Langsung ke konten utama

Ngerjain Skripsweet Eksperimen cuma 4 Bulan???


Bismillahirrahmanirrahim…
Sebelumnya gue sempet bikin survey di ig tentang skripsweet (alias skripsi) gue apakah perlu dibikin blog atau ngga, dan ternyata mayoritas vote “bikin!” (ya meskipun ga seberapa yang jawab voting gue hehe). Let’s begin the story..
Di fakultas psikologi UGM, mulai semester genap tahun ajaran 2016/2017 ada mata kuliah wajib sebelum ambil skripsi di semester setelahnya yaitu Teknik Penulisan Skripsi (TPS). Output dari mata kuliah ini adalah proposal skripsi. So, pas KKN (antar semester 6 & 7) itu seharusnya kita udah lega sama urusan skripsweet, karena pulang KKN bisa langsung ambil data dan analisis. Tapi… faktanya, ya kalian bisa kira-kira sendiri lah ya. Namanya juga kebijakan baru, jadi butuh penyesuaian sama sistem yang ada. Baru beberapa mahasiswa doang yang bisa menjalani kebijakan itu sesuai idealnya.
ekspresi habis sidang
Angkatan gue (2015) yang mayoritas ambil matkul TPS semester genap tahun ajaran 2017/2018 emang pada ngerjain sesuai perintah, proposal udah pada selesai diakhir semester karena jadi UAS kami. Nilai yang didapat berasal dari 2 sumber yaitu nilai dari dosen kelas dan dosen pembimbing proposal. Tapi, realita dibalik proposal-proposal yang terkumpul sebagai tugas UAS itu tidak sebagus kelihatannya guys. Yup, banyak dari kami yang ngerjain itu cuma sekedar pengen ngumpulin biar dapet nilai, biar ga jelek nilainya, sekedar formalitas doang. Kalo dilihat isinya, beuh, ga tau deh itu kayanya alur, kaidah kepenulisan,  dll pada bener apa kagak. Udah jadi prioritas paling bawah, karena yang paling penting adalah dikumpulin!!! (ini mungkin ngga bisa digeneralisir ke seluruh anak angkatan gue, cuma beberapa aja yang gue ga tau jumlahnya, tapi ini yang gue rasakan).
Adapun cerita TPS gue, ya kurang lebih kaya di atas. Gue dapet inspirasi tema dan desain penelitian dari kelompok lain waktu PIMNAS di Makassar tahun 2017 dan skripsi kating. Gue asal ngerjain aja, proposal asal jadi istilahnya, karena kebanyakan asal nyomot teori dan asal masuk-masukin ke proposal gue.  Ga banyak ngeliat isinya. Mengenaskan. Gue selesai dan ngumpulin proposal sesuai timeline, yakni pertengahan tahun 2018, sebelum KKN. Jadi, pas KKN gue udah punya proposal penelitian, ya meskipun isinya masih belum jelas, tapi seenggaknya bisa lah ya buat pamer ke temen-temen KKN kalo gue udah selesai proposal skripsweet wkwkwk karena setau gue waktu itu yang udah nerapin kebijakan bikin proposal skripsi semester 6 itu baru fakultas gue.
Singkat cerita, pulang KKN gue masuk semester 7, tinggal 2 mata kuliah pilihan dan 1 matkul skripsi (yup, cuma bimbingan-bimbingan aja sama dosbing). Tapi, sayangnya, gue yang semester 7 itu masih aktif di organisasi, lebih banyak “mangkir”nya dari skripsweet huhu :’( jangan ditiru yaaa. Serasa mengambinghitamkan organisasi dengan skripsweet. Alhasil, semester 7 gue ga nyentuh skripsweet blas, pun kalo ketemu dosbing paling cuma 1-2X doang dalam satu semester itu. Dosbing gue ga terlalu mempermasalahkan proposal skripsweet yang udah gue bikin itu.
Semester 8 pun tiba, gue masih males-malesan buat nyentuh skripsweet tapi seenggaknya gue masih lebih mending dari semester 7. Gue mulai memaksakan diri buat janjian sama dosen, ketemu, bimbingan tiap pekan. Alhamdulillah dosbing gue meskipun sibuk tapi lumayan bisa meluangkan waktu buat ngasih bimbingan ke anak-anaknya tiap pekan. Biasanya Senin atau Rabu siang jam 1 di ruangan beliau.
Setelah beberapa pertemuan, hingga tiba di bulan Mei, yang mana gue lagi semangat-semangatnya mau ambil data, tiba-tiba gada ujan gada petir, dosbing gue minta gue ngubah variable skripsweet gue dong :’(( it means gue kudu ngerombak ulang proposal yang udah gue susun sedari semester 6. Kalo variable ganti, teori juga ganti dong, alat ukur pasti ngikut ganti juga, menyisakan desain penelitian aja yang sama :’) karena skripsweet gue eksperimen. Ya Allah, sedih banget gue waktu itu. Bener-bener gada tenaga pas keluar ruangan, gue pengen nangis. Gue chat mba Nur “mba, aku kuat kan ya?” saking bingungnya ama diri gue. Gue pun ngebut ngerjain itu semua karena gue pengen cepet-cepet ambil data. Dosbing gue nyaranin gue buat ngerjain bab 3 (metode) dulu baru nanti bab 1 & 2 ngikut. Pun, gue juga ngerasanya lebih enak kaya gitu, kalo penelitian eksperimen emang ga sabar buat ambil data, karena bagian itu yang cukup crowded. Kalo udah ambil data, rasanya plong banget tuh.
Ga lama setelah mengalami perubahan proposal itu, gue langsung bangkit bimbingan lagi, berusaha bilang ke dosbing biar dapet izin ambil data. Akhirnya dosen gue pun ngizinin gue ambil data. Perjuangan yang sesungguhnya dimulai!!! Sebagai peneliti eksperimen, gue harus sedemikian rupa nyari cara buat menarik para calon subjek biar mau daftar dulu (karena nanti akan diseleksi lagi yang sesuai sama karakteristik subjek yang dibutuhkan). Gue pun akhirnya bikin banyak meme buat mempersuasi orang-orang. Gue share kemana-mana. Pake line, ig, dan WA. Respon orang-orang beragam, ada yang bilang ide gue unik alias antimainstream, ya mungkin anak-anak psikologi udah pada relate lah ya gimana susahnya nyari orang buat jadi subjek penelitian. Bahkan di line, postingan gue itu jadi postingan terbanyak dikasih like, dikomentari & dishare huhu terharu gue. Setelah banyak gue share dibantu temen-temen gue juga, gue pun menyaring calon-calon subjek ini. Alhamdulillah dari sekitar 100 subjek yang mendaftar, ada 30an subjek yang sesuai kriteria. Gue hubungin semua subjek (dari yang keterima sampe yang ketolak) satu-satu buat ngabarin mereka. Beberapa calon subjek yang ketolak ada yang kecewa karena ga bisa ikut eksperimen gue :’) huhu maaf ya. Yang gue tolak itu justru yang cukup bagus mentalnya. Sedangkan untuk subjek yang gue terima, gue harus berusaha hubungi mereka buat nentuin hari & jam yang kira-kira mereka bisa luangkan buat dateng ke lab eksperimen psikologi.
Gue biasanya ngerjain skripsweet pas malam hari. Kadang janjian sama Alma & Raka buat ngambis bareng di luar. Biasanya di Roti Bakar 543 atau KFC Sudirman. Dari jam 8 sampe 11 malem atau sengantuknya. Gue tipe orang yang lebih enak buka laptop kalo ada meja & kursi disbanding rebahan atau lesehan di kasur. So, gue sebisa mungkin ngerjain di luar kos. Apakah kamu tipe kaya gitu juga? Atau malah kebalikannya? Tiap orang pasti punya cara terbaik masing-masing ya buat ngerjain sesuatu. Kalo belum paham sama tipe dirimu, coba lebih aware dan sering-sering observasi dirimu sendiri.
Sebagai peneliti eksperimen, gue pun berusaha ngasih yang terbaik buat subjek-subjek gue. Termasuk urusan reward. Meskipun uang gue pas-pasan, gue berusaha tiap pertemuan ada rewardnya buat subjek. Sederhana banget sih rewardnya. Gue juga dibantu sama 2 eksperimenter kece gue nih, si Nurul & Ifa. Oh iya, Ka Anza pernah bilang bahwa gue harus bersiap-siap sama kemungkinan tak terduga yang bakal terjadi di penelitian gue. Bener banget, pas eksperimen berjalan, ada subjek gue yang tiba-tiba ga bisa dihubungi, bahkan sampe ngeblock WA gue huhu sedih banget, gue salah apa ya? Sejahat itu kah, gue? Gue sempet ketar-ketir karena jumlah subjek yang semakin menipis.
Alhamdulillah proses pengambilan data selesai. Tentunya dengan segala keriwehan yang ada, mulai dari ngurus perizinan pinjam ruangan, ethical clearance yang sampe sebulan baru jadi, nyiapin google form buat menayangkan stimulus, beli reward, nyusun jadwal, dan lain sebagainya. Memang semua keriwehan ini jadi nikmat tersendiri saat mengerjakan skripsi, ihiy. Bulan Juni 2019 gue udah beres ambil data. Waktunya mengolah data yang ada. Gue sempet bingung pas tahap ini. Gue udah konsul sama beberapa kating, ada Ka Ojan, Ka Anza, dan lain sebagainya, termasuk konsul ke dosbing juga tapi masih bingung. Gue pun disaranin buat konsultasi sama dosen statistika, akhirnya gue ketemu beliau dan gue disarankan untuk pake analisis statistik non parametric. Ini hal baru buat gue, secara, anak S1 emang belum diajarin. Tapi menurut gue simple aja sih, pake Mann Whitney, iyalah, cuma klik-klik di SPSS doang wkwk. Gue konsultasi lagi sama dosbing, terus dosbing nyuruh gue buat analisis pake gain score (alias selisih skor subjek saat pretest dan posttest) oemji. Gue berasa kaya bola yang ditendang sana-sini demi menyelesaikan tahap analisis yang tak kunjung selesai ini. Jangan dikira gue orangnya sekonsisten itu ya. Gue sempat mengalami jeda beberapa hari sampai dua minggu ngga nyentuh skripsweet sama sekali loh ._. saking bosennya sama skripsweet dan lagi ga mau bersentuhan dulu. Bulan Juli progress gue agak melamban, yang mana harusnya analisis bisa cepet (kalo udah jelas teknik analisisnya) terus bikin pembahasan & kesimpulan abis itu bisa daftar sidang, eh gue malah leha-leha :’) gapapa deh ya, kemaren-kemaren kan abis pusing ambil data. Sebenernya gue udah dientengin banget loh dalam hal penulisan skripsweetnya, soalnya, gue langsung disuruh nulisnya pake format manuskrip (yup, kaya format jurnal-jurnal publikasi). So, gue ga perlu belajar bikin format BAB I, marginnya ribet, halamannya apalagi, wkwk. Bahkan kalo ditotal, skripsweet gue cuma beberapa belas halaman doang, hihi. Seneng deh, pas ngeprint ga banyak ngeluarin duit.
Astonic ke Prau
Next, bulan Agustus 2019 gue coba menyelesaikan skripsweet gue sekuat tenaga. Tadinya gue berusaha biar awal Agustus udah dapet acc sidang, tapi ternyata tidak semudah itu fergusso. Gue tetep dapet revisi selama beberapa kali bimbingan. Bahkan sampe hopelessnya, gue pun memutuskan untuk break sebentar dari perjuangan skripsweet ini dengan melipir ikutan mendaki gunung sama anak-anak astonic ke Prau. Dengan sangat mendadak gue memutuskan untuk ikut. Hingga tanggal 22 Agustus 2019 tiba, yang mana hari itu adalah hari wisuda temen-temen gue yang periode Agustus, Alhamdulillah dosbing gue ngasih acc gue buat sidang :’) masyaallah. Gue seneng liat temen-temen gue wisuda hari itu plus seneng karena dapet acc sidang. Gue pun langsung berusaha ngurusin pendaftaran sidang di akademik. Lucunya, gue ga kepikiran buat tanya ke dosbing, kapan beliau bisa nguji gue. So, gue menunggu kepastian tanggal sidang gue agak lama dari biasanya. Gue dan ibu bagian akademik mencoba hubungi dosbing gue, dan ternyata dosbing gue respon gue duluan. Beliau bisa mengadakan sidang gue awal September 2019. Beberapa hari berlalu, di grup WA angkatan, ada surat undangan sidang buat gue, beberapa temen gue pun ngucapin selamat & menyemangati. Gue seneng banget udah mau sidang. Tapi namanya orang mau sidang skripsweet biasanya pasti ada rasa panic, cemas, takut, gimanaaa gitu. Dan yang gue khawatirkan itu kalau saat hari sidang tiba, gue atau dosbing/penguji kenapa-napa. Karena belum lama itu gue baru baca ada seorang mahasiswa UNS yang meninggal pas hari sidangnya itu karena kecelakaan. Gue kan parno ya.

Sehari sebelum gue sidang, pas magrib gue sholat di masjid deket kos. Ternyata setelah magrib di sana ada kajian. Gue pun coba dengerin kajiannya. Gue inget banget dikajian itu, ustadznya sempet bilang bahwa kita minta pertolongan ke Allah dengan sabar dan shalat. Ga tau kenapa gue notice banget sama kalimat ustadz yang itu. Adzan isya pun berkumandang. Gue iseng cek hp gue setelah ga megang selama nyimak kajian.
Pas gue cek HP, gue buka WA, ada sebuah nomor baru yang PM gue …..
udah dalem bentuk story
Gue seeeeedih banget pas baca itu. Sedih sesedih sedihnya. Berasa kalimat ustadz tadi itu langsung dipraktekkin ke hidup gue. Yup, ujian sabar. Gue jadi inget kekhawatiran gue beberapa waktu sebelumnya. Ternyata bener banget, Allah itu berdasarkan prasangka hambaNya, guys. Jadi hindarkan diri kalian dari pikiran-pikiran negatif. Positif thinking aja, biar Allah kasih hal-hal yang positif.
Setelah sholat isya di masjid, gue yang saat itu masih sedih, memutuskan buat pergi jalan nyari makan dulu sebelum ke kos. Tadinya gue mau ke kos langsung karena jaraknya dari masjid itu tinggal beberapa meter doang. Tapi gue ngerasa ga sanggup buat pulang ke kos dan ketemu temen-temen gue. Gue pengen sendiri dulu. So, gue jalan ke tempat makan dengan perasaan sedih, loyo, pokoknya menyedihkan banget deh. Gue nangis sambil jalan dengan kondisi jalan yang agak gelap. Sambil jalan itu, gue bikin story di ig & WA dan bikin status di line kalo gue ga jadi sidang besok. Karena gue ga tau udah berapa jauh undangan sidang gue tersebar so gue upload aja. Kebetulan waktu itu HP gue udah lowbatt jadi abis upload story & status itu langsung mati. Gue jalan sendirian malem-malem sambil nangis. Tadinya abis beli makan malem, gue pengen mampir ke minimarket deket jakal dulu sambil me-time tapi gue memutuskan buat segera balik ke kos aja karena gue udah ngerasa lebih baik. Sampai kos, si Firda nanya “om besok jam berapa sidangnya?” gue pun bilang dengan santuynya “ga jadi sidang besok, tadi aku nangis karena dibatalin” huhu. Temen-temen pada prihatin gitu sih, tapi gue ngerasa udah baikan. Ditambah lagi si Firda ngasih gue thai tea huhu terharu gue.
Sepekan berlalu, gue coba hubungi dosbing gue lagi buat nyari jadwal sidang gue. Dosbing gue pun bilang kalo minggu depan beliau bakal berangkat umrah :’) Ok, ok, gue kuat, gue kuat. Sabarnya masih harus diperpanjang. Setelah sekitar seminggu sampai 10 hari selanjutnya, gue coba hubungi dosbing gue lagi. Alhamdulillah beliau ngasih respon kalo minggu depannya bisa. Gue lumayan sedikit lega meskipun gue ga boleh berharap banget. Beberapa hari sebelum sidang gue pun coba hubungi dosbing lagi buat memastikan kalo beliau beneran bisa. Gue masih rada parno kalo tiba-tiba ditunda lagi sidangnya. Sampai hari H tiba, dosbing gue pun belum bales. Gue udah rada hopeless ini bakal jadi sidang atau ngga. Gue coba hubungi ibu akademik terus beliau bilang “jadi mba, dateng dulu aja”. Ok, gue pun dateng dengan sedikit harapan. Terus ga lama setelah itu dosbing gue bales dan bilang kalo beliau bisa hari itu. Gue pun sedikit lebih lega. Gue siapin laptop (sampe bawa 2 laptop temen gue buat jaga-jaga), nyiapin LCD, memupuk rasa percaya diri juga.
skripsi gue tebelnya ga nyampe seruas jari kelingking gue
Dosbing & penguji dateng, sidang pun berjalan. Ya, ada beberapa pertanyaan yang gue ga bisa jawab terutama terkait statistika (materi-materi semester 1 yang udah banyak gue lupa). Bahkan sampai ada momen di mana dosbing gue malah ikut-ikutan ngetawain gue cuy :’) gue ngerasa awkward dan ambyar but sudahlah semua pasti berlalu. Sidang pun selesai, gue dapet revisi yang cukup banyak terutama terkait analisis, gue diminta ganti pake analisis parametric aja, pake ANOVA. Biar lebih jelas. Alhamdulillah gue dinyatakan lulus :’) terima kasih bapak & ibu dosen, teman-teman, keluarga, subjek-subjek & seluruh orang yang sudah berperan dalam perjalanan skripsweet gue. Terima kasih buat temen-temen yang udah hadir pas sidang gue (yang masuk ruangan cuma 2 dan dua-duanya bukan anak psiko). Makasih yang udah hadir ngasih hadiah, ucapan dan doa. Sama foto bareng juga.
makasih banyak hadiahnya :)
Setelah sidang, besoknya gue presentasi final lomba esai di UNY (ada di blog sebelum ini judulnya “Little Escape”). Btw kalo dikira-kira, skripsi gue itu dikerjakan selama 4 bulan (Mei-Agustus 2019) itu sedari perombakan proposal sampe dapet acc sidang beserta jeda-jeda kemalesan gue yang ga mau nyentuh skripsweet dibeberapa waktu huhu. Kalo gue bisa lumayan singkat ngerjainnya, apalagi kamu. Pasti kamu bisa lebih baik lagi dan lebih singkat lagi. Yang penting tetep semangat!!!
Gue pun revisi skripsi gue dengan mengundang kembali subjek-subjek gue. Sekarang di switch, yang kemarin jadi kelompok kontrol sekarang jadi kelompok eksperimen dan sebaliknya buat etika penelitian aja sih sebenernya tapi sambil dilihat hasilnya juga gapapa. Otomatis gue ngeluarin uang lagi ya buat reward :’) gapapa deh yang penting gue lulus. Habis itu gue buru-buru ngurusin yudisium karena gue mau ke Bengkulu menghadiri final LKTI dan main ke tempat KKN hihi. Alhamdulillah gue kelar sampe yudisium itu tanggal 22 Oktober 2019. Ya meskipun itungannya lebih dari 4 tahun, tapi gue seneng bisa melalui ini dengan berbagai persoalan yang gue hadapi. Karena itu semua bener-bener ngasih pelajaran baru buat hidup gue.
***
Persiapan wisuda semakin dekat.
muka cengoh
dapet dokumentasi dari Fakultas
Gue nyari kebaya, make up, sarung tangan, dll buat wisuda. Secara lah ya, cewek rempong bet kalo wisuda. Ga kaya cowok yang sangat simple warbyasa. Gue ikut wisuda periode November 2019. 
Keluarga gue ke Jogja, Alhamdulillah mama gue dateng sama wawa & Aa sekeluarga. Aa sekeluarga nginep di Reddoorz Maleo, biar deket kos gue dan mama & wawa gue nginep di kamar kos gue (karena kamar di Reddoorz situ udah full bocked dan cuma bisa ditempatin 2 orang dewasa maksimal). Ada kejadian lucu pas hari wisuda gue. Pas gladi di kampus kita sempet diingetin biar ngga telat nanti kalo telat dianggap ga hadir dan ga bakal dipanggil maju ke depan. Terus gue dalem hati nyeletuk “siapa ya yang besok bakal telat dateng, kasian amat tuh yang telat” eeeeeh ga disangka, gue dong yang telat diantara temen-temen fakultas gue. Sampe dipanggil-panggil di grup :’) memalukan sekaleeee. Tapi abis itu bisa dihandle kok, Alhamdulillah gue tetep dipanggil maju ke depan. Bahkan saat wisuda di fakultas, nama gue sempet disebutin dekan karena dua kali juara nasional (sebenernya lebih dari 2x sih pak, wkwk sombong amat gue). Beliau bilang bahwa beliau inget nama gue karena gampang dihapal, iyalah cuma tiga huruf doang, dan ga asing dikehidupan sehari-hari. Wkwkwk.
Yup, itulah sekelumit cerita dinamika skripsweet gue sampe wisuda. Tadinya gue berniat buat nulis singkat aja. Eh taunya sampe panjang banget kaya gini. Terima kasih buat kamu yang udah baca ini sampe abis. Silahkan diambil pelajaran yang baik-baiknya aja. Karena setiap orang pasti punya cerita perjuangannya masing-masing.
makasih banyak yang udah ngasih hadiah wisuda :')

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu