Langsung ke konten utama

Merantau ke Manado

    Gua inget dulu pas awal masuk BEM KM UGM, para personil baru diminta untuk membuat life plan pasca kampus. Salah satu life plan gua adalah keliling Indonesia entah gimana pun caranya gua mau banget explore daerah-daerah yang agak jauh dari tempat asal. Lalu tanpa disadari dan kian hari kian lupa dengan life plan ini ternyata Allah wujudin beneran tanpa diduga-duga. Gua kerja dapet penempatan di Indonesia (agak) timur yakni Sulawesi Utara. Ga cuma Sulut, area kerja gua 3 provinsi termasuk Gorontalo dan Maluku Utara. Wow! Masya Allah ga nyangka banget cuy.

    Gua pertama kali menapaki bumi Sulawesi Utara pada tanggal 2 Januari 2022. Semenjak hari itu gua belajar banyak hal dari Sulut dan sekitarnya. Karena gua lama di pulau Jawa, dan baru pernah main ke luar Jawa hanya di Provinsi Bengkulu & Sulawesi Selatan, jadi, ini merupakan hal baru buat gua. Udah mah, dari flight nya aja cukup lama ya CGK-MDC sekitar 3,5 jam ngerasa kaya udah merem-melek berapa kali tapi kagak turun-turun haha dan dari harga tiketnya pun muwahal dibanding temen-temen yang penempatan di daerah lain. Selain itu, banyak hal baru yang gua temui di sini, gua coba rinci satu-satu ya (tapi disclaimer dulu, ini gua jelasin yang pernah gua temui/alami selama 1 tahun di sini ya, bisa jadi ada yang kurang sesuai dibeberapa daerah tertentu karena gua domisili Manado-Minahasa Utara):


  • Cuaca/suhu Udara

di Sulawesi Utara cuacanya ngga panas tapi juga ngga dingin, biasa berawan kadang gerimis tipis-tipis juga bentar doang dan kontur tanahnya naik turun karena dikelilingi bukit dan gunung seperti gunung Klabat dan Tumpaan kalo ga salah (cmiiw). Nah, karena cuaca yang lumayan ‘adem’ ini, orang-orang asli sini kulitnya pada putih bersih (kalo ga salah karena ada keturunan Belanda juga sih). Jadi yang ceweknya pada cantik-cantik woee, banyak artis ibukota terkenal yang asalnya dari Manado kan ya, nah kaya gitu lah gambarang orang-orang Manado. Gua rada jiper kalo bandingin warna kulit sama orang sini (kebanting jauh coy) wkwk.



Pemandangan Sulut dari pesawat


  • Suku & Bahasa

Mayoritas orang asli sini suku Minahasa dan bahasanya juga bahasa Minahasa yang banyak dipake (banyak juga bahasa lain). Menurut gua bahasa Minahasa ini dominan bahasa Indonesia cuma logatnya aja yang berbeda jadi terdengar berbeda. Cara ngomong orang sini juga biasanya cepet banget jadi gua kadang kurang paham yang diucapinnya. Yang cewek kalo ngomong pada lembut banget euy, kalo yang cowok you know lah ya menggelegar jadi kadang kedengernya kaya orang marah wkwk. Ada salah satu sebutan yang unik dan baru gua temui di sini nih. Biasanya kita kalo mau manggil orang asing dan masih muda itu kan pakenya “mas/mba” ya, nah, kalo di sini panggilnya “cowo/cewe” lucu kan ya kaya cat calling wkwkwk tapi logatnya beda ya bukan kaya godain. Gua pernah dipanggil-panggil sama orang asing “cewe.. cewe” tapi karena gua masih belum engeh jadi gua kagak nengok wkwk.

Kata imbuhan belakang yang sering dipake adalah “dang” untuk pernyataan dang “jo” untuk perintah. Kalo kata yang menerangkan sesuatu yang sedang dilakukan itu biasanya pakai imbuhan “ba” diawal kata, contohnya “baputar” (berputar), “bacari” (mencari), “bakusayang” (saling sayang) dan masih banyak lagi. Kalau untuk sebutan kata ganti aku adalah “kita”, kamu adalah “ngana/ngoni”, kami adalah “torang/kitorang”, dia adalah “dorang/diorang”. Terus kalo mau menyebutkan kepemilikan pakai imbuhan “pe” contoh gampangnya di lagu Poco Poco ada lirik “ngana pe body” yang artinya “tubuh kamu”. Kalau kepemilikan diri sendiri biasanya pada nyebut “tape/kitape” contohnya “tape rumah” artinya “rumah saya”. Kalau kepemilikan orang ketiga atau sebuah benda biasanya pake kata “depe” contohnya “depe motor” artinya motor dia atau “depe kunci” artinya “kuncinya”. Selain itu, kalo mau nyebutin kata yang belakangnya huruf “n” biasanya berbunyi “ng” contohnya “ikang”, “makang”, “ujang”, “tamang” (teman) dan masih banyak lagi~ seru banget deh belajar bahasa sini meskipun gua masih tipis-tipis nerapinnya haha.



  • Lifestyle

gua pernah dikasih tau kalo orang sini punya prinsip “lebih baik kalah nasi daripada kalah aksi” yang artinya ngga apa ngga makan yang penting secara penampilan juara. Jadi, orang sini suka banget pakai barang branded, kendaraan mewah, hp ipun terbaru, dll meskipun ngga tau punya uang buat makan apa ngga :’) kedengarannya agak miris ya, tapi nyata loh. Gua sering banget ngeliat orang sini tuh bajunya bagus-bagus, jarang pake yang biasa aja/non branded kaya gua haha. Mereka merhatiin OOTD gitu loh. Tiap ke mall berasa paling kucel dah gua meanwhile orang sini pada heboh dandannya. Cewek-ceweknya pada suka pake baju pendek-pendek euy ketolong sama badannya yang bagus & bening jadi ga kampungan/norak. Terkait kendaraan ini, banyak gua liat pada pake mobil warna kuning terang banget wkwk jadinya kita ga bisa ga merhatiin dia gitu loh alias otomatis ter-notice.



  • Transportasi & Kondisi Jalan

Nyambung dari poin atas, ngomongin kendaraan, gua punya satu pengalaman ga terlupakan di sini. Jadi gua kan masih baru bisa nyetir mobil, terus gua bawa temen kantor main ke kota pas libur. Ga sengaja pas lewat dijalan yang agak sempit tapi 2 arah gitu gua nyenggol spion mobil yang lagi parkir. Pas gua cek ada 1 part yang copot. Itu tuh bagian yang nutup bawah spion terbuat dari plastik gitu loh. Terus pas gua temuin yang punya dia marah-marah dan ajak gua ke bengkel buat langsung benerin saat itu juga. Karena itu hari minggu, jadi ga ada bengkel official yang buka dong. Walhasil KTP gua ditahan satu malem biar besok mau dateng ke bengkel. Pas ketemu di bengkel resmi, kata bapak bengkel itu cuma bagian yang langsung dipasang aja pake tangan udah jadi ga perlu diganti apa-apa. Tapi si pemilik mobil ga terima, maunya diganti, keukeuh banget ampe ngajak gua ke bengkel official cabang lain, wanjay! Gua udah kesel banget coy. Akhirnya dia hubungin bengkel kenalannya (ga tau bengkel apa) dan bilang kalo ganti spion 1 bagian itu 600rb. Karena gua males ribut (you know lah pemiliknya udah semenjengkelkan itu) jadi gua langsung bayar saat itu juga yang penting KTP gua balik meskipun sambil dongkol banget. Haha itu pengalaman yang bikin gua harus hati-hati kalo mau berkendara di sini karena mode senggol bacok apalagi tau kita orang luar daerahnya.

    • Sopir angkotnya juga ga kalah menyebalkan (kayanya di mana-mana sopir angkot banyak yang nyebelin ya) suka berhenti ngedadak semaunya bahkan nurunin penumpang di tengah jalan juga bisa. Kalo kesenggol dikit dimarahin (padahal dia yang berhenti dadakan) hadeuh kudu ngalah wae lah. Di sini angkot biasa disebut “mikro” kalo mobil biasa disebut “oto”. Mikro di sini lumayan unik. Banyak yang memodifikasi body nya dibikin ceper/rendah gitu mungkin mereka ngerasa itu keren ya. Selain itu, mereka suka pasang toa dibagian luar (kalo ga salah bagian bawah) angkotnya buat nyetel musik kenceeeeng banget berasa toa mesjid tp jalan gitu loh wkwk. Musik yang dinyalain biasanya musik DJ yang jedag-jedug gitu loh. Ini ga cuma terjadi di angkot doang, mobil lain juga banyak yang pasang toa kaya pick up, truk, dll.

    • Fun fact di sini ada jalan tol loh meskipun ga begitu panjang. Jalan tol ini menghubungkan 2 pelabuhan: pelabuhan di Manado & Kota Bitung. Gua sendiri belum pernah nyoba lewat jalan tol ini sih karena sebenernya pake jalur biasa pun ya lancar-lancar aja lalu lintasnya. Denger-denger ini jalan tol paling sepi se Indonesia wkwkwk.

    • Trend sepeda motor

huft gua sering banget nemuin pengendara motor yang ga ada spionnya, sumpah ini menjengkelkan banget sih buat gua. Karena bisa membahayakan dia dan pengendara lainnya gitu loh. Parah parah.

Kalo gua amatin, di sini tuh banyak yang pake motor semacam nmax gitu loh (gua ga ngerti brand motor ada apa aja) intinya yang agak gede gitu, terus kadang spionnya dicopot (tapi banyak juga yang tetep terpasang kok), dan dilengkapi helm bermotif abstrak dengan warna gonjreng kaya kuning cetar atau pink begitu. Ga tau dah kenapa mereka pada suka kaya gitu.

    • Satu hal yang bikin gua agak shock di sini adalah penerangan jalan minim bangettttt. Jalan lebar dan jalur cepat itu banyak yang ga ada penerangannya. Kalo nyetir malem pas ujan beuh lengkap tuh penderitaan kudu pelan-pelan banget nyetirnya. Denger-denger sih sebenernya udah pernah ada pengadaan lampu jalan tapi batre lampunya sering dicuri karena mahal jadi lampunya ga berfungsi, alamak kenapa pula rangorang ini kepikiran buat nyuri batre lampu jalan yang setinggi itu :’) terus juga kenapa ngga diadain inovasi dari hal lain atau sanksi atau regulasi baru gitu dari pemerintahannya (punten ini mah, udah mah cuma pendatang tapi demanding wkwk) tapi beneran bahaya banget loh kaya udah gatel banget pengen ngadu buat diadain lampu diseluruh jalan.

    • Ada lagi nih hal yang baru gua temui di jalanan sini: banyak anjing berlalu lalang dijalan. Ga jarang anjing ini pada diem di tengah jalan atau nyebrang tiba-tiba (gua pernah hampir nabrak anjing karena nyelonong tiba-tiba, untung masih kuat ngerem huhu). Bahkan ada juga yang kondisinya rabies gitu (kata temen gua yang tau ciri rabies ya). Jadi agak serem kalo jalan kaki terus tbtb dideketin anjing, soalnya gua ga berani dan ga tau caranya ngusir anjing wkwk. Selain anjing, ada juga babi yang lewat, hayoloh baru banget nemuin hal kaya gini.



  • Manado Kota Doa

seperti yang kita tau kalo mayoritas penduduk Sulawesi Utara beragama Kristen Protestan maupun Katolik (kalo gua liat di gugel sih hampir 70%). Sepanjang jalan tiap berapa puluh atau berapa ratus meter gitu pasti ada gereja. Gua jadi tau kalau gereja itu ada jemaat-jemaatnya juga, cara ibadahnya juga ada yang berbeda, beda jemaat beda gereja, dll. Gereja katolik biasanya punya bangunan yang unik bahkan mirip masjid. Gua juga baru tau kalo di gereja ternyata ada toa (kaya masjid), bisa dipake tiap kali ada ibadah, dan bisa juga dipake untuk mengumumkan agenda ibadah di rumah warga sesuai jadwalnya. Gua tiap bangun pagi sekitar jam 5 gitu selalu denger suara orang ibadah di gereja gitu dari toa. Kemaren baru aja natal dan bisa kebayang ya gimana kerlap-kerlipnya rumah orang maupun jalanan di sini karena pada pasang lampu tumblr yang jadi salah satu ikon natal.

    • Di sini juga ada salah satu ikon terkenal Manado yaitu patung Yesus Meberkati. Patungnya gede banget dipinggir jalan ringroad jadi keliatan kalo mau sekedar lewat doang

    • Kebalikan dari daerah lain, di sini nyari masjid agak sulit, jadi gua jarang denger suara azan, kalo mau tau jadwal buka puasa bisa mengandalkan aplikasi wkwk.



  • Di sini kalo ada acara pesta gitu biasanya nyetel musik jedag jedug pake speaker kenceng alias “disko tanah” atau bisa juga pake musik lainnya dan orang-orangnya bisa langsung kompak joged/dansa kaya senam poco poco gitu, literally kompak banget tanpa ada koreografer atau yang ngasih instruksi, barisnya juga rapih, luar biasa, kece! Selain pinter joged, orang sini juga pada pinter nyanyi suaranya bagus-bagus dan lepas gitu loh, mungkin kebiasaan ibadanya juga nyanyi jadi pas nyanyi lagu lain tuh ya udah kebentuk bagus suaranya entah cewek maupun cowok, muda maupun tua keren semua deh.



  • Makanan Khas

    • Bubur Manado/Tinutuan

Kayanya tinutuan ini udah lumayan terkenal ya untuk yang udah tau Manado atau Sulawesi Utara. Jadi setau gua tinutuan ini bubur yang terbuat dari jagung dan ada sayur hijau nya (gua ga ngerti sih itu daun apa tapi bukan bayam), kadang ada juga yang dicampur singkong atau ubi, campur mie juga bisa. Ada juga ikan cakalang yang jadi ikon khasnya Kota Bitung. Kalau di resto biasa menunya ada mie cakalang. Indomie juga punya rasa ikan cakalang loh versi goreng maupun kuah.

Tinutuan dengan view Paddies Kimuwu

    • Perkedel Milu

Salah satu makanan favorit gua di sini adalah perkedel milu (jagung) sebenernya ini bakwan jagung ya sebutannya kalau di Jawa, tapi orang sini nyebutnya gitu. Sejauh ini gua paling suka perkedel milu di Sari Laut Manado karena kering dan renyah gitu. Ada juga perkedel nike atau bakwan ikan nike gitu. Gua pernah liat di ig awkarin waktu ke Manado pernah nyoba ini.

    • Pisang Goroho

Pisang goroho juga salah satu makanan iconic nya Manado nih. Setau gua goroho itu salah satu jenis pisang ya yang biasa dimakan di sini. And you know lah kalo di Sulawesi makan gorengan pisang itu pake sambel. Di sini pake sambel roa (ikan) tapi gua sendiri belum doyan makan pisang pake sambel :( hiks hiks masih belum masuk di kepala gua konsepnya nih wkwk. Pisang goroho ini disajikan dalam berbagai bentuk ada yang stik kaya kentang goreng, ada yang pipih kaya keripik (tapi lembut), ada juga yang dibikin bentuk kipas dan pake tepung. Oh iya, ada klapertaart juga yang biasa jadi oleh-oleh kalo abis main di Manado.

Pisang Goroho + sambal roa dengan view dari Raewaya Hills

    • Satu hal lagi terkait makanan di sini yang udah kita ketahui bersama ya, apalagi kalo bukan babi (sorry gua sebut frontal biar ga ambigu aja). Di sini banyak yang jual babi potong di pinggir jalan. Banyak banget ditemui tempat makan yang menyediakan makanan dari babi jadi untuk muslim kalo cari makan di sini harus hati-hati, biasanya kalo mau mastiin makanan itu halal bisa dilihat dari spanduk depan ada tulisan halalnya atau yang jualan orang Gorontalo atau Jawa yang menyediakan menu halal semua. Beberapa makanan dari babi yang sering ditemui di sini ada biapong ba (bakpau babi), mie ba, ragey (sate babi). Sebenernya ga cuma babi, ada banyak hewan lain yang baru gua tau kalo ternyata dikonsumsi ama orang sini. Gua pernah ke pasar extream Tomohon yang terkenal berisi para penjual hewan-hewan ngga biasa seperti ular, kelelawar, anjing, tikus, babi hutan, dan masih banyak lagi. Hewan-hewan ini dijual untuk dimakan loh :’) omaygat sampe ada kata-kata begini “di sini semua yang berkaki empat dimakan kecuali meja & kursi” ebuset, sungguh extream ya. Ddan bukit larata di



  • Wisata Alam

Sulawesi memang terkenal dengan keindahan alamnya terutama pantai. Gua setuju akan hal ini karena gua udah beberapa kali main ke pantai di Sulawesi Utara itu banyak yang bagus terutama deretan pantai Tondano dan Likupang. Keren banget sih, pasir putih & air biru jernih gitu jadi cantik banget masya Allah. Karena gua ga bisa renang jadi cuma bisa nikmatin pemandangannya dari pinggir pantai aja tapi gua pernah sekali dijeburin temen-temen, kacau bet emang mereka nih. Gua pernah ke pantai New Triple M di Tondano, pantai Paal & Pulisan dan bukit larata di Likupang, pantai rcti di Bitung (tapi yang ini pasirnya item sih).

Selain pantai, ada juga danau yang ga kalah bagusnya kaya danau Linow dan danau Moat. Danau Linow estetik banget sih warna danaunya ijo agak tosca dikelilingi tumbuhan ijo juga dan kalo sore ada kabut didukung cafenya yg juga bagus. Kalo danau moat gua baru sempet ke resto yang ada kebun stroberinya, dan rasa jus stroberinya enak banget sumpah :’) jadi pengen lagi. Kondisinya juga di atas pegunungan gitu jadi dingin dan disekelilingnya banyak tanaman bunga yang cantik-cantik huhu masya Allah keren banget deh asri gitu. Ada juga Raewaya Hills dan Paddies Kimuwu yang merupakan tempat wisata di atas bukit jadi keliatan pemandangan yang bagus banget. Gua juga pernah naik gunung Lokon, salah satu gunung yang punya belerang dibagian atasnya. Uniknya rute naik Lokon ini kaya susur sungai kering yang tinggal menapaki bebatuan aja tau-tau udah sampai area belerangnya.


Danau Moat


Pantai RCTI (Bitung)

Pantai Paal (Likupang)

Bukit Larata (Likupang)



jus stroberi Danau Mo'at


  • Selain wisata alam, ada juga mal nih. Denger-denger Manado ini kota metropolitan kedua di Sulawesi setelah Makassar jadi lumayan lengkap isi mal nya. Ada Mantos (Manado Town Square) yang luaas bangeet & ada Mega Mall di area kawasan. Yang bikin unik, mall mantos ini dipinggir laut banget. Jadi kalo kita parkir mobil itu di depan udah laut. Setau gua area mall ini reklamasi gitu sebelumnya memang udah area laut tapi ditimbun dan dibangun gedung-gedung yang merupakan pusat perekonomian Kota Manado salah satunya mal ini.

Sunset dari pantai dekat Kawasan Mega Mall



Wah ga kerasa udah ngetik panjang lebar setelah menjadi pendatang selama satu tahun di sini. Banyak hal baru yang baru gua temui di sini dan bisa menjadi pembelajaran untuk gua ke depan. Meskipun banyak merasakan perbedaan, tapi hidup di Sulut memang penuh toleransi khususnya dalam hal agama. Sesimpel gua mau suntik vaksin aja petugasnya nawarin gua untuk suntik di dalem ruangan meanwhile orang lain langsung suntik di ruang terbuka tempat banyak orang berlalu lalang huhu terharu. So happy menutup tahun dengan nulis blog (literally ini kelar 1,5 jam menjelang ganti tahun) Gua yakin sebenernya masih banyak hal yang belom gua ceritain tentang Sulut ini semoga next time ada kesempatan untuk nulis dan bercerita lagi. Rencana gua juga mau nulis tentang pengalaman gua selama di Gorontalo & Maluku Utara tapi nanti setelah gua lebih banyak mengamati lagi ye ehehe mohon doanya saja semoga gua, lu, kita semua sehat selalu biar bisa metadabburi setiap perjalanan yang kita lalui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu