Langsung ke konten utama

Tentang Ternate

Bismillaah..

Kalau sebelumnya gua nulis tentang pengalaman gua di Sulut, kali ini gua coba buat share pengalaman selama beberapa kali berkunjung di Ternate, Maluku Utara. Seperti yang gua bilang diakhir blog sebelumnya bahwa cover area gua sampai Provinsi Maluku Utara & Gorontalo, so gua share untuk Maluku Utara dulu nih, spesifiknya tentang Ternate.

Awal gua ke Ternate kalau ga salah tanggal 23 Januari 2022. Saat itu gua berangkat sendiri dari Manado, belum pernah ke Ternate sama sekali dan cuma tau orang-orang kantor Ternate dari grup WA doang jadi agak nekat ya. Mana di Ternate waktu itu cuma bisa pakai provider Telkomsel meanwhile gua pake XL & 3 jadi sempet bingung cara nemuin orang kantor pas sampe bandara itu gimana. Alhamdulillah bisa ketemu. Berikut ini beberapa impresi gua tentang Ternate:

Bandara Ternate

• Bandara Sultan Babullah Ternate
Bandara Ternate ini cukup kecil ya dibanding Bandara Manado. Ukurannya mirip Bandara Bengkulu. Mungkin karena jumlah penerbangannya juga ngga banyak. Maskapai yang ada dari Manado ke Ternate ada Wings Air (pesawat baling-baling) yang kalau nembus awan pasti kerasa goncangannya. But, alhamdulillah selalu selamat ya sampai sekarang udah beberapa kali ke Ternate (cuma sering pusing & mual aja tiap di pesawat). Kalau ga salah, penerbangan dari dan ke Ternate cuma ada dari pagi sampai sore aja. Posisi bandaranya ini dekat laut tapi secara kontur tanahnya agak tinggi (wkwk semoga paham lah ya maksud gua). Kalau mampir ke Bandara Ternate kadang ada pesawat kecil/helikopter non-komersial, kalau kata temen gua itu milik perusahaan tambang di Maluku Utara yang biasa dipake untuk pulang kampung para karyawannya (asik ya punya pesawat sendiri). Menurut gua satu hal yang ngga enak di bandara ini adalah gerah. Mungkin karena efek cuaca, struktur atap bangunan, atau fasilitas pendingin ruangan yang minim, entahlah. Gua pernah perjalanan pakai pesawat dari Soetta ke Ternate utk lama perjalanan 4 jam tapi karena perbedaan zona waktu 2 jam jadi kerasa 6 jam wkwk dari Soetta jam 2 dini hari sampai Ternate jam 8 pagi.

view dari pintu kedatangan

Helikopter NHM

• Cuaca
Nyambung dari bahasan di atas, pas pertama kali ke Ternate, masya Allah ngerasa puanaass bangett. Amat sangat berbeda sama Minahasa Utara yang sering adem berawan, di Ternate panasnya kerasa banget banget banget. Mungkin karena Ternate ini merupakan pulau kecil yang dikelilingi lautan luas ya(?) wkwk agak sotoy sih gua. Tapi serius sepanas itu ampe cepet gerah. Mungkin karena ini ya jadi banyak orang asli Ternate itu pada gelap kulitnya.

• Bahasa & Logat
Gua rasa di Ternate bahasanya mirip-mirip sama Manado (meskipun ada beberapa perbedaan kosa kata juga) tapi logatnya berbeda, lebih mirip ke Indonesia timur banget gitu, mungkin Ambon juga sama ya(?) dan suaranya itu kenceng-kenceng euy (mungkin dipengaruhi faktor cuaca yang panas banget juga kali ya jadi kedengeran agak agresif begitu). Kalau ga biasa ngobrol sama orang Indonesia timur mungkin bakal ngerasa takut, ngira mereka marah, wkwk. Banyak kosa kata yang sama kaya Bahasa Indonesia, cuma logatnya khas aja. Yang gua tau beberapa kosa kata bahasa sini ada "tarada" (tidak ada), "deng" (dengan), "pe" (punya), "kita" (saya), dll. Menurut gua ada satu kata yang unik dan sering dipake. Biasanya kita kalau lagi dibalingin sama orang lain tuh jawabnya "iya" tapi kalau di sini jawabnya "saya" awal-awal agak aneh kok tiba-tiba jawab "saya" padahal gua ga nanya kepemilikan ternyata emang kebiasaannya di sana begitu wkwk.

• Pengendara Motor
Ngga cuma cara ngomongnya aja yang keliatan agreif, tapi cara bawa kendaraannya juga huhu, apalagi pengendara motor. Bikin takut kalau nyetir di sini, Pas pertama kali gua ke Ternate itu kan baru awal-awal bisa bawa mobil ya, jadi kerasa makin takut dah tuh karena kiri kanan depan belakang banyak pengendara motor pada kenceng dan ga ketebak arahnya. Gokil wkwk. Pengendara mobilnya biasa pada parkir mobil di pinggir jalan. Bayangin, jalan raya di Ternate itu ngga begitu lebar dan kontur tanahnya naik turun (karena gunung) dan banyak pengendara mobil yang parkir di pinggir jalan (bahkan sampe makan area jalan agak ke tengah) yang tadinya itu jalan buat dua arah jadi cuma muat buat lewat 1 mobil doang wkwk. Warbyasah. Angkotnya juga sama kaya di Manado suka nyetel musik kenceng banget (mungkin pasang toa di luar juga) bedanya lagu yang disetel kadang lagu religi Islam. Untuk angkot di sini belum pernah gua coba naikin tapi kalau kata temen gua rutenya itu terserah penumpang (ngga ada rute saklek). Mantap bukan? wkwk. Oh iya, di sini banyak banget tukang ojek berkeliaran. Pengalaman gua lagi jalan kaki dari kantor ke masjid doang itu udah sering diklakson pakbapak nawarin ojek. Di Ternate sulit banget dapet bensin pertalite, harus antri dari tengah malem karena pagi udah abis. Jadi kalau abis bensin pas siang atau sore gitu ya isi pakai pertamax :'))

view pengendara di sekitar pasar & background Gamalam
  • Pemandangan
Satu hal yang paaaalingggg gua suka dari Ternate adalah pemandangannya. Amat sangat masya Allah tabarakallah keren banget euy. Seperti yang dikerhaui bahwa Ternate sendiri adalah pulau dari gunung yakni Gunung Gamalama dikelilingi lautan dan pulau-pulau lain seperti Pulau Hiri, Tidore, Maitara, dan Halmahera (ada pemandangan Gunung Moti juga kalau ga salah). Jadi sekeliling pulau itu keren banget pemandangannya :') sekedar ke landmark-nya aja udah baguuus banyak perahu pada parkir, keliatan pulau-pulau lain juga dan bisa nengok megahnya Gunung Gamalama. Pas pertama kali gua dateng di sini gua langsung diajak keliling sepulau dan masuk ke beberapa destinasi wisata kaya Danau Ngade, Danau Tolire, Pantai Sulamadaha, landmark, dll. Cepet banget setengah hari aja udah bisa ngelilingin pulau sambil mampir ke tempat wisatanya. Tapi untuk pantai di sini biasanya pasir item. Ada satu pemandangan yang masuk ke gambar uang rupiah juga lho, di uang seribu Kapitan Pattimura itu bagian belakangnya gambar pemandangan dari Ternate (view Pulau Tidore & Maitara). Di Masjid Al Munawwar juga bisa ngeliat view yang bagus bangeet dipinggir laut. Kerasa makin adem deh kalau ke masjid ini hihi. Worth it banget kalau mau wisata ke Ternate nih seminggu kayanya udah banyak banget tempat yang dikunjungi sampe ke pulau-pulau sebelahnya. Tapi kalau lebih dari seminggu mungkin kerasa udah bosen karena Ternate pulau kecil jadi ya cuma itu-itu doang wkwk.

main ke Danau Ngade

pemandangan di uang seribu

view Pulau Hiri dari pantai Sulamadaha

view bagus dari Masjid Al Munawwar

Pantai Sulamadaha

Pemandangan dari jalan antar pantai

rumah makan di atas laut/pantai

• Biaya Hidup
Untung yang mau ke Ternate pakai uang pribadi, harus nyiapin budget lebih sih, selain karena tiket pesawatnya yang mahal, harga-harga barang di sini juga lebih mahal dari daerah Indonesia bagian barat. Mungkin karena biaya distribusi yang cukup mahal ya jadi meningkatkan harga jual juga. Tapi untuk makanan masih ada kok yang belasan ribu kaya Ayam Pak RT yang biasa gua makan.

Ayam bakar Pak RT

• Asertif atau Agresif?
Satu hal yang menurut gua unik dan baru gua pelajari selama di Indonesia Timur seperti Sulut dan sekarang di Ternate adalah asertivitas. Terutama di Ternate gua ngerasa gua sering terpaksa harus asertif karena ngga ada kata "ga enakan" di sini (mungkin di Jakarta juga sih ya, tapi masih sering kita temui orang yang ga enakan juga kan di sana) kalau di Ternate ini memang sudah menjadi watak setiap orang untuk selalu mengungkapkan apapun yang ada di pikirannya. Kalau lu ga enakan, ya lu pasti kalah haha. Bahkan asertifnya itu kadang kedengeran agresif juga nih kalau suaranya udah tinggi banget. Menurut gua ini unik sih karena jadi bisa ngebiasain diri gua untuk ga perlu kelamaan mikirin "takut nanti dia ngerasa begini begini" tiap mau ngungkapin sesuatu. Keren keren wkwk.

• Waktu Shalat
Karena Ternate adalah zona WIT paling barat, jadi sering waktu shalatnya mundur banget. Biasa kalau di Manado magribnya jam 6 sore, kalau di Ternate magribnya hampir jam 7 sore jadi jam setengah 7 sore itu masih terang banget. Subuhnya juga sekitar jam 5 lewat jadi jam 6 pagi itu masih agak gelap (mirip di Aceh lah ya). Karena ini mungkin ya jadi tengah malem tuh jalanan Ternate masih rame (orang-orang mulai beraktivitasnya agak telat). Dan yang gua suka di sini juga adalah karena mayoritas muslim jadi gampang nemu masjid dan makanan halal.

• Makanan Khas
Di sini orang biasa makan papeda. Gua pernah nyoba papeda tapi agak kurang sukang ya. Cuma suka kuahnya aja. Mungkin karena gua kurang suka sama tekstur papeda yang kenyal lengket begitu. Ada juga makanan unik di sini. Biasanya kalau di Sulawesi kan makan pisang goreng pakai sambel ya, di sini juga sama, pakai sambel tapi ada tambahan kacang goreng & ikan teri goreng juga wkwk.

makan papeda di pinggir laut

makan es campur di landmark

Sebenarnya pasti masih banyak hal yang gua baru tau pas gua berkunjung di Ternate. Tapi karena memori di kepala gua terbatas (uhuk, maksudnya gampang pikun), jadi gua baru bisa nulis segini doang. Gua juga baru beberapa kali (mungkin sekitar 5 kali) berkunjung di sini dan biasanya sekali visit ga lebih dari seminggu jadi belum banyak hal yang gua temuin di sini. Mungkin ada pengetahuan gua yang belum tepat atau belum komprehensif ya tentang Ternate ini, cmiiw.

Kadang ga abis pikir sama hal-hal baru yang bener-bener baru gua liat selama di sini. Gua juga sering ketawa sendiri (karena sering kesini sendirian wkwk) kalau lagi mengalami hal barunya itu. Semoga masih ada kesempatan gua untuk eksplor area Maluku Utara ya, pengennya sih sampe ke pulau-pulau lainnya juga. Selama ini gua baru pernah ke Pulau Ternate & Tidore aja nih. Doakan gua yaa kawan-kawan!

Benteng di Tidore

Pemandangan Pulau Tidore dari atas Benteng

Angkot laut aka speed boat
dari Ternate ke Tidore sekitar 20 menit

Flight menuju Ternate

Btw blog ini gua tulis sehari menjelang Ramadhan 1444H. Semangat menyambut Ramadhan dengan kondisi iman terbaiknya semoga menjadi berkah untuk kita semua~

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu