Langsung ke konten utama

Digoreng Dadakan Kaya Tahu Bulat (Presentasi PCSEF)

Bismillahirrahmanirrahim
Teman-teman masih ingat cerita gue waktu LKTI di UST bareng Rohmad & Imad? Kalau lupa atau belum tau, boleh banget baca blog gue yang judulnya “Another Upin, Ipin & Kak Ros Story” karena blog ini berkaitan sama cerita lomba itu.
Suatu hari gue dapat pesan dari SIT (Sistem Informasi Terintegrasi) Fakultas Psikologi. Gue diminta agar mendaftarkan diri di acara PCSEF (Psychology Creativity Science Entrepreneurship Fair) 2018 Fakultas Psikologi UGM. Semacam acara symposium untuk seluruh mahasiswa psikologi di Indonesia.
Gue udah tau beberapa waktu sebelum dapat pesan itu bahwa akan ada acara symposium di psikologi UGM tapi gue ga tertarik sama sekali buat hadir di acara itu. Gue merasa inferior kalau harus presentasi di depan pakar psikologi (apalagi ini di kampus sendiri). Gue khawatir kalau yang gue presentasiin ada yang ga sesuai sama ilmu psikologi. Makanya, selama ini gue kalau ikut lomba carinya lomba untuk umum, bukan yang khusus untuk psikologi. Karena gue merasa lebih percaya diri saat gue membawakan setitik teori psikologi di depan orang-orang yang bukan psikologi. I don’t know why, but it’s true for me. Tapi setelah gue dapat pesan itu, dan dapat file berupa list nama mahasiswa psikologi yang diharapkan bisa berpartisipasi di symposium kali ini membuat gue berpikir dua kali untuk menghiraukan himbauan itu karena nama gue terpampang di sana.
Untuk peserta yang akan memberikan presentasi karyanya (jadi presenter) dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000. Tapi untuk mahasiswa psikologi UGM, biaya ini berlaku cashback 100% yang dapat diambil setelah memberikan presentasi (cuma jadi uang jaminan aja). Gue udah dihubungi CP panitia PCSEF untuk segera daftar jadi peserta PCSEF. CPnya ini adek tingkat sendiri sih, dedek ideologis di BKK KMP, hehe, iya, Vinana. Selain Vina, ada satu panitia lagi yang menghubungi gue minta gue buat daftar. Si Kholis, anak ideologis gue di PSDI KMP, wkwk.
List yang diundang ikut PCSEF

Gue bingung mau daftar apa ngga. Gue tanya di multichat kami bertiga, respon mereka ya gitu, pada ga jelas jawabnya. Mereka malah nyemangatin gue buat presentasi padahal kami belum nentuin presenternya. Gue mengusulkan kami nentuin presenternya pakai fitur ladder shuffle di line dan kocaknya malah gue sendiri yang kepilih jadi presenter. Gue mau unsent juga ga bisa. Gue minta pilih ulang pake gambreng aja. Si Rohmad protes. Sampe H-2 minggu gue nanya di multichat masih ga dapat kejelasan. Gue tanya ke Imad, dia ga bisa janji hadir di hari H karena mau ada agenda di tanggal yang barengan sama hari H PCSEF. Jadi, gue tinggal tanya ke Rohmad, bersedia apa ngga kalau ikut PCSEF. Dia jawab ngga. Sedih banget nih berpartner sama mereka berdua, hiks hiks.
Multichat kami saat gue minta mereka ngosongin agenda buat hadir PCSEF 

Karena Kholis meminta gue buat segera daftar dan dia bersedia nalangin biaya pendaftaran gue (meskipun tetep aja nanti bakal diambil lagi di hari H uangnya) gue pun bersedia, it means, otomatis gue yang presentasi. Akhirnya gue daftar. Kholis transferin biaya pendaftarannya. Gue pun ngasih tau di multichat kami kalau gue udah daftarin tim kami ke PCSEF. Eh si Imad ngerespon “semangat om” yeay terima kasih anggota.
Hasil ladder shuffle 

Saat H-1 pengumpulan file ppt gue mendadak bikin presentasi soalnya file ppt yang dipakai buat lomba ngga tau kemana jadi gue bikin ulang. Begadang deh gue malem itu. Kami dapat informasi mengenari urutan presentasi. Tim kami dapat urutan presentasi setelah break ashar di hari pertama.
Hari H pun tiba. Gue hadir dari pagi buat nonton pembukaan di atrium G100. Gue ngabarin di multichat kalau gue udah di G100 dan ngajakin para anggota ini buat pada hadir. Imad ga ada kabar, mungkin dia beneran ada agenda lain. Rohmad belum mandi, dan bermasalah dengan kamar mandinya yang lagi kehabisan air akhir-akhir ini. Jadi, gue sendirian deh nonton pembukaan (ga sendirian banget sih, bareng peserta lain juga). Untungnya ada Sedya yang tiba-tiba duduk di samping gue. Selesai pembukaan, dilanjutkan dengan presentasi sesi pertama di ruangan masing-masing. Gue dapat di ruang C103. Gue nonton presentasi sesi pertama tanpa ditemani anggota-anggota gue. Gue sempet minder ngeliat para presenter sesi pertama kena pertanyaan dari Ka Marvi mengenai metodologi penelitian mereka. Gue khawatir kicep aja gegara ga bisa jawab nanti. Saat waktu dzuhur kami break makan siang dan sholat.
Merchandise PCSEF 

Setelah dzuhur (tepatnya jumatan), Rohmad ngajak gue latian presentasi sambil makan (kebetulan kami dapat jatah makan siang dari acara ini). Gue sama Rohmad latihan di lobby LPKM. Gue ngerasa gugup banget mau presentasi di acara ini, melebihi gugup gue kalau presentasi di tempat lain (saat lomba di luar) sampai perut gue ga enak rasanya. Gue coba latihan presentasi sambil menyesuaikan ppt yang udah gue buat. Rohmad ngasih beberapa masukan. Latihan presentasinya ga lama, cuma beberapa kali doang, buat nyesuaiin apa yang mau diomongin sama durasi dan slide pptnya. Yang lama ya ngobrol ngalor-ngidulnya sama Rohmad. Tapi lumayan lah, seengganya gue udah latihan dulu sebelum maju. Waktu ashar kami bubar. Gue sholat di musholla psikologi dan Rohmad sholat di maskam.

Setelah sholat ashar gue bergegas balik ke ruang presentasi. Ga lama setelah gue masuk, nama gue disebutin untuk maju presentasi. Gue presentasi dengan gaya gue yang santai dan pelan. Gue merasa cukup lancar membuka dan membawakan presentasi gue, sampai dibagian metode, ada Ka Marvi yang saat itu mau keluar ruangan tiba-tiba berhenti di pintu untuk mendengarkan penjelasan metode yang gue pakai. Setelah gue menyebutkan bahwa penelitian kami menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif, Ka Marvi langsung keluar ruangan. Fiuh, gue lega. Gue pun menyelesaikan presentasi gue dengan lancar. Disesi pertanyaan, Mba Nisa memberikan sebuah pertanyaan yang alhamdulillah bisa gue jawab dengan lancar tanpa harus berpikir keras. Setelah selesai presentasi, gue kembali duduk dan mendengarkan presentasi dari peserta terakhir di ruangan kami. Setelah itu, para peserta dari ruangan kami bubar.


Gue ketemu Rohmad di luar ruangan. Dia ga ikut nonton gue presentasi karena mau masuk udah telat. Gue jelasin apa yang terjadi di dalam ruangan saat gue maju presentasi dan ya kami bersyukur semua lancar-lancar aja. Setelah itu, gue sama Rohmad langsung rapat BKK.
Keesokan harinya disore hari ada acara penutupan. Tapi gue ga ikut karena lagi ada rapat BKK. Bahkan sertifikat gue dianterin sama Vina yang saat itu ikut penutupan PCSEF terus ikut rapat BKK. Ya meskipun kami ga dapat penghargaan sebagai best presenter atau lainnya, kami cukup bersyukur dengan kelancaran presentasi kami saat mengikuti ini (meskipun sebenernya gue ngarep banget bakal dapet pernghargaan hehe).
Ya, begitulah cerita tim gue saat ikut acara PCSEF ini. Meskipun kisahnya sederhana tapi cukup memberikan pelajaran baru bagi gue terutama mengenai perasaaan percaya diri gue untuk presentasi di depan orang-orang psikologi. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan ini terutama buat tim gue (meskipun ga hadir lengkap), Kholis yang udah maksa gue buat daftar, dan Vina yang sudah dengan sabra menjawab pertanyaan-pertanyaan gue mengenai acara ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu