Langsung ke konten utama

Little Escape Berbuah Piala Gubernur || Lomba Esai di UNY


Beberapa hari lalu baru merasa sedih karena ngga jadi sidang. Ibarat mau nikah ama skripsi, udah sebar undangan, udah siapin semua hal, tiba-tiba H-1 dikabarin penghulunya sakit, jadi ga bisa nikah sesuai hari yang direncanakan. Sedih banget kan? Ga cuma sedih sih, malunya itu yang luar biasa, karena undangan udah nyebar seantero jagat raya (hiyaaa lebay amat). Ya pokoknya ga tau gimana tuh undangan sidang tanggal 5 September, udah nyebar ke berbagai grup beberapa hari sebelum hari H.
Karena Allah itu baik banget, Allah banyak ngirim orang baik disekitar gue yang “nenangin” gue dari kekecewaan ini. Banyak yang mendoakan gue dan menguatkan gue, bahkan hingga meyakinkan gue bahwa mungkin ini cara Allah buat ngasih hadiah besar disuatu saat.
biggest trophy that I have, DIY governor's trophy
Setelah ga jadi sidang, gue tetep menjalani hari-hari seperti biasa, nothing special. Cuma ke kantor, ngerjain proyek, sempet ngadain team building juga. Dan ada satu kesedihan lagi yang gue rasakan di sini. Bapak dosen yang jadi ketua proyek gue wafat setelah H+2 agenda team building. Gue bener-bener kaget ga nyangka banget. Selain itu gue juga sangat kecewa sama diri gue sendiri karena ga maksimal berbuat baik ke beliau di hari-hari terakhirnya :’) padahal gue udah nangkep kode dari wajah beliau yang keliatan beda dari biasanya. Semoga beliau ditempatkan di sisi Allah SWT. Beliau orang yang sangat baik dan bersahaja.
Dinamika perasaan gue selama sekitar 10 hari ini emang dahsyat banget. Merasa sedih dan kecewa bertubi-tubi. Di tengah-tengah kesedihan gue ini, Allah kirimkan teman baik ke gue, si Rohmad, yang ga ada ujan ga ada badai, pas gue lagi sarapan di sop pak nanto pogung, tiba-tiba ngechat WA gue dan ngirim file panduan lomba esai. Dia bilang “maybe you need little escape”. Gue saat itu bener-bener ga ada pikiran buat ikut lomba sama sekali, jadi ga excited buat nanggepin. Gue cuma fokus ke rutinitas gue aja. Awalnya pas gue baca file panduan lomba itu, gue liat dateline pendaftaran udah lewat pas banget kemarinnya. Tapi abis itu Rohmad bilang kalo pendaftaran masih diperpanjang sampai enam hari ke depan. Karena gue juga saat itu lagi gabut, jadi gue coba-coba aja buat daftar tuh lomba.

Tiga hari gue berkutat dengan kepala sendiri, setelah membaca tema lomba esai “harmoni keragaman guna mencetak generasi unggul berkarakter di era revolusi industri 4.0”, yang pertama kali terbersit dipikiran gue dari kata “harmoni keragaman” itu adalah lawannya, yaitu “bullying”. Gue liat-liat sub temanya juga yang paling mungkin buat gue jangkau itu sub tema pendidikan. So, gue bikin sebuah intervensi untuk mengurangi bullying pada pelajar. Biar lebih sesuai sama kondisi realita pelajar saat ini, gue pun coba menghubungi temen gue, Mimin, yang sekarang jadi guru SD. Gue tanya-tanya ke Mimin tentang kasus bullying yang pernah ia temui selama ngajar dan gue coba konsultasiin rancangan intervensi yang gue punya. Akhirnya si Mimin ngasih masukan, gue pun coba sesuaiin lagi esai gue. Gue ngonsep esai itu selama kurang lebih tiga hari. Abis itu gue coba diskusikan rancangan esai ini ke Rohmad. Rohmad nyaranin gue biar nulis dan ngumpulin esai gue seadanya dulu aja. OK, hari terakhir pengumpulan esai baru gue tulis dan yaa biasa ya dateliner, wkwk. Cuma 3 halaman, bener-bener batas minimal halaman esai ini. Gue kasih judul esai gue “I Love My Friends: intervensi mengurangi intensitas bullying pada siswa SD. Gue cuma ngasal aja kasih jargon kaya gitu, biar ala-ala kaya judul pimnas gitu, haha. Soalnya kalimat itu yang terbersit pertama kali di kepala gue pas bikin esai ini. Udah gue selesaiin dan sesuaiin formatnya sama panduan, terus gue transfer bayar pendaftaran, gue pun ngumpulin esai gue.
Gue ga berkespektasi apapun sih dari esai ini. Gue mikir esai ini kurang mateng, jadi gue ikhlas kalo ga masuk final. Diposter, pengumuman peserta yang masuk final itu tanggal 21. Dan hari H presentasi esai adalah tanggal 27 September. Tanggal 20 gue dihubungi anak PSDM BEM FT UGM buat ngisi di acara waktu jumatan tanggal 27. Gue pun baru bisa konfirmasi setelah nunggu pengumuman finalis esai. Tapi setelah gue tunggu tanggal 21 pengumumannya ga muncul-muncul, gue ga dihubungi panitia, gue pun ikhlas. Jadi, gue menyanggupi buat ngisi agenda di Teknik tanggal 27.
Tiga hari kemudian ada panitia esai yang hubungi gue dan ngasih tau kalo pengumuman baru muncul hari itu di media sosial penyelenggara. Gue pun cek nama-namanya, dan bener aja ada nama gue nangkring di sana. So, gue harus ndadak bikin ppt karena itu H-2 gue sidang juga. Gue udah sempet ada bayangan sih kalo masuk final bakal presentasi apa, bahas apa aja, dll. Jadi gue tinggal garap dan bikin printilan-printilannya aja.
Malam setelah gue sidang yang mana itu H-1 presentasi esai, gue baru latian presentasi. Paling cuma sekitar 2-3 kali doang buat nyoba ngetes durasi gue ngebacot berapa lama, biar ga ngelewatin batas durasi aturannya, 10 menit. Besok paginya gue siap-siap, gue pikir masih sempet latian presentasi minimal sekali lagi gitu, ternyata kagak. Gue langsung berangkat ke lokasi, di IEC lantai 2 UNY.
Gue dateng pertama ternyata, terus ambil kertas urutan maju, gue dapet urutan keenam. Padahal gue berharap dapet urutan yang lebih awal biar bisa langsung izin cabut, siap-siap ngisi di Teknik dan disuruh nyiapin alat  tes buat asesmen hari Senin karena gue jadi cotester. Acara pun dibuka, peserta maju satu persatu. Tiba giliran gue, pas maju presentasi gue jadi keringetan bangeeet gue juga sempet grogi megang pointer yang gue salah pencet wkwk. Mungkin karena dari tadi gue di ruangan itu ga pake almamater terus pas maju pake, ga ada AC dan ga dapet arahan kipas angina juga, bikin gue keringetan kek gitu. Tiba giliran juri bertanya, ada 2 juri, yang satu ibu-ibu dan satu lagi mas-mas. Si ibu kaya ke peserta-peserta sebelumnya, nanya ini esai udah pernah direalisasikan belum dan nanya kalo cuma mencibir itu termasuk bullying apa bukan. Kalo si masnya nanya intervensi itu Bahasa Indonesia atau istilah psikologi aja, udah dipraktekin di mana, di sekolah itu ada kasus bullying berarti, dll. Seperti biasa, gue pun mencoba menjawab dengan cara gue, wkwk. Peserta setelah gue ternyata anak UGM juga, cowok, anak kehutanan angkatan 16 (kalo ga salah).
Pas udah selesai, gue duduk, terus pas break ishoma, gue langsung izin ke panitia kalo gue bakal cabut dan balik pas sesi motivasi dan evaluasi dari juri. Gue pun ngisi acara, terus ke kantor nyiapin alat tes, terus gue chat salah satu peserta buat nanyain udah sampe sesi apa, ternyata udah sampe peserta terakhir. Gue pun balik ke ruangan lomba lagi. Ga lama abis itu sesi eval dan motivasi dari juri. Si mas juri ini sempet nyeletuk “harapannya esai ini ga cuma berhenti sampai di sini, tapi direalisasikan. Misal nih, mba yang dari psikologi udah juara, terus abis itu berhenti, ga direalisasikan mentang-mentang udah juara, jangan gitu”. Gue dalem hati mikir “ini masnya ngasih kode kalo gue juaranya kah?” hmm menariq. Wkwk. Sabar, pengumuman baru besok.
Gue sempet cerita-cerita ke Rohmad juga tentang presentasi ini. Gue bilang kalo gue ngincer juara 3. Terus si Rohmad bilang “dapet dapet juara mah” mencoba menenangkan. Padahal gue agak khawatir ga dapet karena ga ada kategori best presentation haha. Ya, gue emang ngerasa presentasi gue cukup baik kalo dibandingkan peserta lain yang gue tonton sebelumnya, dari segi visual ppt juga gue emang merhatiin banget. Eh malah si Rohmad bilang “berarti juara 1 nanti” gue cuma bisa mengaminkan aja.
Hari esok pun tiba. Gue lupa kalo hari ini harus ikut seminar di tempat lomba esai ini. Gue udah terlanjur meng-iya-kan buat ngisi agenda di IPLF. So, gue izin ke panitia buat dateng telat. Panitia pun mengizinkan. Tapi ga lama abis itu ada beberapa nomor panitia yang ngechat gue nanyain gue hadir hari ini apa kagak. Padahal kan gue udah izin sama satu panitia itu, kenapa pada panik nanyain dah. Gue pun curiga ada sesuatu ini. “Hmm jangan-jangan gue dapet juara nih, soalnya panitia pada nanyain, padahal gue udah izin” ahaha kepedean amat ya gue? Sekitar jam 11 gue nyampe lokasi seminar. Pembicara pertama udah hampir selesai ngasih materi. Abis itu break. Dan pembicara kedua adalah kating gue sendiri, Bang J. Dunia terasa sempit cuy. Gue pun ngikutin acara Bang J sampe kelar yang diakhiri pembuatan kelompok untuk social project yang bakal di follow up 2 minggu lagi. Kelompok gue bikin proyek #BackToMasjid. Gue satu-satunya anggota kelompok yang bukan anak UNY. Gue sebenernya ga pengen aktif di kelompok itu. Tapi mayoritas anak-anak kelompok itu pada diem-diem aja, gue jadi greget. Terus pas mba pemandu ngasih kesempatan gue buat ngomong, gue jadi ngomong terus kagak berhenti-berhenti. Kebayang lah ya betapa mengerikannya gue yang tadinya diem diem bae tiba-tiba ngotot ngebacot mulu dengan muka gue yang intimidating ini. Ahaha. Mereka pun jadi nerima saran dari gue. Selesai acara Bang J, sesi pengumuman pun tiba. Juara 3 si Ara, anak IT Telkom Purwokerto. Juara 2 Yustika, anak UNS. Dan tiba giliran juara 1 diumumin, gue ngerasa antara ikhlas sama ga ikhlas. Kalo juara 1 alhamdulillah kalo ngga yaudah. Eh beneran nama gue yang disebutin. Langsung gue keluarin almamater gue dan gue pake sembari jalan ke depan. Bang J masih di dalem ruangan dan ikut girang pas nama gue disebutin. Bang J pun bilang “pantesan kok Oom ada di sini” ahaha maapkan adikmu ya bang. Bang J minta foto. Gue juga foto-foto buat laporan ke kampus. Pas penyerahan piala, gue kaget karena pialanya gede banget. Pas gue pegang juga berat banget ampe gue nyeletuk “berat banget” dan si mas MC bilang “bukan pialanya mba yang berat, tapi tanggungjawabnya” :’) hmm bener juga ya, doakan semoga gue bisa merealisasikan gagasan ini dan semoga bisa bermanfaat untuk mengurangi permasalahan dalam negeri ini. Ternyata bener ya kata Rohmad, gue dapet juara 1. Sebelumnya dia juga pernah bener nebak penghargaan yang gue dapet waktu lomba esai di Makassar. Udah kek cenayang tuh orang.

Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Ternyata little escape ini bukan sekedar little escape biasa, tapi little escape yang membawa berkah. Gue ngerasa tiga hari ini produktif banget, produktif yang dampaknya ga cuma buat diri sendiri. Gue ngerasa lebih seneng aja kalo lagi kaya gini, karena merasa lebih bermanfaat, sebelum gue pulang dan ga balik-balik lagi ke Jogja. Allah emang baik banget, ngasih nikmat dari jalan yang ga diduga-duga. Mumpung masih bisa pake almamater, gue berusaha memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya insyaallah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu