Langsung ke konten utama

Alhamdulillah, Pernah SD

Huwaaa.. rasanya udah lama banget gue ga nulis blog, gue udah kangen juga nih, sorry guys, ini gue lanjutin deh cerita hidup gue. cekidot..

Sama seperti anak normal lainnya, alhamdulillah gue pernah ngerasain bangku Sekolah Dasar (SD) di sekolah yang cukup baik. FYI, gue ga pernah TK, di jaman gue kecil, jarang banget anak-anak umur 4-5 tahun masuk ke TK, cuma orang-orang tertentu yang mampu membayar SPP sekolah TK. Waktu gue kecil, TK itu masih dianggap sebagai sebuah sekolah yang mewah. Kebetulan, waktu itu juga belum ada kewajiban untuk masuk TK, alhasil, gue langsung masuk ke SD, ga pake fafifu wkwkwk.

Gue masuk SD di usia yang belum pas 5 tahun, masuk tahun ajaran baru itu kan sekitar Juni-Juli gitu kan ya? gue lahir Agustus 1997 dan masuk SD Juli 2002, otomatis gue masih sangat muda itungannya, karena 5 tahun aja belom pas. Alhasil, waktu kenaikan kelas dari kelas 1 ke kelas gue, gue ga dinaikin, gara-gara umur gue yang masih terlalu muda, masih 5 tahun, so, gue harus menetap di kelas 1 lagi, guys, o my god, padahal akademik gue ga jelek-jelek amat, cuma urusan usia doang. Nasib ini ga cuma menimpa gue doang, ada beberapa temen gue yang lain juga ngalamin nasib ini, diantara mereka ada yang pindah sekolah biar bisa naik kelas 2, gue juga pengen ngikutin strategi dia kan e... tapi kemudian suatu hari ada guru gue dateng ke rumah, ngapain coba? beliau-beliau meminta gue biar ngga pindah dari sekolah itu, so.. gue menetap di sekolah itu lagi dan berdinamika dengan anak-anak kelas 1 lagi yang masih sangat-sangat dahsyat. :')

Oh iya, gue belum ngasih tau ya SD gue kaya gimana? Yaudah nih gue jelasin dikit ya, gue kan tinggal di sebuah Desa, di Desa itu ada 3 SD, dan gue bersekolah di SD Negeri 1 di Desa gue. Jarak rumah gue ke sekolah ga terlalu jauh tapi ga deket-deket banget juga, ya.. sekitar 500 meter mungkin. Gue biasanya pulang pergi sekolah jalan kaki pernah juga pake sepeda, gue lupa sih kapan pertama kali gue punya sepeda, seinget gue waktu SD gue 2X beli sepeda, pertama sepeda yang ukurannya agak kecil, masih ada roda kecilnya 2 buah di kiri & kanan, warna ungu, merk "SUBARU" dan yang kedua gue beli sepeda kelas 5, ukuran sepedanya gede, warna pink, gue lupa merknya, waktu dibeli itu kan keranjangnya warna hitam, nah gue ga mau dan gue minta ganti keranjang yang warna silver, haha alay banget ya, namanya juga bocah. Gue kan ga terlalu sering pake sepeda ke sekolah ya, saking jarangnya, gue pernah udah pulang nyampe rumah terus baru keinget kalo tadi pagi gue berangkat bawa sepeda, wkwkwk, so, gue langsung balik ke sekolah lagi buat ambil sepeda. Gue bukan tipe anak yang manja yang selalu minta dianter-jemput tiap sekolah, atau minta dibawain bekal bikinan mama, atau minta dikasih uang jajan yang banyak, no, gue ga kaya gitu, bahkan waktu kelas 1 SD pun, gue inget banget hari pertama gue dianterin sama bapa gue dibonceng pake sepeda abis itu udah ditinggal. Terus jajan gue juga ga banyak, gue lupa sih nominalnya, paling-paling ya seribu, atau pas udah kelas 5-6 jajan gue naik jadi dua ribu.

Ngomong-ngomong tentang sekolah, kurang afdol nih rasanya kalo ga ngomongin akademik. Untuk urusan akademik, gue cukup bersyukur, FYI gue dapet ranking 1 terus sedari gue kelas 1 (yang kedua kalinya) sampe gue lulus. Tiap semester gue selalu dapet ranking 1 (seinget gue sih gitu, kalo gue salah, tolong koreksi ya hehe). Tiap kali bagi rapot, gue kan selalu ambil rapot sendiri, terus pas pulang ditanya mama "ranking berapa om?" gue cuma ngacungin jari telunjuk gue, dan mama udah paham, ya, gue ranking satu. Tapi guys, tau kan? gue bukan anak manja? eaaa.. so, meskipun gue udah dapet ranking satu berkali-kali, orang tua gue tetep biasa aja ke gue, ga ngasih hadiah liburan ke luar kota, atau ngasih uang jajan yang banyak, dan lain-lain. Ya ada sih beberapa kali ngasih hadiah kaya waktu naik kelas 5 gue dibeliin sepeda baru itu kan buat mobilisasi gue kalo sekolah & main, terus gue juga pernah dibeliin handphone, lu tau ga handphonenya kaya gimana? yup, handphone jadul, gue inget tipenya nokia 3100 dan gue dibeliin yang second alias bekas. Lumayan lah ya buat SMSan sama temen, atau buat main games kaya "bounce" dll hehehe.

Selain prestasi akademik, gue juga pernah punya prestasi non-akademik waktu SD, diantaranya ada juara 3 lomba baca iqro 6 putri tingkat kabupaten, ini piala pertama gue, ada lagi menang lomba hafalan juz amma, hafalan surat al baqarah ayat awal-awal, & lomba murattal, seinget gue, selama SD gue udah mempunyai 5 piala, dan yang dipajang di rumah cuma ada 2 piala. Gue pernah ikut lomba matematika, tapi gue ga menang. Terus gue juga pernah jadi perwakilan sekolah gue buat mempelajari gerakan senam baru di kecamatan, abis itu tiap Sabtu pagi gue sama temen gue yang jadi perwakilan itu suruh mimpin gerakan senam di depan teman-teman satu SD dan mereka mengikuti gerakannya.

Gue lumayan dikenal sama guru-guru SD. Pernah gue diminta buat ngajarin kelas lain senam, waktu itu gue lagi masuk pelajaran bahasa Inggris, guru gue nahan gue biar gue stay di kelas aja, jangan ikut mimpin senam, alasan beliau adalah biar ada anak yang merhatiin beliau di kelas (seinget gue sih gitu), ya ampun, gue saking disayangnya sama guru nih ya wkwkwk. Gue juga pernah dikasih hadiah berupa sepatu dari sekolah.

Setiap akhir tahun ajaran sekolah gue ngadain study tour yang kegiatannya jalan-jalan ke tempat wisata. Acara ini diutamakan bagi para siswa kelas 6 yang udah pada selesai UN, tapi adik-adik kelas juga boleh ikutan kalo ada yang mau ikutan. Pertama kali gue ikutan itu waktu kelas 4, kami ke Jakarta, gue inget banget waktu itu naik bus, gue kan orangnya jarang bepergian jauh, alhasil gue mabok selama perjalanan, gue muntah-muntah terus, dan gue itung muntah gue nyampe 14X dari kota gue ke Jakarta, WOW banget kan? ew.. wkwkwk abis itu ke dufan, cuma main dikit wahana, paling cuma istana boneka wkwkwk sama satu atau dua wahana lain. Rugi banget ya? Haha. Terus pulangnya gue minum antimo, so, gue tidur terus sepanjang perjalanan sampe pulang. Alhamdulillah ya ga muntah lagi.

Waktu kelas 5 mau naik kelas 6, gue ditawarin pindah ke SD baru, namanya SD Unggulan, SD ini melakukan seleksi dari banyak siswa SD di kota gue buat ngambil siswa-siswi terbaik. Gue pun ikutan, dan akhirnya gue pindah ke sana, di sana ada masa orientasi siswa (MOS) selama 3 hari, karena gue anak desa, biasa mainnya sama temen-temen sepermainan di desa, yang masih polos, gue minder buat kenalan sama temen-temen di sekolah baru. Waktu itu pernah tuh masuk kelas terus diminta ada yang mimpin do'a, terus dia mimpin do'anya pake bahasa Inggris, makin minder dah gue, gue belum paham apa-apa sama bahasa Inggris. Selama 3 hari MOS gue ga banyak bergaul sama temen-temen baru gue, gue ngerasa takut banget kenalan sama mereka, minder. So, pada suatu malem gue nangis dan gue minta ke orang tua gue biar gue balik ke sekolah lama gue aja. Gue cerita kalo gue ga betah di sana karena gue ga punya temen. Akhirnya orang tua gue pun mengizinkan dan gue pas hari keempat sekolah, gue udah balik lagi ke sekolah lama gue, dan temen-temen gue pun kaget karena mereka liat gue balik lagi. Saat itu gue ngerasa seneng banget karena gue bisa ngeliat senyum ceria temen-temen gue lagi. Di kelas 6 kami lulus ber-37, ada 9 cowok dan 28 cewek. Alhamdulillah gue dapet nilai UN tertinggi di sekolah gue meskipun ga gede-gede amat, cuma 26,8 doang tapi ya baguslah. Waktu kelas 6, gue sering ikut try out UN diberbagai tempat. Pertama, gue ikut try outnya primagama, di sana ada hampir 1000 peserta dan gue meraih peringkat 21. Kedua, gue ikut try out di SMP IT Al Irsyadi, gue lupa total pesertanya berapa tapi gue inget waktu itu gue dapet ranking 11 dan gue dikasih sertifikat. Ketiga, gue ikut try out di MTsN Jatibarang, dan tanpa diduga-duga, gue dapet peringkat 1 try out di sana ada temen gue juga dapet peringkat 2 di sana. Lucu ya, dari peringkat 21 ke 11 kemudian jadi 1. Waktu kelas 6 gue ikut study tour lagi masih ke tempat yang sama, dufan. Waktu itu bayarnya sekitar 200 ribu kayanya, gue udah lupa. Gue juga udah lupa perjalanan itu, yang gue inget gue lebih baik, ga terlalu banyak muntah dan naik wahananya lebih banyak daripada waktu gue kelas 4.


Gue lulus SD tahun 2009 ber-37. Kami melanjutkan sekolah kami ke pilihan masing-masing. Semasa SD gue bersahabat sama 3 orang lain, kami membuat inisial "BOLA" nama depan dari nama panggilan kami berempat. Mereka bertiga melanjutkan ke satu sekolah yang sama, dan gue sendiri yang misah. Dulu awalnya ada salah seorang guru yang berpesan ke gue agar gue melanjutkan sekolah di Pesantren Gontor, gue juga sempat bilang ke orang tua kalo gue mau ke pesantren, tapi ga jadi, gue lupa alasannya. Akhirnya gue sama satu temen gue nyoba daftar SMP favorit yang ada program SBI (Sekolah Berstandar Internasional) dan ada program SSN (Sekolah Standar Nasional). SPPnya pun berbeda, yang SBI sekitar 200 ribu, yang SSN sekitar 100 ribu. Gue daftar tuh, gue ikutin alur seleksinya dari tes tulis, tes komputer, dll. Waktu itu gue cupu banget belum terlalu paham komputer, ya baru bisa ngetik yang bener & gerakin mouse, ganti font, ukuran, warna, pindah posisi rata kiri/kanan/tengah, bahkan gue lupa cara save gimana. wkwkwk. Setelah gue ikuti seluruh rangkaian tesnya, gue liat pengumuman sama temen gue, total yang diterima di SMP itu ada 210 dan gue masuk di urutan ke 160, temen gue masuk juga, tapi lupa urutannya, kalo ga salah deket angka 200. Gue seneng banget, gue ga nyangka bisa masuk sekolah bagus sampe banyak peserta yang daftar gini, bahkan sampe ada satu peserta cowok yang nangis gara-gara ga diterima. Gue kasih kabar ke ortu kan, tapi gue lupa gimana ceritanya sampe membuat keputusan gue ga ambil kursi itu. Mungkin karena SPPnya terlalu mahal. Ditambah ongkos perjalanan yang ga cukup pake satu angkot. Selanjutnya gue memutuskan untuk mendaftar ke salah satu SMP favorit juga nih, SMPN 1 di kota gue, gue pengen daftar di sana karena gue pengen ngejar kelas SSN. Awalnya ortu setuju, gue lupa kenapa akhirnya gue ga jadi daftar ke sana. So, gue disarankan daftar ke MTs, alasannya adalah banyak sodara bapa gue yang kerja di sana. Yaudah gue nurut kan, akhirnya gue daftar ke MTs itu, MTs yang gue pernah jadi ranking 1 try out kemarin. Gue daftar, ambil formulir, terus ngapain lagi ya, lupa, dan ada sesi tes baca al quran. Pas udah pengumuman, alhamdulillah diterima (kayanya emang semua peserta yang daftar di sekolah ini diterima deh) dan gue dapat nilai tes tertinggi dibanding peserta lainnya. Cerita gue di MTs bakal gue tulis dike blog selanjutnya yaaa..

video call grup line
Setelah kami lulus, gue dan temen-temen seangkatan gue iseng-iseng bikin acara reuni, waktu itu ngepasin bulan Ramadhan jadi kita reuninya pake acara bukber. Lama-kelamaan akhirnya kita bisa tiap tahun kumpul waktu malam takbiran, bahkan hingga tahun ke 7 kemarin kita masih sempat kumpul meskipun belum bisa lengkap banget. Tapi kami berusaha mengundang teman-teman yang masih bisa kami hubungi. Akhir-akhir ini (setelah pada lulus SMA) agak sulit mengumpulkan teman-teman karena kami berpencar, ada yang kuliah/bekerja di luar kota, ada yang sibuk, dan lain sebagainya. Gue berharap acara reuni kita bakal tetep ada tiap tahun sampe kita pada tua ya guys. :') Kami punya grup di beberapa media sosial seperti facebook, BBM, dan sekarang lagi rame di Line. Kami beberapa kali vide call di line. Seru deh kalian, bisa jadi salah satu moodboster gue.
bukber 2012 (maap ya pada aku sensor soalnya lagi ga pada pake kerudung hehe)

bukber 2013
bukber 2014

bukber 2015

bukber 2016 (makan bakso bareng)


(foto bukber 2017 belum tau di mana, menyusul yaa!)

bukber 2018 di SD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Berkedok KKN (Cerita KKN Part 4/D-day)

Bismillahirrahmanirrahim Halo teman-teman, lama banget vakum dari blog, ini gue mau lanjutin cerita KKN gue. Gue kan ikut periode KKN yang ke 2, antara semester 6 dan 7, akhir Juni sampai awal Agustus 2018, dan ini gue ngetik cerita KKN pas akhir Desember 2018 sampai Januari 2019. Jadi ya maklum ya kalau beberapa udah agak lupa, karena peristiwanya udah lewat sekitar 5 bulan lalu. OK, dari pada gue kebanyakan cuap-cuap, mending gue langsung cerita aja nih ya. Tapi sebelumnya teman-teman udah baca tulisan gue yang sebelum-sebelumnya kan? Cerita KKN dari part 1-3? Kalau belum, silahkan dibaca dulu sebelum baca cerita gue yang ini, karena cerita ini sambungan dari blog-blog sebelumnya. Oh ya, di sini, gue ga bakalan cerita full semua dinamika yang terjadi saat hari H KKN. Karena kalau diceritain semuanya pasti bakalan banyak banget dan kalian juga mungkin bakal capek dan bosen bacanya. Ya kali gue masa mau cerita gimana gue nyetrika, gimana gue nyuci, gimana gue jemur pakaian -___-

Hati yang Terbolak-Balik Menuju Keberangkatan (cerita KKN part 2)

Bismillahirrahmanirrahim Insyaallah kali ini gue coba lanjutin nulis blog lagi setelah sekian lama. Temen-temen mungkin udah pada baca blog gue yang sebelumnya yang judulnya “Skenario Allah Jauh Lebih Indah dari yang Kami Bayangkan” yang di- publish bulan April. Kalo belum baca, silahkan baca itu dulu aja karena satu rangkaian dengan blog KKN ini. Mohon maap ya kalau di blog ini ceritanya kurang lengkap atau alurnya lompat-lompat soalnya gue nulis ini lebih dari sebulan setelah pulang KKN, jadi agak lupa-lupa cerita lengkapnya, nanti komen aja di bawah kalau ada yang kurang tepat ceritanya, hehe.. Tim KKN kami bondingnya ga pake makrab, cuma jalan-jalan ke Kaliurang sambil main game Perkenalan  Selamat membaca jual baju bekas di sunmor Selama persiapan KKN gue masuk di divisi Danus (Dana Usaha) yang kerjaannya nyari duit lewat dagangan, bareng anak-anak lain (Ammar, Ayang, Rangga, Hana, Kas, Resti & Putri) yang dikoordinir oleh kapten Wafalur. Kerjaan divisi Danus

Yang Pertama dan Selalu Bersama (Season 2)

Sebelum ini, gua udah pernah nulis cerita dengan judul ini dan kali ini gua bakal menceritakan hal serupa tapi tak sama. Apa hayoo? pake baju mirip warnanya tanpa janjian Seputar pertemanan juga, tapi di tempat yang berbeda. Kalo sebelumnya gua cerita waktu SMA, kali ini di tempat perkuliahan. Waktu awal gua masuk perkuliahan, ada ospek kan, dan di ospek ini peralatan yang harus disiapin cukup banyak, termasuk caping. Waktu itu gua berniat untuk titip orang aja beli capingnya, gua ga pernah beli gituan. So, gua tanyalah di grup line angkatan gua waktu awal-awal sebelum ospek. Gua mau titip beliin caping. Ada satu orang yang bersedia dititipin di grup itu, namanya Ahda. Gua akhirnya PM-an sama dia kan buat nitip caping, kapan dibawanya, berapa harganya, dll. Kami awal ketemu pas foto angkatan buat tugas ospek fakultas. Di sana, dia agak kaget pas tau gue cewek. Sebenernya diawal-awal gua masuk ke grup kuliah juga gua udah sering disangka cowok, tapi abis itu gua bilang ke mereka kalo gu