Langsung ke konten utama

Lima Kali Mendaki Gunung

Bismillahirrahmanirrahim..

Sebenernya gue udah lama mau cerita pengalaman mendaki gunung. Tapi baru sempet gue tulis sekarang dan ini mau gue tulis sekalian lima pengalaman, wkwk. Sebenernya beberapa ceritanya udah gue post di ig ga lama setelah mendaki, tapi versi lebih panjangnya gue tulils di sini. Sorry kalo ceritanya ga begitu lengkap karena keterbatasan memori jangka panjang di otak gue jadi gue sajikan seadanya. Enjoy it!
Dulu, pas gue masih di MAN, kegiatan mendaki gunung semakin booming setelah muncul film 5 cm tahun 2012. Selain itu, mendaki gunung menjadi sebuah tradisi (yang gue ga tau kapan awal munculnya) di sekolah gue buat siswa kelas XII setelah UN menuju wisuda. Ketika astonic (angkatan gue) selesai UN pun, kami mengadakan tradisi ini. Ngga semua anak seangkatan ikut mendaki gunung, ada yang ga mau, ada yang ga dapet izin dari ortunya, dan alasan lain. Karena gue seneng sama kegiatan-kegiatan fisik, gue pun ikut agenda mendaki gunung ini. Pengalaman mendaki gunung gue pun dimulai.
1.     Gunung Papandayan (2665 mdpl)
Tanggal 2-3 Mei 2015 kami ke Gunung Papandayan, Garut. Kami bertiga puluh empat. Tiga puluh anak astonic (Cocom, Aziza, Shaffa, Fape, Viki, Sonny, Novri, Eja, Mar’ie, Hafiz, Gantang, Alwan, Nafis, Lulu, Roja, Oya, Umi, Selvi, Hani, Azzam, Dhio, Cahya, Tamara, Anggia, Nisa, Firza, Sipaw, Gilang, Yassin, dan gue), 3 orang guru (Pak Tri, Pak Ipik, & Pak Rapik), dan 1 anak guru (Dzikri, anak Bu Nova). Persiapan kami dilakukan dari asrama. Beberapa anak astonic yang tergabung dalam komunitas ASPAL (astonic pecinta alam) yang sebelumnya udah pernah naik gunung, banyak berperan dalam tahap persiapan ini terutama dalam hal penyewaan alat. Saat itu gue bener-bener baru pertama kali mengenal peralatan buat naik gunung, yang ternyata lumayan ribet. Mulai dari tas carrier, matras, sleeping bag, nesting, tenda, alat makan, bahan makanan, P3K, sampe ke perlengkapan lainnya buat jaga-jaga. Tapi karena kami bareng-bareng, semua bisa diatur dengan baik dan lancar, alhamdulillah.
area belerang
Gue suka sama Gunung Papandayan karena menyuguhkan 3 pemandangan yang berbeda saat kita mendakinya. Pertama, pas masih mendaki diarea rendah, kami disuguhkan oleh pemandangan belerang dengan asap-asapnya. Tanah yang kami pijak berwarna putih. Naik ke dataran yang semakin tinggi, kami disuguhkan oleh pemandangan hutan mati. Masih dengan tanah berwarna putih, dihiasi pohon-pohon yang sudah mati. Biasanya tempat kaya gitu dipake buat syuting video clip lagu religi, wkwk. Pemandangan paling atas, seperti digunung-gunung lainnya, warna hijau dimana-mana, ada bunga edelweiss juga (ini kali pertama gue liat langsung), dan ada air dari mata air yang bisa kami pake buat minum dll. Uniknya lagi, di pos terakhir ada warung dan toilet yang udah dibangun buat para pendaki :’) mantep kaaaan? Meskipun saat itu antriannya lumayan puaaanjang, karena jumlah toilet (kalo ga salah) saat itu baru 3, tapi lumayan banget daripada buang air disemak-semak. Terlebih karena ini kali pertama gue mendaki hehe. Kami menginap semalam di pos terakhir dan mulai mendaki ke puncak keesokan harinya. Track menuju puncak lumayan curam, bahkan sampai merangkak karena >45 derajat sudutnya. Tapi pas nyampe puncak, pemandangannya baguuuus. Kami banyak foto di puncak.

hutan mati

Oh iya, ada hal lucu yang gue alami saat di Papandayan. Waktu itu ada seorang temen gue jatuh kepeleset di deket area air dari mata air. Gue pun refleks ngetawain tuh bocah. Ga lama kemudian gue juga jatuh disitu wkwkwk “karma does exist” guys. Kalo ada orang bilang “jangan macem-macem di gunung” udeh turutin aja. Alhamdulillah gue cuma dapet karma kepeleset ye kan daripada lebih parah lagi? (jangan sampe). Meskipun begitu, gue puas mendaki Papandayan. Hal ini menjadi pengalaman gue yang bisa memotivasi gue buat naik gunung lagi dan lagi.
area puncak
***
2.     Gunung Andong (1731 mdpl)
Waktu berlalu, gue jadi maba di psikologi UGM. Di kampus, gue ikut LDF, jadi gue banyak main sama temen-temen selembaga ini. Sampai suatu waktu, ada temen gue yang ngajakin buat ngadain agenda naik gunung. Gue semangat dong, wkwk. Akhirnya kami ngajakin temen-temen seangkatan di lembaga buat naik gunung bareng. Didapetlah dua belas orang yang mau mendaki Gunung Andong, Magelang. 9 anak psiko (Amaniy, Ali, Afwan, Ripun, Ayu, Yuman, Rohmad, Sam, dan gue), Arman (anak hukum), Ka Halim (kating geografi), dan Fayad (adek Ripun). Kami persiapan di kos Amaniy & Ripun. 21 Desember 2016, siang hari kami kumpul di kos Amaniy & Ripun. Sore harinya kami berangkat ke Magelang pake motor. Sempet ada kendala motor yang bannya bocor. Kami sampe di basecamp sekitar jam 19.30 WIB. Kami mulai mendaki sekitar jam 21.30 WIB. Saat kami mulai naik, tiba-tiba Amaniy pengen balik ke basecamp, jadilah dia balik dan nginep di sana selagi kami naik. Kami sampe puncak jam 23.45 WIB, langsung diriin tenda dan beres-beres sampe sekitar jam 01.30 setelah itu baru tidur. Ga kaya gunung Papandayan yang ngecampnya di pos sebelum puncak, di Andong ini kami ngecampnya di puncak. Karena emang gunungnya terbilang ga begitu tinggi.

22 Desember 2016 kami liat sunrise dari puncak Andong. Tentunya kami juga foto-foto dongsss hehe. Oh ya, si Yuman masak nasi sambil cerita-cerita tentang cara dia masak (karena dia anak palapsi, jadi lumayan jago urusan masak di puncak) dan tentang awal mula nama panggilannya dibuat sama neneknya dengan spontan, wkwk. Kami beberapa kali main Uno setelah makan. Setelah itu beres-beres, dan turun. Sampai basecamp dzuhur, lanjut pulang tapi mampir ke SS dulu (dengan kondisi masih pada dekil baru turun gunung wkwk). Pengalaman mendaki kali ini lumayan singkat dan sederhana, tapi yang seru dari pengalaman mendaki ini menurut gue adalah cerita-cerita dari temen-temen. Apalagi si Arman yang lucu itu dan Ka Halim yang lumayan berpengalaman. Ka Halim saat itu pejabat tinggi BEM KM kalo ga salah. Dia sempet kelupaan buat foto-foto endorse produk di puncak huhu baru sadar pas udah nyampe basecamp. Track di Andong ini enak banget menurut gue karena didominasi track dengan undakan-undakan kaya tangga gitu jadi ga sulit dan sebenernya bisa cepet.

gue ga banyak nyimpen dokumentasi di Andong dan ga nemu gdrivenya huhu
Gue sebenernya pengen banget naik gunung minimal setahun sekali, tapi qadarullah tahun 2017 ga berkesempatan, gue lupa kenapa. Tapi saat itu sebenernya anak astonic ngadain agenda naik gunung ke Gunung Semeru. Mantap banget ye kan, ga papa :’) maybe next time gue bisa kesana.

***
3.     Gunung Merbabu (3142 mdpl)
pemandangan Merapi
Tahun 2018 astonic ngadain agenda mendaki gunung juga. Astonic biasa ngadain agenda naik gunung pas libur semester genap setelah lebaran. Kami menyesuaikan waktu liburan beberapa kampus yang kadang ga sama persis. Kalo ga salah kami bersembilan belas yang mau mendaki gunung. 16 anak astonic (Gilang, Novri, Azzam, Kukun, Gantang, Hilmi, Tika, Lulu, Hani, gue, Firza, Oya, Hafiz, Viki, Roja, Afif), Heni (anak UI, temen Lulu), Ifa (anak ITB), dan Yuma (anak Jepang). Kami ke Merbabu tanggal 25-26 Agustus 2018. Kami melakukan persiapan & nginep di rumah Gantang (Klaten) sebelum mendaki. Kami berangkat lewat jalur Selo Baru. Sedari basecamp sampe pos 1 (kalo ga salah) kami naik ojek. Gue waktu itu naik ke ojek yang nyetir cewek, ngeri bet cuy tracknya, jalannya sempit, naik, kanan tebing kiri jurang, mantap. Pas naik ini, kami disuguhkan pemandangan indah dari Gunung Merapi yang ada di belakang kami. Kami ngecamp di pos Sabana 1. 26 Agustus dini hari antara jam 2 atau 3 kami mulai mendaki ke puncak. Tentunya kami ga lupa buat mampir sholat subuh dulu di perjalanan. Ada momen lucu pas sholat subuh. Si Gantang yang saat itu pake celana pendek selutut terpaksa kudu pake mukena Firza (mukena langsungan) buat sholat subuh, keliatan kaya pake jubah gitu si Gantang wkwkwk. Kami agak lama diperjalanan menuju puncak, jadi kudu buru-buru biar dapet sunrise.

foto di puncak

suasana tenda

trio pengejar sunrise
(ga peduli muka cemong)
Gue kalo naik sering banget ada di depan rombongan, ga tau kenapa, ngerasa kaya lebih cepet aja kalo ada di depan disbanding kalo lagi di belakang. Karena gue pengen banget dapet pemandangan sunrise dari puncak, gue pun berusaha sekuat tenaga biar cepet nyampe. Saat itu yang paling depan dari rombongan kami ada tiga orang, gue, Oya, dan Yuma. Kami saling memotivasi satu sama lain buat cepet melangkah. Alhasil, kami bisa sampe duluan, yeay, kami dapet sunrise dari puncak kentengsongo. Selama mendaki, banyak debu yang menerpa kami, bikin wajah kami jadi cemong wkwkwk. Masalah pun dimulai saat gue turun dari puncak. Kami turun lewat jalur Selo (lama). Dari jalur ini ga banyak pemandangan yang gue liat, kebanyakan tertutupi sama pohon-pohon, ga kaya di Selo Baru. Gue saat itu pake sandal gunung. Agak licin pas gue pake turun, apalagi tracknya lumayan curam pas gue lalui buat turun. Gue takuuuut luar biasa. Kata temen-temen “ayo lari aja om” gue takut ga bisa ngerem pas lari, ntar yang ada gue malah jatoh guling-guling atau kemungkinan terburuknya ngguling di jurang kan berabe cuy :’( gue jadi rombongan yang ada diakhir-akhir deh pas turun karena takuuut huhu. Gue sampe bilang ke diri gue sendiri biar ini pengalaman mendaki Merbabu jadi pengalaman pertama dan terakhir gue aja ga mau lagi-lagi, cukup sekali aja, cukup, wkwk. Gue ga banyak inget sama perjalanan gue saat di Merbabu, cuma inget beberapa hikmah yang gue dapet aja selama di sana. Pendakian ini adalah pendakian di gunung tertinggi yang pernah gue pijak.
sebelum turun foto bawa carrier

***
4.     Gunung Prau, Wonosobo (2565 mdpl)
Masih bareng sama astonic, kali ini kami ke Gunung Prau, Wonosobo tanggal 19-20 Agustus 2019. Karena tahun ini jadi tahun terakhir kuliah mayoritas anak astonic yang beberapa udah lulus dan beberapa masih skripsian (termasuk gue), kami agak santuy nentuin tanggal. Selain itu, agenda ini dikasih judul “One Last Climb” karena kami ga tau kalo udah pada kerja nanti bakal tetep bisa ngadain agenda tahunan ini lagi apa kagak. Kami berlima belas (kalo ga salah). Ada 14 anak astonic (Salman, Coqi, Afif, Roja, Mar’ie, Lulu, Selvi, Hani, Amany, Azzam, Eki, Eja, Kukun dan gue) & Heni (anak UI, yang sebelumnya ikut mendaki Merbabu). Anak cewek (karena semuanya dari luar jogja kecuali gue) pada nginep di kos gue. Anak cowok nyewa rumah di Condongcatur buat jadi basecamp persiapan. Sebenernya sebelum gue memutuskan untuk ikut mendaki, gue masih bingung. Karena saat itu skripsi gue udah selesai dan gue lagi nargetin buat segera sidang. Tapi qadarullah gue ga kunjung dapet acc, jadi, pas udah mepet hari H gue baru memutuskan kalo gue ikut. Mendadak banget, tapi alhamdulillah gue bisa dengan mudah ngumpulin peralatan yang dapet gue pinjem dari temen-temen KKN gue yang baik hati & tidak sombong ini wkwk.

jajan di warung
Kami berangkat subuh dari jogja ke basecamp pake mobil. Di basecamp kami sempet melakukan persiapan bentar, seperti biasa, pada pake sun block dulu sebelum naik, pake yang SPF 50 wkwk. Menurut gue track di Prau ini lumayan mudah (mungkin karena tahun sebelumnya gue baru dari Merbabu yang bikin gue shock luar biasa wkwk). Jadi agak santuy naiknya. Kami juga beberapa kali mampir di warung pas nyampe pos-pos tertentu. Kami ngecamp dipuncak Patak Banteng. Di sini pemandangannya baguuuus banget. Bisa ngeliat beberapa puncak gunung lain. Ga tau kenapa kesan yang gue dapet pas ke Prau ini bagus banget. Mungkin karena abis stress skripsian juga kali ya, hehe ditambah kali ini yang ikut naik cowoknya banyak banget dibanding cewek, jadi beban bawaan cewek terkurangi.
Malem pas kami ngecamp di tenda, si Gantang semangat banget buat ngadain “deep talk” wkwk. Tapi rada gaje sih deep talknya saat itu, cuma beberapa dari kami saling cerita aja. Cerita apapun yang mau diceritain, wkwkwk. Ga ada strategi sih, jadi ga bisa deep talk beneran deh. Abis kami makan dan ngemil, kami pun masuk tenda masing-masing. 2 tenda cowok dan 1 tenda cewek. Tapi pas gue di dalem tenda, gue sempet denger beberapa cowok yang masih ngobrol di luar, dan gue merasa obrolan itu baru bisa dibilang deep talk, ga kaya tadi. Cowok-cowok saling curhat tapi mereka ga sadar yang cewek bisa denger dari dalem tenda, wkwk.
sebelum turun makan dulu sambil nikmatin pemandangan kece
Pagi hari kami foto-foto, liat sunrise, dan masak sarapan sekalian ngabisin bahan-bahan makanan yang belum abis. Banyak banget yang masih sisa, ada sarden, mie instan, sosis, telor, pokoknya makmur banget dah tuh sebelum turun ngisi amunisi. Abis itu kami turun, sampe basecamp bersih-bersih, dan pulang. Diperjalanan pulang, kami sempet mampir makan siang di sebuah rumah makan. Terus lanjut perjalanan ke jogja. Mobil kami sempet misah. Di sebuah SPBU, mobil rombongan gue berhenti buat isi bensin plus sholat magrib. Ada kejadian lucu juga di sini. Saat itu yang sholat ada Mar’ie, Roja, Kukun, gue, ada sepasang cewek & cowok juga yang ikut berjamaah sama kami. Yang jadi imam si Mar’ie, dia baca sebuah surat pendek di rakaat pertama (gue lupa tepatnya) eh terus tbtb lupa ayat selanjutnya.
deep talk gagal
Gue pengen banget tuh nyeletuk ngelanjutin ayatnya tapi gue mikir “kan ada Roja sama Kukun yang jadi ma’mum cowok, kali aja mereka mau lanjutin tuh ayat” kocaknya mereka berdua kagak ada yang ngelanjutin, wkwkwk gue pen ketawa saat itu. Lanjut dirakaat kedua, kalo ga salah si Mar’ie baca surat an nas dan ternyata :’) sempet lupa ayat juga. Gue husnuzan lagi lah sama Roja & Kukun eh mereka juga kagak ada yang ngingetin, wkwkwkwkwk ini orang pada kenapa sih, pada ngelamun kali ya pas sholat, sampe temennya yang jadi imam lupa ayat aja kagak nyadar :’) ya Allaah ampun deh. Abis sholat sembari jalan ke mobil kami ketawa terus. Sampe si Roja bilang sesuatu buat nenangin Mar’ie “udeh ga papa ie, lu kan sipit, kali aja orang-orang husnuzan lu itu muallaf jadi maklum lupa surat-surat pendek” wkwkwk kocak banget Ya Allah.
Nyampe jogja malem. Kami beres-beres perlengkapan di area kos gue bentar sebelum pada nyebar buat istirahat. Ada kejadian nyebelin juga nih pas gue diperjalanan. Malem sebelum kami ke mendaki kan gue sempet minjem motor Aldo. Karena udah kemaleman, gue naruh motor Aldo di kos gue, biar dia ambil sendiri besok paginya di kos gue sambil bilang ke Uun atau Cahyo (anak kos gue). Pas gue lagi perjalanan balik ke Jogja tbtb si Aldo hubungin gue dan bilang kalo motor dia kagak ada di kos gue. Padahal kunci motornya masih ada di atas lemari gue. Gue panik banget cuy. Masa bisa ilang tuh motor. Gue coba hubungi bapak penjaga kos dan ngobrol sama ibu yang ngekos di sebelah sampe-sampe tuh ibu prihatin ngeliat gue karena ngilangin motor temen huhu. Tapi ternyata pas kami udah sampe jogja dan udah pada di tempat istirahat masing-masing, si Eki bawa motor Aldo dong. Padahal tadi gue sempet diomongin Aldo kalo motornya ga ada. Dia ngerjain gue!!!! Parah banget asli. Gue panik seperempat mati (kalo setengah mati udah mainstream kan ya wkwk). Gue kesssseeeeel banget sama Aldo yang udah watados banget ngerjain gue. Kacau kacau. Yaa begitulah beberapa cerita kegilaan gue yang gue inget saat mendaki Prau mulai dari persiapan sampe pulang.

***
5.     Gunung Sindoro (3136 mdpl)
Gue udah pindahan dari Jogja ke rumah pas akhir 2019. Tapi pas awal 2020 gue ada keperluan di Jogja, jadi gue stay di Jogja selama beberapa waktu dan ga kerasa sampe sekitar sebulan wkwk. Pendakian ini lumayan berbeda dari pengalaman mendaki gue biasanya. Sebelum-sebelumnya kan gue mendaki sama astonic atau temen lembaga gue di kampus dan udah direncanain dari jauh-jauh hari kan. Jadi seenggaknya udah ada bayangan persiapannya mau kapan, gimana, dll, dan seenggaknya nyiapin fisik juga, entah cuma jogging sekali atau olahraga lainnya. Nah, pengalaman mendaki gue kali ini beda banget karena mendadak banget banget banget. Gue baru diajak mendaki pas malem sebelum besok paginya berangkat. Gimana ga kaget coba tuh? Tapi karena gue pengen banget naik gunung jadi gue ambil kesempatan ini.

Awalnya si Imad pas magrib tbtb ngechat gue nanyain besok dan lusa ada agenda apa kagak. Kebetulan gue waktu itu belum punya agenda. Gue pikir si Imad butuh bantuan sesuatu. Eh ternyata dia ngajak muncak ke Sindoro :’) duarrr kaget sekaliiii gue saat itu disuruh persiapan ini itu buat berangkat pagi-pagi besoknya. Gue tanya mendakinya sama siapa, dia bilang dia juga ga tau siapa aja, yang dia tau ada Yumna aja sama temen-temennya.

Gue coba ngontak temen-temen gue yang punya peralatan mendaki buat gue pinjem. Temen-temen gue rata-rata udah ngga di Jogja, otomatis gue ga pinjem peralatan mereka :’( huhu. Qadarullah ada Faisal yang saat itu masih punya peralatan naik gunung yang cukup lengkap di kontrakannya. Gue pun ga pake lama langsung minjem banyak barang ke dia, mulai dari tas carrier, matras, sepatu, sleeping bag, bahkan sampe dipinjemin sarung tangan, huhu gue terharu banget karena Allah masih ngasih orang baik buat bantu gue. Abis itu gue langsung siap-siap di kos buat berangkat besok paginya.
Kami berenam ada Yumna, Imad, Fifi (temen Yumna anak arsi), Desqi (temen Yumna di masjid At Taqwa), Bakas (temen Desqi anak peternakan) kumpul di depan neutron jakal sekitar jam 6 pagi (26 Januari 2020). Kami berangkat ke Wonosobo naik motor. Pas di jalan magelang, motor Unuy (yang gue naikin) tbtb bocor, jadi kami nyari bengkel dulu dan yang lain nunggu di minimarket. Abis itu lanjutin perjalanan dan sampai di basecamp dengan selamat. Sejujurnya gue di rombongan ini cuma kenal sama Imad dan baru sekedar tau Yumna (belum terlalu kenal). Tapi ternyata mutual kami tetep ada meskipun ga banyak. Hebatnya sebuah perjalanan adalah bisa bikin orang yang awalnya ga saling kenal sama sekali bisa jadi kenal banget sama orang-orang itu karena kita ngelakuin banyak hal bareng-bareng jadi bisa tau banyak keahlian orang-orang bahkan sampe aib-aibnya wkwk.

bersiap naik
Di basecamp Sindoro via Kledung, proses pendaftaran dilakukan. Administrasinya cukup banyak memakan waktu terlebih yang berkaitan sama logistic. Kami diwajibkan bawa sleeping bag dan senter taip orang. Kemasan-kemasan makanan/minuman/lainnya semua dihitung berapa aitem karena pas turun di basecamp bakal dicek lagi jumlahnya. Kalo kurang bakal didenda. Gue waktu itu bawa permen milkita yang kecil-kecil. Kemasan permen kaya gitu ga boleh dibawa ke atas, jadi harus dibuka semua kemasannya dan disatuin di satu plastik klip. Setelah semua pengecekan selesai, peralatan lengkap, udah pada ke toilet juga, kami pun mulai jalan. Btw karena ini pendakian yang mendadak buat gue (karena gue baru diajak H-1 sedangkan mereka udah merencanakan agenda ini H-14) gue ga ada persiapan fisik. Gue udah lama ga olahraga. Jadi, pas mulai melangkah mendaki Sindoro gue ngerasa cukup berat. Tapi lama-kelamaan gue lumayan bisa ngimbangin ritme mereka.
Dibeberapa titik selama pendakian ada beberapa warung. Kami mampir ke warung-warung itu, entah sekedar melepas lelah ataupun jajan gorengan banyak-banyak wkwk. Karena kami cuma berenam (pendakian dengan jumlah tersedikit yang pernah gue ikutin) jadi lebih gampang mantaunya. Seperti biasa, gue berusaha buat ada di depan terus, meskipun kali ini ada si Fifi yang semangatnya lebih tinggi dari gue jadi dia lebih stabil di depan terus. Kalo Yumna stabil di belakang terus wkwk, sebagai pemimpin kelompok kami, dia sangat memegang prinsip “Tut Wuri  Handayani”. Kalo yang cowok berubah-ubah posisinya, kadang yang paling depan si Imad, kadang Bakas, kadang Desqi. Pokoknya mereka gentian jaga di belakang buat nemenin ketua tim kita, Yumna.
Kami sampe tempat camp (pos 3) sekitar waktu magrib. Si Imad & Bakas nyampe duluan. Mereka diriin tenda. Gue sama Fifi menyusul. Kami berempat sholat magrib di warung deket tenda. Oh ya, karena kami naik hari Minggu, yang mana orang-orang biasanya hari Minggu itu turun, jadi di tempat camp cukup sepi dan lega. Si Bakas langsung tepar di tenda (kasian juga bawaan dia lumayan berat) gue Imad dan Fifi nongkrong di warung makan gorengan sambil ngobrol sama bapak ibu pemilik warung. Sampe waktu isya tiba, si Desqi & Yumna baru sampe.
masak buat makan malem
Karena kami udah pada kekenyangan sama gorengan, makan malem kami pun ga abis. Padahal kami masak nasi, sarden & mie instan. Yumna bikin energen. Jadi nyisa mie nya sampe besok pagi. Abis makan kami pun tidur. Si Fifi udah tidur duluan di tenda karena kedinginan. Pas ditenda awalnya gue bisa tidur nyenyak, tbtb gue kebangun karena denger suara rame-rame rombongan orang mau ke puncak. Abis itu gue susah tidur karena kedinginan. Gue berusaha sedemikian rupa bikin posisi yang pas buat tidur. Karena tidur berbaring kena air embun yang dingin dari luar, gue pun berusaha tidur duduk, ga bertahan lama, badan gue malah sakit wkwk. Sekitar jam 4 gue bangun dan sholat. Si Imad ga sabaran banget ngajakin ke puncak mulu. Tapi anak-anak lain masih belum pada bangun sampe sekitar jam 5 mereka baru pada bangkit sholat. Saat sunrise kami naik ke pos sunrise camp (sekitar beberapa belas menit dari pos kami ngecamp). Tadinya kami mau ke puncak, tapi gue denger rumor kalo cewek yang lagi haid ga boleh naik sampe puncak, qadarullah gue pagi itu mulai haid :’)) huhu. Tadinya yang lain pengen tetep ke puncak tapi karena ke puncak membutuhkan waktu beberapa jam sampe turun lagi, dan ada yang punya agenda sore hari di Jogja, kami pun ga jadi ke puncak. Ini kali pertama gue ke gunung tapi ga nyampe puncak :’) dan kali pertama gue PMS pas di gunung.
sunrise di sunrise camp
Setelah kami foto-foto di sunrise camp (sekitar 2000 mdpl) kami pun turun ke tenda lagi. Oh ya, saat itu kami tiap orang bawa 4 botol air 1,5 liter (berat banget ye kan? Karena biasanya gue bawa 2 botol doang) jadi air kami lumayan melimpah. Kami berusaha ngabisin air sebanyak-banyaknya biar pas turun ga berat. Perjuangan dimulai saat kami turun. Karena gue lagi PMS, gue ngerasa sakit perut terus selama perjalanan turun. Temen-temen sampe pada khawatir sama gue dan nyuruh gue buat naik ojek aja dari pos pertama bisa ngojek. Selama perjalanan turun gunung, beberapa kali turun ujan, kadang gerimis kadang gede.
numpang pick up warga
Pas turun ini, kami lumayan kepisah-pisah, kadang gue sendiri, kadang bareng Fifi (Fifi jalannya cepet banget, di depan terus), kadang bareng Bakas, Desqi, atau Imad. Pernah tuh sampe si Imad bawa-bawa ranting pohon yang panjang mirip tongkat seorang tokoh di film Sun Go Kong sambil sok berlagak dan bilang “amitaba” ceritanya ngasih jampi-jampi ke gue biar ga PMS wkwk aneh-aneh aja emang. Gue berusaha buat jalan terus sambil nahan sakit. Ga kerasa udah sampe pos 1 aja sampe gue ga sadar kalo ternyata Bakas, Desqi & Fifi ada di belakang gue (it means gue pertama di depan) Yumna & Imad di belakang banget. Pas gue, Bakas, Desqi & Fifi jalan disekitar perkebunan, kami ditawarin naik pick up menuju basecamp, woaaah gue seneng banget. Karena Yumna & Imad di belakang banget sampe jauh dari pantauan, mereka ga ikut naik pick up. Kami sampe basecamp duluan dan langsung bersih-bersih sembari nunggu lengkap. Setelah itu kami ngitung sampah-sampah yang kami bawa, alhamdulillah ga kena denda, hihihi. Abis santai-santai kami pun pulang ke Jogja.
pos sunrise camp

the girls
Meskipun kali ini ga sampe puncak, gue tetep seneng mendaki bareng mereka. Karena gue jadi kenal mereka dari first impression sampe aib-aibnya. Ada si Desqi yang suka ngomong dan perhatian sama ibunya, ada si Bakas anak Sorong yang suka ngomel, sering bilang “aku BT sama kamu”, dan jadi partner love & hate relationship-nya Desqi, ada si Fifi si anak yang pantang menyerah, yang udah punya pengalaman kece ke Jepang, dan sekarang lagi nyiapin IELTS buat lanjut S2, ada ketua tim kita, si Yumna yang sangat baik hati, penyayang, suka anak kecil (sampe ngomong sama kami aja udah kaya ngomong sama anak-anak TPA) tapi bikin kami harus sering sabar-sabar nunggu princess yang jalannya paling akhir ini wkwk, dan tentunya si Imad yang udah bikin gue kewalahan persiapan H-1 malem, di basecamp ribet minjem duit gue gegara lupa bawa dompet, berisik juga. Thank you guys!
Efek dari naik gunung kali ini yang udah bikin badan gue shock karena jarang olahraga adalah badan gue kerasa pada sakit-sakit. Gue yang tadinya mau ikut kondangan ke Lathifa di Wonogiri, ga jadi, selain karena ga dapet kursi, badan gue juga masih kerasa sakit (padahal itu H+3 naik gunung wkwk). Btw ini pengalaman mendaki terpanjang yang gue ceritain karena ini yang paling baru terjadi hehehe. Gue emang antusias banget kalo diajak temen main kesana-sini. Jadi kalo ada kesempatan, sabi lah ajak gue main hihi. Terima kasih sudah membaca.