kepanitiaan yang kerjanya marah-marah kalo kami ngelanggar. Namanya sie tatib (tata tertib), ada 4 cewek & 4 cowok. Cirinya pake topi hitam. Kami dipaksa untuk hapal nama semua sie. Tatib dan seluruh teman angkatan. Waduh, berat banget itu menurut gue, soalnya gue orangnya sering ga peduli sama nama orang, jadi gue mesti kerja keras buat ngapalin itu. Kami dikasih kesempatan 7 menit buat lari dari masjid, ke asrama, ganti baju, dan baris lagi di lapangan. Waktu itu gue sengsara banget, bro, iyalah, kamar gue dilantai 3, mesti lari 7 menit, sampe kaki gue kekilir. Gue ngeliatin kakak kelas kok mereka ga sampe segininya ya, lari 7 menit, kenapa kami (siswa baru) harus lari 7 menit, ah tapi ga ada waktu buat protes. Turutin aja lah. Kalo telat lari, kami bakal dikasih tompel (lakban warna hitam atau merah yang dibentuk terus ditempel di muka) harus dipake selama acara ini berlangsung, yup, seminggu. Makin banyak tompel yang tertempel, tandanya itu anak sering telat. Gue lupa dapet tompel berapa. Kami juga harus membawa 'nyawa' kami dengan lengkap, kalo ngga, dapet pelanggaran. Setiap kami lewat dan papasan sama siswa lain, kami harus mengucapkan salam & memberi senyum. Tapi cewek sama cewek, dan cowok sama cowok aja. Tiap makan di kantin (tempat makan rutin 3X sehari), kami harus menghabiskan makanan dan merapihkan kursi yang telah kami tempati. Tiap ketemu guru harus cium tangan & salam (cium tangannya ke guru yang sejenis kelamin yo). Kami tidur di living room asrama kelas 3. Satu ruangan dipake 64 orang, empet-empetan. Jam 10 harus udah tidur, dan jam 3 pada bangun. Acara dimulai setelah sholat subuh sampe malem, padet banget, jadi satu-satunya waktu luang adalah sebelum subuh, waktu itu kami pake buat nyuci, dll. Tiap pagi abis sarapan, kami senam. Setelah itu dilanjutkan kegiatan lain. Pas hari akhir PTS, kami diminta untuk berkenalan dengan seluruh civitas sekolah, boleh dari guru, karyawan, maupun para kakak kelas & alumni. Pas malam Minggu, rame alumni pada dateng, malem ini disebut 'anjangsana'. Kami diminta untuk berkenalan dan meminta tanda tangan mereka, sambil ngobrol sedikit biar ramah tamah aja. Pas malem ini, kami menghitung hasil kenalan dan tanda tangan di buku tugas, minimal 200 (kalo ga salah). Gue ga bisa ngitung punya gue, soalnya banyak kakak kelas yang ga nulis nama, cuma nulis nama kelasnya terus langsung ditandatangani buat banyak orang, heuh. Akhirnya kami dimarah-marahin sama kakak tatib, disuruh baending (buat cewek) & push up (buat cowok), sekitar 70an kali. Sampe banyak temen-temen yang gugur, pada ke medis, dan kaki gue pun gemetaran gegara banyak banget bendingnya. Setelah itu kami dapet surat hasil PTS kami, apakah kami lulus atau ngga, dan ternyata kami lulus, semua langsung sujud syukur, terharu banget, ditambah para kakak kelas menyanyikan lagu mars sekolah, merinding banget rasanya, semua kakak tatib pun untuk pertama kalinya memberikan senyuman kepada kami, dan kami memeluk mereka, wuaaah pokoknya haru banget suasananya, pas lagi capek-capeknya jadi ilang semua deh capeknya.

Semenjak kami masuk sampe 2 Minggu pertama kami ga boleh nelpon orang tua. Oh ya, di asrama, kami ga boleh bawa hp, tapi boleh bawa laptop (buat belajar). Dari asrama nyediain HP buat tiap angkatan. Waktu pake hp cuma boleh di hari Sabtu & Ahad. Selain itu bakal disimpan sama wali asrama. Setelah 2 Minggu pertama itu, kami dikasih kesempatan nelpon, karena baru pertama kali nelpon, kami antri banget, saking banyaknya yang antri sampe dibatesin satu orang maksimal 15 menit. Ada satu temen kamar gue yang rumahnya di Serpong, dia nelpon rumahnya pake telpon umum yang pake koin itu, di samping pos satpam, karena gue ga paham, gue pun ikutan nyoba nelpon ortu gue pake telpon umum, tapi kagak pernah nyambung, ya iyalah, itu telpon keknya cuma buat lokal Jabodetabek doang, haha, sotoy nih gue.

Setelah masa PTS berakhir, dilanjut masa matrikulasi. Kami dibagi jadi 5 kelas, satu kelas berisi 24 anak. Gue masuk di kelas matrik 1, kata orang-orang matrik 1 angkatan ku ini isinya anak-anak yang pandai bahasa Arab, soalnya nilai pelajaran bahasa Arab kami lebih gede dibanding nilai pelajaran lain, terutama matematika, hahaha. Gue juga ngerasa gitu sih. Kelas matrik 1 ini jadi kelas matrik yang cukup solid dibanding kelas matrik lainnya. Kami sering ngadain kumpul meskipun kami udah selesai matrik, sampe kelas 3 kami masih suka kumpul, sampe kami bikin nama 'Neo Maxis' gue lupa filosofinya, yang jelas tiap kali kami kumpul pasti makan, sesederhana apapun, kalo ada yang ultah ngadain traktiran, terus doa bareng, sampe kami bikin jaket lekbong, warna putih, ada tulisan Neo maxisnya tapi sayang ukurannya pada kekecilan, wkwk. Setelah sebulan kami di asrama, kami pun pulang karena libur lebaran.

Gue dijemput keluarga gue, ada bapa, Aa, sama adek gue. Mereka liat-liat asrama gue, gue tunjukin kamar & kasur gue. Kasur gue waktu itu di atas (ranjang tingkat). Mereka juga liat-liat kelas gue, tapi waktu itu karena udah sore jadi udah dikunci ruangannya. Setelah itu, kami pun pulang.

Hoaah.. pengalaman pertama gue, jadi anak asrama. Apa-apa diatur, sholat subuh, magrib, & isya wajib di masjid, makan 3X sehari di kantin wajib diabisin, nelpon diatur, pake laptop pun cuma di jam tertentu doang dan laptopnya diatur (maksimal 11'', ga boleh ada CD roomnya, processornya diatur, dll), keluar asrama cuma dua Minggu sekali, itupun kalo dapet ijin (kalo ga lewat batas pelanggaran), hubungan sama lawan jenis pun dibatasi meskipun kami sekelas dicampur, jalur jalannya pun dibedakan untuk cowok sebelah mana, cewek sebelah mana. Yang aku seneng di sini adalah satu kamar berempat dengan 1-2 kamar mandi jadi antriannya ga panjang. Di sini ada sistem gura-siwa (guru asuh & siswa asuh) guru tersebut yang terus memantau kami. Kami (para siswa) dari berbagai angkatan dikelompokkan dan mendapat seorang guru asuh. Ada gura yang sering ajak siwanya kumpul makan & jalan, ada gura yang jarang banget kumpul. Kalo gura gue lumayan lah, pernah jalan piknik, ibunya juga baik banget. Pernah ngasih aku notes buat penyemangat.

Sorry banget karena laptop gue ilang, jadi gue belum bisa upload foto-foto mengenai ini semua.

Hmm nampaknya masa SMA ini tulisannya bakal banyak banget, jadi gue bikin berpart-part, biar enak bacanya, dan biar gue ga capek nulisnya, wkwk, ini baru sampe kelas matrikulasi loh ya~
Bersambung...

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu