Langsung ke konten utama

A Long Journey || LKTI di Unib

Berawal dari pulang KKN gue susah move on dari tempat KKN. Masih intens komunikasi lewat HP sama mereka. Kadang masuk di mimpi juga. Bahkan masih kaya gini sampe setahun setelah KKN. Jadi rajin doa ke Allah biar dikasih kesempatan bisa main ke tempat KKN lagi (Kaur, Bengkulu). Ga tau kenapa pengen banget main kesana lagi.

Namanya berusaha kan ga cuma doa doang, ya? Jadi gue coba berusaha dengan aksi nyata. Satu hal yang menurut gue bisa gue lakuin adalah IKUT LOMBA di Bengkulu. Waktu KKN gue sempet tanya ke seorang warga Kaur yang kuliah di Universitas Bengkulu (Unib) “eh, di Unib sering ada lomba buat nasional gitu ngga?” terus dia jawabnya Unib jarang ngadain lomba nasional. Hmm itu bikin gue agak hopeless juga waktu itu.
Ga tau gimana waktu itu gue lagi liat-liat ig terus ada poster LKTI lewat, yang ngadain Unib. Gue langsung notice dan baca-baca detailnya. Ternyata saat itu emang ada 2 UKM di Unib yang ngadain LKTI di waktu yang hampir sama. Akhirnya gue pun coba menentukan lomba mana yang mau gue ikutin. LKTInya gue pake uji coba skripsi gue. Tentunya, karena LKTI adalah lomba bareng tim, gue ajak anggota-anggota gue di KKN Muara Tetap buat jadi tim gue. Dengan berbagai pertimbangan, gue pun ngajak Fajar & Kas buat ikut lomba ini. Mereka pun bersedia.
Gue & tim coba kerjain LKTI sesuai ketentuan. Kami ambil tema kesehatan karena berkaitan sama kesehatan mental. Meskipun background Fajar & Kas bukan psikologi, tapi gue tetep berusaha melibatkan mereka di LKTI ini. Setelah semua beres sesuai ketentuan, kami juga transfer biaya pendaftaran, selanjutnya kami harap-harap cemas menunggu pengumuman lolos final atau ngga. Beberapa waktu kemudian, gue dihubungi pihak panitia dan dikasih tau kalo pihak penyelenggara batal ngadain LKTI Nasional ini. Uang pendaftaran juga dikembalikan. Gue ngerasa nyesel karena ga daftar LKTI yang di penyelenggara satunya. Padahal waktu itu Fajar sempet bilang kalo sebaiknya kita jaga-jaga daftar ke kedua tempat itu. Sambil menyesali perbuatan gue, gue liat-liat poster LKTI yang satunya itu (POIF, yang diadain anak-anak HIMA Fisika UNIB), sembari mencari celah harapan. Pas gue cek, di sana udah tahap pengumpulan full-paper, yang mana itu artinya udah lewatin masa pendaftaran. Gue lapor ke grup tim kami. Eh terus si Fajar nyaranin buat tanya ke pihak panitia POIF itu.
Setelah gue hubungi, ternyata panitianya baik pisan, euy. Mereka mau ngasih kita kesempatan buat langsung ke tahap pengumpulan full-paper. So, kita langsung kumpulin dan transfer biara pendaftaran ke panitia POIF. Sembari nunggu pengumuman lolos final apa ngga, kami ga lupa menyiapkan proposal pendanaan. Biar kalo jadi masuk final, kami tinggal masukin proposal itu ke kampus. Di fakultas Kas, ga bisa masukin proposal lomba, karena harus lewat UKM Fakultas dulu. Di fakultas Fajar, dana lomba udah abis, jadi ga bisa masukin juga. Jadi harapan pendanaan kampus adalah fakultas gue & pihak univ. Karena gue udah biasa ngurusin proposal & LPJ pendanaan ke pihak fakultas gue, jadi gue ga butuh waktu lama buat ngerjain itu dan minta tanda tangan beberapa dosen terkait.
Karena saat itu udah menjelang akhir tahun, kami dikasih dana ngga full sama proposal. Tapi lumayan lah bisa bantu. Gue ngga berharap bisa dapet dana dari tingkat univ karena pengalaman ditahun sebelumnya, gue ngajuin proposal dana lomba menjelang akhir tahun ternyata ga cair karena dananya udah habis. Mau ngga mau, tetep harus banyak pake dana pribadi. Biar ga rugi-rugi amat, kudu juara 1.
Pengumuman finalis pun tiba. Alhamdulillah tim kami masuk final. Gue bersyukur banget, one step closer menuju lokasi KKN lagi. Gue ngga mau langsung ngabarin orang-orang di tempat KKN sana kalo kami mau ke Bengkulu. Khawatir kenapa-napa terus PHP. Jadi, gue minta doa aja ke mereka biar dikasih kesempatan buat main ke Kaur lagi. Tapi, kebahagiaan itu ga full dirasakan temen satu tim gue. Si Kas yang waktu itu masih digantungin sama dosen pembimbingnya ga bisa hadir ke lokasi lomba. Gue pun memaklumi itu. Semangat gue tetep kuat buat ikut lomba ke Bengkulu. It means, gue sama Fajar doang yang ke Bengkulu.
otw ke Bengkulu
Kami nyiapin keperluan lomba seperti print out LKTI 3 eksemplar, soft file poster & ex-banner. Gue minjem tiang ex-banner-nya Cikoy biar ga usah beli, hihi. Fajar ngedesain poster & ex-banner, gue nyetak ex-banner, & Kas ngeprint file LKTI. Kami juga pesen tiket kereta & pesawat buat berangkat ke Bengkulu. Ada kejadian yang sempet bikin panik waktu itu. Seminar Proposal si Fajar hampir nabrak sama jam keberangkatan kereta. Tapi Alhamdulillah ngga mengganggu.
Oh iya, kalo ikut lomba di luar daerah dan cukup jauh kan mesti ada biaya penginapan dan konsumsi juga. Biasanya panitia udah nyiapin, jadi kita tinggal bayar aja buat beberapa hari disitu. Nah, pas ke Bengkulu ini, biar menghemat, kami hubungi anak Kaur yang kuliah di Unib ini buat numpang di kosnya. Mereka pun membolehkan. Lumayan banget kan, mangkas pengeluaran kita selama di sana. Lagian buat urusan konsumsi, kami jadi bisa bebas kulineran di Bengkulu, ga cuma terpaku sama hidangan yang disediain panitia doang (alibi Fajar) wkwk.
Lulu abis selesai kerja
Waktu keberangkatan pun tiba (Selasa, 29 Oktober 2019). Gue bawa koper, wkwk. Kami naik kereta dari Lempuyangan ke Pasar Senen. Di deket stasiun, kami beli kue, karena persyaratan lomba kami diminta bawa makanan khas daerah masing-masing (jauh-jauh dari Jogja tapi malah beli oleh-oleh di Pasar Senen, dan yang dibeli adalah kue khas Bandung, wkwkwk). Sampe stasiun Pasar Senen pas tengah malem, jadi kami menginap di rumah Fajar dulu, di Cakung. Pagi hari sekitar jam setengah 7 kami ke Bandara. Nyampe sana kami masih harus nunggu beberapa jam dulu. Gue sempet hubungi temen SD gue yang kerja di bandara Soeta, si Lulu. Kami sempet ketemu dan ngobrol-ngobrol, udah lama ga ketemu soalnya. Ga lama abis itu kami masuk ke pesawat. Kami sempet salah Gate karena ga denger pengumuman kalo Gate kami dipindah, wkwk. Nyampe bandara kami dijemput Tomi & Melki. Oh ya, pas di bandara kami sempet papasan dan foto Kiky yang saat itu mau ke Minahasa (acara duta daerah). Kiky sempet sedih waktu mau naik pesawat karena ga bisa nemenin gue & Fajar di Bengkulu. Kami dateng langsung istirahat di kos Melki, tempat gue menginap. Itu kosnya campur cewek-cowok dan jejer bersampingan gitu kosnya. Gue ga sendiri di kos, gue ditemenin si Cimoy, kucing kesayangan Melki. Air di kos Melki waktu itu lagi mati. Jadi, Melki, Tomi & Fajar berbaik hati ngangkutin air buat gue ke kamar Melki buat gue mandi dll.
Kiky semangat berjuang!!!!
landing di kos Melki
Malam harinya kami ada TM di Mess mahasiswa Unib (tempat nginap para peserta). Gue & Fajar dianterin Melki & Tomi kesana. Diawal sesi TM kami sempet memperkenalkan diri masing-masing. Gue sebenernya agak malu kalo nyebutin angkatan karena udah ketuaan tapi masih ikut lomba aja :’) huhu. Tapi gue coba kuat-kuatin.
duo BK Unib yang cantik (Mei & Dita)
Kas di ganti Melki dulu ya hehe
(cuma foto doang)
Kamis, 31 Oktober 2019 adalah hari H final. Gue udah bagi tugas sama Fajar terkait presentasi. Alhamdulillah kami lancar, meskipun tampil ke 9 dari 10 peserta. Sebenernya gue agak berat juga bawa nama kampus, karena khawatir ga bisa mencapai ekspektasi orang-orang. Oh iya, karena si Kiky (anak KKN yang ketemu di bandara) ga bisa nemenin gue & Fajar di Bengkulu, dia berbaik hati mengutus pacarnya, si Mei buat nemuin gue dan ngajak gue main. Jadi, abis lomba gue pulang ke kos Melki bentar buat bersih-bersih terus main sama Mei jalan-jalan di Kota Bengkulu. Kami ke Benteng Marlborough, Pantai (gue lupa namanya, tapi sederetan sama Pantai Panjang), Masjid Jamik Bengkulu (masjid yang dirancang Soekarno), dan diakhiri makan malam bareng di sebuah rumah makan (gue juga lupa namanya). Para cowok baru ikutan kami pas makan malem doang. Sebelumnya mereka pada kecapean. Pas udah selesai, kami pulang ke kos Melki. Mei & Dita sempet ngasih kenang-kenangan ke gue & Fajar, kami dikasih syal basurek, dengan motif khas Bengkulu.
selesai presentasi
Benteng Marlborough
Masjid Jamik (dirancang Soekarno)
makan malem bareng

bareng peserta dari Unib
seblak di Bengkulu
Hari Jumat (1 November 2019) agenda field trip. Kami field trip pake bus. Gue duduk di depan bareng satu peserta Unib (maaf gue lupa namanya, huhu). Kami mengunjungi Benteng Marlborough, rumah Soekarno, Masjid Agung, Pusat oleh-oleh, rumah Fatmawati, dan Pantai Panjang. Di masjid agung, habis sholat jumat & sholat dzuhur kami sempet ikut makan bareng (satu nampan berempat), disediakan sama pihak masjid, agenda rutin tiap habis jumatan. Kami dikasih makanan sambil diperdengarkan adab-adab makan ala Rasulullah, masya Allah, kece banget. Malem harinya, kami sempet ada agenda makrab (malam keakraban) sama peserta lain. Mengungkapkan kesan & pesan, ngapalin nama (meskipun sekarang udah banyak lupa lagi), dan makan makanan khas daerah yang dibawa para peserta. Sempet foto bareng & boomerang juga. Habis itu gue, Fajar, Melki, Tomi & Yoga jalan-jalan ke mall sama tower. Dideket tower itu kami makan seblak. Gue agak kaget liat seblak di sana yang menurut gue banyak banget kuahnya, lebih cocok disebut sop :’) wkwk.
field trip ke Benteng Marlborough

makan habis jumatan di Masjid Agung
Heru, peserta dari Unsri yang selalu happy

Rumah Soekarno
rumah Fatmawati
di depan rumah Fatmawati
nongki beli seblak Bengkulu wkwk
"eh gue mau foto sendiri dong" wkwk
kurang Kas nih
Hari Sabtu (2 November 2019) adalah hari pengumuman. Ini hari terakhir kami di Kota Bengkulu. Gue awalnya bertekad pengen juara 1 biar dapet uang banyak, wkwk. Karena pas gue naruh proposal di Fakultas, gue sempet ditanyain sama dosen “kalo ga dapet dana, nanti ada dana cadangan dari mana?” terus gue jawab “kami harus menang Pak biar dapet dana” dosen gue sempet ragu juga karena menang kan ga pasti ya, ya akhirnya gue jawab “pake dana pribadi, Pak”. Pas pengumuman, gue dateng agak telat, Fajar udah duluan duduk. Gue cari tempat duduk lain, sendirian, wkwk. Tibalah saat pengumuman. Diumumin dari juara favorit (poster & presentasi) dahulu, kemudian juara harapan 2, harapan 1, juara 3, hingga tiba di juara 2 nama gue disebut. “Alhamdulillah” satu kata yang terucap saat itu. Bersyukur, meskipun ga dapet juara 1, kami dapet juara 2 udah seneng banget. Mungkin kalo kami datangnya lengkap bertiga bisa banget juara 1 kan? Wkwk. Abis pengumuman, kami sempet foto bareng para peserta, ada beberapa anak dari Kaur juga dateng ke tempat pengumuman. Kami foto-foto, di lapangan luas yang ada logo & bendera Unibnya. Ada Melki, Yoga, Mesi & Lusi. Habis itu kami makan siang bareng. Karena baru dapet juara, kami traktir tuh Melki, Tomi, Mesi & Lusi makan siang. Abis itu kami pulang ke kos dan siap-siap karena sore harinya gue & Fajar mau ke Kaur. Kami naik travel, dipesenin sama Tomi. Kami nunggu di kos Tomi. Sambil Mesi nitip bawa kipas anginnya ke rumah (Muara Tetap).
alhamdulillah juara
bareng ciwi ciwi Muara Tetap
bareng anak-anak Kaur

juara 1 & 3 dari Unib
the girls (tuker almamater)
the boys (tukeran almamater)
sampai rumah Mama Bang Arif
Sampai Kaur udah lumayan malem. Kami dibantu Bang Deki, Bang Bur & Tomi Khenex buat bawain barang-barang ke rumah Mama Bang Arif. Sebelumnya kami udah hubungi Mama Bang Arif kalo kami mau nginap ke rumahnya. Ternyata adat di sana, kalo dateng ke desa, harus mampir ke rumah kadesnya dulu. Duh, gue ga enak waktu itu ngecewain Pak Kades. Padahal udah disiapin makanan & tempat nginap katanya, huhu. Kami malam itu nginap di rumah Mama Bang Arif. Si Fajar langsung diajak nonton dangdutan sama para pemuda.
Minggu, 3 November 2019 gue main-main bentar ama bocah-bocah sekitar pondokan, main ke masjid, main ke rumah Pak Kades sambil bilang maaf juga karena perilaku kami tadi malem. Gue pangling ama bocah-bocahnya, baru ditinggal 1,5 tahun tapi udah cepet gede :’) huhu. Gue juga hubungi Belta (temen KKN, orang Kaur, tapi beda subunit). Gue sama Belta main ke rumah Mamanya Tapin, menyampaikan salam dari Dosen waktu KKN unit kami. Terus gue & Belta ke Sekunyit (subunit KKN Belta), main ke tetangga pondokan & ke pantai sama bocah-bocah subunit. Sementara itu si Fajar sama Pak Kades ziarah ke makam almh. Bu Kades. Belta ngasih salak banyak banget, abis itu pulang.

main ke rumah kormanit
pantai Sekunyit
Waktu magrib gue sholat di masjid, terus pas jalan pulang, gue ketemu si kembar Keysha & Keyla, akhirnya tanpa direncanakan, gue pun main ke rumah mereka. Sambil ngajak mereka buat sholat isya bareng di masjid, biar ketemu idolanya, yup, si Fajar, hahaha. Abis sholat isya, kami berencana main ke rumah Bang Ian & Bang Meri sambil ngasih kado pernikahan mereka. Tapi si Fajar balik dulu ke rumah Mama Bang Arif, ngambil kado & nganterin si kembar pulang. Sementara itu gue main dulu ke rumah seorang warga dideket masjid. Sambil ngobrol-ngobrol nunggu si Fajar dateng. Fajar pun dateng sama Bang Deki. Kami ke rumah Bang Ian, ngasih kado, numpang minum, sama ngobrol-ngobrol. Habis itu kami berencana ke rumah Bang Meri, tapi rumahnya sepi & gelap (mungkin waktu itu Bang Meri lagi ga di rumah). Jadi kami memutuskan untuk pulang.
main sama Pak Tasman
Hari ini (Senin, 4 November 2019) kami janjian sama Pak Tasman buat main bareng. Beliau guru di SMP, tapi waktu itu ambil cuti sehari buat ngajak kami main. Kami diajak ke Danau Kembar & Pantai. Gue waktu itu ngerasa pusing banget & mual karena kelamaan di mobil dengan jalan berkelak-kelok jadi ga bisa menikmati main dengan tenang, keliatan murung & BT terus huhu. Maaf ya Pak Tasman, padahal aslinya gue itu seneng banget, tapi ga bisa mengekspresikannya dengan baik karena kondisi gue. Kami makan siang bareng di sebuah rumah makan. Sore harinya kami main ke pantai Sekunyit sama beberapa pemuda Muara Tetap (Bang Bur, Bang Deki, Bang Ian & Tomi). Pas malem, kami mampir ke rumah pondokan waktu KKN buat ketemu bapak & ibu kontrakan sekalian ngasih oleh-oleh dan mengenang rumah pondokan waktu KKN. Kondisinya sebagian besar masih sama, cuma ga ada tempelan-tempelan dari anak-anak KKN aja haha. Malam ini kami menginap di rumah Pak Tasman. Rumahnya baru, kalo sebelumnya di Muara Tetap, rumah barunya di Kasuk Baru. Bagus banget rumahnya menurut gue. Minimalis tapi ga sempit hehe. Kami sempet ditawarin makan malem dulu sebelum tidur. Habis itu ngobrol-ngobrol bentar. Terus tidur.

pondokan
rapat risma MT
pemandangan dari depan rumah Pak Tasman
Pagi hari (Selasa, 5 November 2019) kami pulang ke rumah Mama Bang Arif abis sarapan. Fajar naik motor, gue jalan kaki, karena pengen menikmati suasana pas KKN tahun lalu. Gue datengin beberapa lokasi kenangan waktu KKN :’). Jalan menuju pekan, spot pinggir muara yang bisa ngeliat jelas pantai di seberang, dll. Sebenernya waktu itu gue ngerasa sedih banget karena gue cuma bisa ngeliat kenangan-kenangan itu sendirian. Gue pengen banget semua anak-anak KKN gue (khususnya subunit Muara Tetap) dateng saat itu sama gue buat ngeliat pemandangan-pemandangan itu. Gue sempet hubungi mereka di grup juga, sempet video call juga.
pondokan KKN Muara Tetap
Siangnya kami sempet ngobrol-ngobrol bentar sama ibu-ibu sekitar pondokan. Gue ngga tau kenapa ngerasa agak canggung pas itu. Jadi gue ga lama ngobrolnya, gue pengen banget beli oleh-oleh buat dibawa pulang. Awalnya gue udah janjian sama Bang Bur tapi akhirnya di-PHP-in. Jadinya gue dianterin Ivan deh ke rumah Pak Saleh. Pas kesana ga ada Pak Salehnya, jadi gue cuma titip salam dan beli beberapa oleh-oleh. Gue juga agak ga enak pas ini, karena gue ga bawa oleh-oleh apapun buat beliau. Padahal beliau udah baiiiiik banget ke kami waktu KKN. Gimana ya, pas berangkat dana kami terbatas huhu :’) ini aja kalo kami ga dapet juara sama sekali bingung baliknya gimana. Kami memesan bus ke Jakarta buat sore ini. Mama Bang Arif nitip sekardus lobster & pempek buat Bang Arif di Jakarta.
gadis-gadis Muara Tetap
Gue orangnya cemen banget kalo naik mobil (termasuk bus), sedangkan perjalanan Kaur-Jakarta bisa berbelas-belas jam (termasuk naik kapal). Jadi, gue menyediakan antimo satu pack buat diri gue sendiri wkwkwk. Gue minum antimo sekitar sejam sebelum berangkat naik bus. Eh, gue udah ngantuk duluan pas nunggu bus. Wkwkwk kocak bet dah. Gue jadi keliatan BT banget gitu. Padahal saat itu adalah saat perpisahan, bahkan Pak Tasman juga mampir dari sekolah ke Muara Tetap buat sayonara sama kami, huhu kenapa kondisinya ga bagus banget ya gue pas di sana. Ada Bang Bur juga gue cuekin doang. Selain BT karena efek obat udah bikin ngantuk berat, gue juga masih kesel di-PHP kemarin. Wkwkwk sekarang biasa aja kok. Bus Sun dateng, kami langsung duduk sesuai tiket pesanan. Gue udah request ke Fajar biar duduk samping jendela. Abis sayonara sama warga kami cus berangkat. Ga lama abis duduk gue langsung tidur. Gue banyak tidurnya selama di jalan. Gue melek beberapa saat, gue ingetnya pas di Lampung, itu jalan bener-bener deket sama air laut. Gue melek dari jendela aja udah bisa liat pantai secara jelas & deket. Abis itu gue langsung tidur lagi, haha. Bus Sun sempet berhenti buat istirahat dan sholat (magrib & isya) di rumah makan. Tapi gue ga sanggup makan nasi waktu itu karena takut muntah di bus. Oh iya, selama perjalanan di bus gue sempet denger beberapa penumpang teriak minta “plastik asoy” (alias kantong kresek) karena ada beberapa yang muntah.
naik kapal (maap kamera ga proper huhu)
Habis istirahat kami lanjut perjalanan lagi. Seperti biasa, gue langsung merem lagi ga lama abis duduk di bus. Kami sampe Pelabuhan Bakahuni Lampung dini hari sekitar jam 2. Ini kali pertama gue menaiki kapal laut. Jadi gue excited banget. Ternyata pas bus udah masuk kapal, kami diharuskan keluar bus, jadi kami naik ke bagian atas kapal. Gue seneng banget langsung nyelonong sendirian ga peduliin Fajar, wkwk. Gue eksplor sekeliling kapal yang boleh dilalui (karena ada bagian yang ditutup, alias ga boleh dilalui). Anginnya kenceng banget dan sayangnya gue ga bisa liat pemandangan sekitar karena gelap (padahal katanya bagus banget). Tapi ga papa, gue seneng banget kok bisa mengalami naik kapal laut untuk kali pertama ini. Sekitar selesai waktu subuh kami hampir sampai darat. Kami pun masuk bus lagi. Terus bus langsung melaju lagi. Ga kerasa udah sampai di Jakarta. Setelah sampe terminal Pulogadung, gue sama Fajar pisah. Fajar pulang ke rumah sebelum besoknya balik lagi ke Jogja, sedangkan gue ada kerjaan di Jakarta.
***

Beberapa hari lalu, waktu masih di Kaur, gue dihubungi temen magang gue, Nay. Dia nanyain gue bakal balik ke Jogja kapan karena dia butuh temen buat agenda proyek di Jakarta hari Kamis (5 November 2019). Gue pun bilang kalo Rabu gue udah di Jakarta. So, gue langsung diminta buat nemenin dia sekalian Kamisnya. Gue pun mengiyakan.

lagi nunggu Opi interview
nongki di mall
Pas sampai Jakarta (Rabu, 4 November 2019) gue main ke kos temen SD gue, Opi. Dari terminal ke Duri gue naik commuter line terus ketemu Opi di sana dan naik taksi online ke kos Opi. Gue numpang istirahat & nyuci (karena stok baju bersih gue udah mulai abis) di kos Opi. Abis itu sorenya nemenin Opi interview di Senayan City. Pulangnya kami sempet main-main dulu, naik MRT (for the first time) ke bundaran HI. Kami sempet mampir ke mall Plaza Indonesia, numpang ke toiletnya doang, lumayan ye kan sambil cuci mata di mallnya rangorang kaya, wkwk. Abis itu makan di KFC sekalian jalan ke hotel tempat gue nginep sama Nay. Sampe hotel gue ketemu Nay dan langsung check in. Opi balik naik gojek ke kos. Gue & Nay sempet kebingungan pas mau ke kamar karena liftnya ga mau nyala menuju lantai kamar kami, akhirnya kami muter-muter coba cari security buat minta bantuan. Abis itu bisa masuk deh, alhamdulillah.
senengnya bobo di hotel
Enaknya ikut proyek itu bisa nginep di hotel :’) pas banget kan ini badan abis berbelas-belas jam di bus butuh tempat istirahat yang mantap sebelum besoknya bergelut dengan proyek di kantor klien. Selain itu juga kami dapet uang saku & uang transport huhuhu :’) pas bangeeet saat dompet semakin menipis huhu gue terharu banget.
proyek membawa berkah
Pagi-pagi hari Kamis (5 November 2019) bangun, sholat, bersih-bersih, terus sarapan di resto hotel. Kami sempet nyasar kebingungan pas mau balik ke kamar karena hotel ini terdiri dari dua gedung yang disambungin. Agak udik emang wkwk. Selesai beres-beres, kami check out dan langsung pesen taksi online menuju lokasi proyek. Sampai sana kami siap-siap dan melakukan agenda. Siangnya kami dapet makan hokben :’) huhu w terharu dapet rejeki bertubi-tubi. Terus gue balik ke kos Opi, beres-beres lagi. Nay pergi sama temennya.
Gue agak kelelahan kayanya waktu itu sampe hampir salah tanggal tiket pesawat. Gue pikir gue bakal pulang besoknya (hari Jumat) ternyata hari itu juga, huhu. Gue hampir aja mau main dulu sama Opi. Untungnya ngga keburu pergi. Gue langsung beres-beres. Terus Opi ngasih tau transportasi yang bisa gue pake buat ke bandara. Gue pake gojek abis itu naik damri menuju Soeta. Ternyata sampe bandara gue awal banget, masih harus nunggu beberapa jam di sana sendirian. Kami janjian ketemu di bandara. Jadi gue mesti nunggu beberapa jam dulu sampe jamuran di sana wkwk. Tapi ga papa, enaknya ikutan proyek itu pulang-pergi bisa naik pesawat :’) daripada gue ikut Fajar ye kan, pulangnya pake kereta, hihi.
Gue nunggu Nay di tempat tunggu depan gate. Sempet panik juga karena si Nay ga dateng-dateng sampe open gate. Karena Nay ga bawa bagasi, gue lebih lega. Abis itu ketemu Nay, ternyata dia sempet antri lama pas check in karena antrian depannya bawa bagasi dan agak lama ngurusnya. Syukurlah masih kekejar. Setelah itu kami naik pesawat. Gue sempet agak takut pas take off kali ini karena itu kan malem hari, gue duduk di kursi samping jendela, terus ngeliat luar itu udah laut, posisinya juga pas lagi miring-miring gitu. Gue takut bet kenapa-napa, wkwk parno sendiri. Alhamdulillah kami sampai dengan selamat di Jogja. Nay dijemput keluarga, gue dijemput keluarga juga dong (ga mau kalah), keluarga astonjog, ihiy. Gue dijemput Raka & Firda. Waktu itu gue bener-bener capek banget nget nget. Mungkin karena udah ending perjalanan kali ya, sisa capek & BT nya doang huhu. Gue bonceng di motor Firda, Raka bawain tas gue. Huhu gue terharu sama kalian, dah capek-capek bela-belain jemput malem-malem.
***
Gue ngerasa seneng banget sama perjalanan kali ini. Lomba di Kota Bengkulu, main di Kaur, terus diakhiri kerja di Jakarta. Masya Allah. Bener-bener terharu. Gue ga usah khawatir soal duit yang gue punya, karena Allah selalu punya cara buat ngasih rejeki ke hambaNya. Kalo ditanya orang-orang “om, kemarin abis ngapain?”, “kemarin abis jalan-jalan ya?” gue cuma bisa mengiyakan aja karena emang banyak yang gue kerjain wkwk (ga berniat sombong). Capek, susah, bingung, kesel, BT pasti kerasa, tapi seneng, puas, bangga, takjub lebih banyak gue rasain selama perjalanan ini. Seneng banget berasa hampir semua model transportasi gue pake selama perjalanan ini. Mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta, pesawat, hingga kapal laut. Sesuatu yang ga pernah gue bayangin bakal terjadi bertubi-tubi sekaligus gini. Kali ini juga jadi lomba terakhir yang gue ikuti sebagai mahasiswa :’) karena gue bulan November 2019 wisuda.